Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari September, 2013

Rumus Matematika Untuk SMP kelas 7

oke kali ini saya akan bagikan tentang rumus matematika untuk smp kelas 7 mengenai Skala Skala merupakan perbandingan  ukuran gambar dengan ukuran asli / sebenarnya. Perhatikan Rumus skala berikut : Skala = Ukuran model : ukuran sebenarnya Contoh sebuah Peta digambarkan dengan skala 1 : 500000 cm Hitung jarak sebenarnya jika diketahui jarak antara kota A dan B digambarkan dengan panjang 2 cm pada peta? Jawab rumus Jarak sebenarnya = Skala x jarak kota A dan B jadi Jarak sebenarnya = 500000 x 2 = 1000000 cm Karena yang diminta jarak sesungguhnya maka kita dijadikan km sehingga nilainya 10 km. Rumus Aljabar Coba kita ingat-ingat ketika kita awal mengenal aljabar. Saat itu mungkin kita sedang duduk dikelas 1 SMP. Aljabar...? Apakah geranganyang terjadi dengan aljabar he he eh? Selama kita belajar di tingkat SD, sangat sedikit sekali atau tidak pernah mengenal aljabar. Padahal kita telah mengetahui bahwa aljabar merupakan salah satu cabang ( he he he kayak olah raga saja

[tips] cara cepat menghafal rumus matematika

Apakah rumus - rumus dalam pelajaran matematika dapat dihafal? Apakah rumus matematika dapat dihafalkan seperti halnya pengetahuan umum? Bukankah rumus matematika itu harus dipahami? Dulu saya tidak suka dengan menghafalkan rumus - rumus matematika . Saya lebih suka untuk memahami matematika . Ketika awal-awal kuliah semakin jelas pemahaman akan rumus matematika lebih penting dari sekedar hafalan matematika . Banyak mahasiswa yang dulunya banyak menghafalkan rumus matematika pada saat masih SMA mengalami banyak kesulitan ketika mereka harus belajar tingkat perkuliahan. Karena belajar ditingkat perkuliahan benar-benar banyak menuntut dalam pemahaman konsep matematik. Tapi setelah berlanjut ke tingkat perkuliahan yang lebih tinggi maka pemahaman konsep juga menjadi tidak cukup. Selain mengusai dalam hal pemahaman konsep kita juga diharuskan cukup banyak menghafal rumus - rumus ataupun konsep lain yang biasa disebut dengan teorema. Misalnya dalam menghafal rumus

Materi kelas x matriks kurikulum 2013

Jenis-jenis matriks a.   Matriks Baris Matriks baris adalah matriks yang terdiri dari satu baris saja. Biasanya, ordo matriks seperti ini, 1 × n, dengan n banyak kolom pada matriks tersebut. b.   Matriks Kolom Matriks kolom adalah matriks yang terdiri dari satu kolom saja. Matriks kolom berordo m × 1, dengan m banyak baris pada kolom matriks tersebut. c.   Matriks Persegipanjang Matriks persegipanjang adalah matriks yang  banyak barisnya tidak sama dengan banyak kolomnya. Matriks seperti ini memiliki ordo m × n. d.   Matriks Persegi Matriks persegi adalah matriks yang mempunyai banyak baris dan kolom sama. Matriks ini memiliki ordo n × n. e.   Matriks Segitiga Mari kita perhatikan matriks F dan G berordo 4 × 4. Jika terdapat pola susunan pada suatu matriks persegi, misalnya: f.   Matriks Diagonal Dengan memperhatikan konsep matriks segitiga di atas, jika kita cermati kombinasi pola tersebut pada suatu matriks persegi, g.   Matriks Identitas Mari kita cermati k

materi persamaan dan pertidaksamaan linear kurikulum 2013

Didalam materi matematika kurikulum 2013 khususnya pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear , siswa diharapkan dapat memperoleh pengalaman belajar antaralain sbb: Siswa mampu untuk berpikir kreatif; Siswa mampu menghadapi -permasalahan-permasalahan pada kasus linear didalam kehidupan sehari-hari; Siswa mampu untuk berpikir kritis didalam mengamati permasalahan yang ada; Mengajak siswa untuk dapat melakukan penelitian dasar didalam membangun sebuah konsep; Siswa dapat  melakukan kerjasama tim didalam menemukan solusi-solusi permasalahan; Mengajak siswa untuk dapat menerapkan matematika didalam kehidupan sehari-hari; Dan yang terakhir siswa mampu untuk memodelkan permasalahan. Sub pokok bahasan materi persamaan dan pertidak samaan linier yang berdasar kurikulum 2013 yang harus dipelajari : 1  Memahami dan Menemukan konsep Nilai Mutlak 2  Persamaan Linier     3  Aplikasi Nilai Mutlak Pada Persamaan Linier 4  Pertidaksamaan Linier 5  Aplikasi Nilai Mutlak pada P

materi eksponen dan logaritma kurikulum 2013

Pengalaman belajar yang diharapkan setelah siswa mempelajari materi eksponen dan logaritma berdasar kurikulum 2013 yaitu : Mengetahu atau siswa dapat menghubungkan sebuah masalah matematika dimana dalam pemecahannya terkait dengan materi eksponen dan logaritma; Ketika siswa menemui permasalahan siswa diharapkan dapat membentuk model matematika dengan permasalahan yang ada dan berkaitan dengan materi eksponen dan logaritma; Menyelesaikan model Matematika yang ditemui untuk memperoleh solusi atau jawaban dari permasalahan yang telah diberikan, serta dapat menafsirkan hasil pemecahan masalah didapat; Membuktikan bermacam-macam sifat yang terkait dengan materi eksponen dan logaritma ; Menuliskan dengan kata-kata yang disusun sendiri sesuai konsep persamaan kuadrat dengan berdasarkan ciri-ciri yang telah dituliskan sebelumnya; Membuktikan sifat serta aturan matematika yang kaitannya dengan eksponen dan logaritma berdasar konsep yang dimiliki; Menerapkan berbagai sifat-sifat y

