Langsung ke konten utama

Soal Perkalian 6x4 yang menuai kontroversi

Berita pendidikan, berhubung blog ini admin bangun untuk mendedikasikan pada dunia pendidikan di indonesia untuk itu menu baru dalam bog ini akan admin tambahkan ukasan mengenai berita-berita yang berhubungan dengan dunia pendidikan diindonesia.
 
berita pendidikan 6x4

Soal perkalian 6x4 menjadi perbincangan hangat ahkir-akhir ini, media sosial dihebohkan menyusul sebuah pemberitaan mengenai tugas matematika untuk seorang siswa Sekolah Dasar bernama Habibi yang diberi ponten merah dari gurunya. Persoalannya sangat sederhana, Habibi menuliskan jawaban dari soal matematika 4+4+4+4+4+4 = 4x6, yang kemudian disalahkan oleh gurunya karena jawaban dari persoalan yang benar adalah 6x4.

Kakak Habibi yang bernama Muhammad Erfas Maulana yang juga seorang mahasiswa disalah satu perguruan tinggi negeri ( PTN ) di Kota Semarang itu memposting jawaban dari adiknya di media sosial. Dalam sekejap postingan Erfas menuai bermacam-macam argumentasi, mulai dari netizen, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud), hingga profesor ahli.

Tokoh matematika Ridwan Hasan Saputra pun menyoroti pentingnya peran seorang guru dalam pendidikan dasar. Dalam mengimplementasikan sistem baru dari kurikulum 2013, Tokoh Perubahan Republika itu menilai seorang guru harus mendapatkan pelatihan lebih intensif. Pasalnya, banyak guru yang belum mengerti dan juga memahami.

"Yang penting bukan dari perubahan kurikulum 2013, tapi pembinaan kualitas dari sumber daya pengajar (guru)" ujar Ridwan ketika di hubungi oleh salahsatu wartawan koran nasional.

Ahli matematika nalariah ini dapat mengibaratkan bahwa kurikulum baru itu layaknya mobil mercy, sedangkan seorang guru adalah sopirnya. "Kurikulum baru ibarat mobil mercy. Jika sopirnya sopir angkot, tetap saja nabrak sana sini. Sopir yang bagus itu sopir profesional, walaupun mobilnya cuman mobil angkot," ujar Ridwan.

Dari kejadian tersebut mudah-mudahan para pengajar sadar akan pentingnya meningkatkan kemampuan, karena tugas seorang guru tidak hanya menunggu gaji tiap bulan, seorang guru harus mampu membimbing anak didiknya untuk lebih memahami konsep yang benar akan suatu persoalan.

Walaupun sudah menjadi guru bukan berarti sudah merasa cukup dengan ketrampilan yang sudah dimiliki, tidak akan pernah disalahkan jika guru masih harus terus belajar menyesuaikan sistem pendidikan yang baru.

Jadilah sopir profesional. Maju terus dunia pendidikan indonesia, kobarkan semangat perjuangan . Indonesia BISA.

Postingan populer dari blog ini

Tabel dan Cara Belajar Perkalian 1 sampai 10

Perkalian 1 sampai 10 waktu jaman saya sekolah dulu diajarkan pada saat masih duduk dibangku Sekolah Dasar ( SD ) menurut asumsi admin perkalian 1 sampai 10 memang harus dikusai anak-anak sd agar kedepannya anak-anak bisa mencerna dengan mudah materi matematika yang akan diajarkan selanjutnya. Pada saat menginjak kelas 4 anak harus menguasai perkalian 6 - 10 diluar kepala, maksudnya ketika anak di tanya perkalian antara 6 kali 7 tidak harus berfikir lama untuk menjawabnya, seingat admin waktu itu diajar oleh guru dengan perkalian jarimatika dan itu sangat membantu sekali dalam pemahaman dan kecepatan menjawab soal-soal perkalian. Tabel perkalian 1 sampai 10 Sebelum admin berbagi cara belajar perkalian 1 sampai 10 ada baikknya admin membagi tabel perkalian 1 sampai 10 guna penalaran singkat dan juga bisa di gunakan pencocokan hasil perkalian yang di hitung oleh anak-anak, akan tetapi diusahakan anak-anak tidak ketergantungan untuk selalu menggunakan tabel perkalian berikut untuk

Cara Menghitung Logaritma

Cara menghitung logaritma tidak harus selalu menggunakan kalkulator, persepsi bahwa logaritma harus diselesaikan dengan kalkulator itu tidak benar. Dengan memahami sifat logaritma itu sendiri, menghafal 4 "nilai dasar dari logaritma", dan paham akan metode interpolasi linier, dari sini pencarian nilai logaritma dengan kalkulator tidak menjadi hal yang mustahil. NILAI DASAR LOGARITMA DAN AKURASI PERHITUNGAN Berikut 4 nilai yang kemudian akan kita sebut sebagai "nilai dasar logaritma". Log 2 = 0,301 Log 3 = 0,477 Log 5 = 0,699 Log 7 = 0,845 Perlu kita tahu bahwa metode menghitung logaritma tanpa kalkulator ketepatan nilainya (akurasi ) mendekati 100%. Artinya perhitungan ini tidak akan sepenuhnya tepat sesuai dengan nilai yang seharusnya. Namun, untuk dapat menghitung nilai-nilai logaritma dimana numerusnya relatif kecil, metode ini dapat dibilang cukup akurat (> 99,9%). dan sebaliknya, jika numerusnya cukup besar, akan terjadi penyimpangan dari hasil

KUMPULAN SOAL LATIHAN UN MATEMATIKA SMA PER-BAB

KUMPULAN SOAL LATIHAN UN (UJIAN )NASIONAL) SMA IPA PER-BAB: soal-soal latihan un ini disusun berdasarkan indikator soal ujian nasional, semoga dengan latihan-latihan soal un matematika ini dapat membantu anda dalam menghadapi ujian nasional nantinya. Berikut daftar download soal-soal latihan un matematika: 1. Soal-soal latihan un matematika BAB Pangkat, Akar, dan Logaritma ( Download ) 2. Soal-soal latihan un matematika BAB Fungsi Kuadrat ( Download ) 3. Soal-soal latihan un matematika BAB Sistem Persamaan Linier ( Download ) 4. Soal-soal latihan un matematika BAB Trigonometri 1( Download ) 5. Soal-soal latihan un matematika BAB Trigonometri 2 ( Download ) 6. Soal-soal latihan un matematika BAB Logika Matematika ( Download ) 7. Soal-soal latihan un matematika BAB Dimensi Tiga ( Download ) 8. Soal-soal latihan un matematika BAB Statistika ( Download ) 9. Soal-soal latihan un matematika BAB Peluang ( Download ) 10. Soal-soal latihan un matematika BAB Lingkaran ( Download ) 1