materi kelas 4 bilangan ribuan

Materi kelas 4 semester 1 mengenal  bilangan ribuan Dari kelas 1 sampai kelas 3, kalian sudah mengenal dengan bilangan satuan yang terdiri dari 1 angka, serta bilangan puluhan yang terdiri dari 2 angka, dan juga bilangan ratusan yang terdiri dari 3 angka. Sekarang, kalian lanjutkan materi selanjutnya untuk mempelajari bilangan yang lebih besar , yaitu bilangan yang terdiri dari 4 angka. Mengenal Bilangan Ribuan Coba kamu lihat gambar uang di bawah ini. Kita menyebut uang ini sebagai uang seribuan. a. Berapakah nilai atau nominal uang tersebut? b. Ada berapa angka didalam bilangan pada uang tersebut? Uang trsbt bernilai Rp1.000 dibaca seribu rupiah kita tau ada 4 angka dalam bilangan 1.000 1.000 (Dibaca: seribu) Bilangan yang terdiri atau tersusun dari 4 angka disebut bilangan ribuan. Nilai tempat dan nilai angka bilangan ribuan dapat ditunjukkan oleh contoh bilangan 1.234 berikut                                     Bilangan 1.234              Angka              Nilai

Materi matematika Sifat Penyebaran (Distributif)

Materi matematika operasi hitung bilangan untuk anak SD kelas 4 semester 1 Setelah membaca pada artikel sebelumnya yaitu mengenai sifat asosiatif , sekarang saatnya anda melanjutkan materi tersebut dengan sifat operasi hitung yang ketiga yaitu sifat distributif Apakah yang dimaksud dengan  sifat penyebaran atau distributif itu? Untuk mempermudah kalian dalam mempelajarinya, perhatikan contoh berikut ini. Ema dan Menik pergi kepasar buah membeli jeruk. Mereka masing2 membeli 4 kilogram dan 5 kilogram. Untuk setiap kilogram terdiri 8 buah jeruk. Berapa banyakny buah jeruk yang mereka beli? Ayo kita selesaikan permasalahan di atas. Kalian coba menggunakan 2 cara sebagai berikut. Cara 1: Banyaknya buah jeruk yang telah  dibeli Ema dan Menik adalah: 4 kg + 5 kg = 9 kg Setiap kg jeruk terdiri atas 8 buah, maka banyak jeruk yang di beli Ema dan Menik adalah: (4 + 5) × 8 = 9 × 8 = 72 buah Cara 2: Banyak jeruk yang dibeli Ema = 4 × 8 = 32 buah Banyak jeruk ya

Materi matematika Sifat Pengelompokan (Asosiatif)

Materi matematika operasi hitung bilangan untuk anak SD kelas 4 semester 1 Setelah mengenal sifat komutatif , berikutnya kalian akan mempelajari sifat asosiatif . Bagaimanakah sifat asosiatif itu? Untuk menyelidiki sifat asosiatif pada suatu operasi, kerjakan operasi penjumlahan serta perkalian tiga bilangan di bawah ini. a. 4 + 6 + 8 b. 2 × 5 × 3 Coba hitung dari kedua sisi, yaitu dari kiri serta dari kanan. a. 4 + 6 + 8 Menjumlahkan dari sisi kiri: 4 + 6 + 8 = (4 + 6) + 8 = 10 + 8 = 18 Menjumlahkan dari sisi kanan: 4 + 6 + 8 = 4 + (6 + 8) = 4 + 14 = 18 Ternyata diperoleh hasil sama. Jadi, (4 + 6) + 8 = 4 + (6 + 8) b. 2 × 5 × 3 Mengalikan dari sisi kiri: 2 × 5 × 3 = (2 × 5) × 3 = 10 × 3 = 30 Mengalikan dari sisi kanan: 2 × 5 × 3 = 2 × (5 × 3) = 2 × 15 = 30 Ternyata diperoleh hasil yang sama pula. Jadi, (2 × 5) × 3 = 2 × (5 × 3) Nah, sifat seperti itulah yang biasa disebut sifat asosiatif . Sekarang kalian coba

Materi matematika operasi hitung bilangan

Materi matematika operasi hitung bilangan untuk anak SD kelas 4 semester 1 Kamu telah mengenal operasi hitung bilangan, yaitu penjumlahan, perkalian, pengurangan, dan pembagian. Tahukah kamu, sifat-sifat apa saja yang berlaku pada operasi hitung tersebut? a. Apakah 1 + 3 hasilnya sama dengan 3 + 1? b. Apakah 4 + 6 hasilnya sama dengan 6 + 4? c. Apakah 7 + 9 hasilnya sama dengan 9 + 7? tentunya kalian taukan jawabannya... Ternyata hasil penjumlahan tetap sama dengan suku yang dibalik (ditukar). a. Apakah 4 × 2 hasilnya sama dengan 2 × 4? b. Apakah 5 × 7 hasilnya sama dengan 7 × 5? c. Apakah 1 × 9 hasilnya sama dengan 9 × 1? apakah hasilnya sifatnya sama dengan operasi penjumlahan diatas??? ya benar hasilnya sama. Jadi dapat disimpulkan bahwa : Dalam penjumlahan dan perkalian bilangan berlaku  sifat pertukaran atau sifat komutatif, yaitu: a + b = b + a a × b = b × a Untuk pembahasan materi matematika selanjutnya yang berhubungan operasi hitung bilangan yaitu untu