Kisi-kisi SKL UN matematika Tahun 2014

Semakin hari semakin dekat pula jadwal untuk melakukan ujian nasional, nah untuk itu admin akan share kisi-kisi SKL UN matematika tahun 2014, penasaran apa isinya? sebenarnya isi dari kisi-kisi skl un 2014 sama dengan kisi-kisi skl tahun 2013.

Mau tau kenapa kisi -kisi skl un 2014 sama dengan tahun sebelumnya?

nih jawabannya : "Sesuai kutipan Pasal 22 pada Permendikbud No 97 Tahun 2013 tentang UN 2014 bahwasannya  kisi-kisi SKL UN 2014 tidak ada perubahan apapun, kisi-kisi UN 2014 masih tetap sama seperti kisi-kisi UN 2013."

nah sudah tau kan jawabannya, bagi kalian yang belum memiliki kisi-kisi skl un khususnya pelajaran matematika tahun 2013 tenang aja nih admin akan kasih kisi-kisinya tapi khusus pelajaran matematika.
Kisi-kisi SKL UN matematika tahun 2014

Apa isi nya ?

isi nya kisi-kisi UN matematika untuk :
  • MATEMATIKA SMP/MTs
  • MATEMATIKA SMPLB - A, D, DAN E (TUNANETRA, TUNA DAKSA RINGAN, DAN TUNA LARAS) 
  • MATEMATIKA SMPLB - B (TUNARUNGU)
  • MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM IPA)
  • MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM IPS/KEAGAMAAN)
  • MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM BAHASA)
  • MATEMATIKA SMALB - A, D, DAN E (TUNANETRA, TUNA DAKSA RINGAN, DAN TUNA LARAS)
  • MATEMATIKA SMALB - B (TUNARUNGU)
  • MATEMATIKA SMK (KELOMPOK TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN) 
  • MATEMATIKA SMK (KELOMPOK AKUNTANSI DAN PEMASARAN) 
  • MATEMATIKA SMK (KELOMPOK PARIWISATA, SENI, DAN KERAJINAN, TEKNOLOGI KERUMAHTANGGAAN, PEKERJAAN SOSIAL, DAN ADM. PERKANTORAN) 
Silahkan download kisi-kisi un matematikanya disini,

Demikian postingan malam ini tentang kisi-kisi SKL UN matematika tahun 2014 semoga dapat bermanfaat buat kita semua amiin.,

terima kasih sudah berkunjung diblog sederhana ini, silahkan di share jika bermanfaat.

Download Soal Statistika SMP Kelas 9 Lengkap

Download Soal statistika SMP kelas 9 lengkap, kali ini blog belajar-soal-matematika.blogspot.com akan memberikan 24 soal statistika. Tetep semangat ya untuk belajar matematika jangan bosan-bosan untuk menghadapi soal-soal ataupun permasalahan baru dalam dunia matematika.

Soal Statistika SMP kelas 9, setelah admin pernah posting materi matematika pada bab statistika yaitu tentang:
sekarang saat kita lanjutkan untuk mengasah hasil belajar kalian dengan soal statistika, percuma dong belajar tapi nggak kalian uji hasil belajar kalian.

download soal statistika matematika kelas 9

untuk dapat melihat soal statistika kelas 9 yag berjumlah sebanyak 24 soal pilihan ganda silahkan langsung saja menuju ke google drive di link ini, mohon maaf tidak bisa admin tuliskan disini karena banyak pertimbangan salah satunya menjadikan berat saat ngeload.

Silahkan langsung saja menuju link tersebut untuk mendownload soal statistika matematika kelas 9 agar kalian bisa mencoba untuk mengerjakannya.

terima kasih sudah berkunjung di blog belajar matematika yang sederhana ini apabila belajar-soal-matematika.blogspot.com banyak kesalahan saat menulis mohon maaf yang sebesar-besarnya, dan ditunggu saran dan kritik untuk mengembangkan blog ini. sampai jumpa di artikel matematika lainnya.

liat juga :


Download Rangkuman Materi UN Matematika SMA IPA

Ujian Nasional tahun 2014 sebentar lagi makanya admin coba memberikan beberapa rangkuman materi un matematika sma IPA pada postingan kali ini dengan harapan dapat membatu kalian yang akan mengikuti ujian nasional tahun 2014.

Mari sambut ujian nasional dengan lapang tanpa ketakutan sama sekali, kok bisa...? karena dengan persiapan yang matang jauh-jauh hari dapat meningkatkan kepercayaan diri lebih untuk menghadapi tantangan ujian nasional.
http://belajar-soal-matematika.blogspot.com/2014/01/rangkuman-materi-un-matematika.html

Soal-soal ujian nasioanal yang sudah di standari sasi sebenarnya tidak terlalu berat karena sudah disesuaikan dengan kemampuan anak didik di indonesia. konsep yang matang merupakan salah satu hal yang dapat mendukung untuk dapat mengikuti ujian nasional dengan baik.

Makanya blog belajar-soal-matematika.blogspot.com akan memberikan rangkuman materi UN matematika SMA IPA tahun 2013 dengan harapan dapat membantu anda untuk menyiapkan diri. Lho kok yang tahun 2013? Kalo untuk yang sesuai dengan indikator-indikator pada kisi-kisi SKL Ujian Nasional tahun 2014 diartikel kelanjutannya, makanya pantengin terus yah blog sederhana ini.

Berikut ini rangkuman & ringkasan materi penting pelajaran Matematika SMA IPA yang keluar dalam Ujian Nasional tahun 2013 :
- Iingkaran atau kesetaraan pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor
- Diskriminan persamaan atau fungsi kuadrat
- Persamaan lingkaran atau garis singgung lingkaran
- Fungsi komposisi atau fungsi invers
- Matriks
- Sudut antara dua vektor
- Transformasi geometri
- Fungsi eksponen atau fungsi logaritma
- Jarak dan sudut dua objek di ruang
- Persamaan trigonometri
- Limit fungsi aljabar atau limit fungsi trigonometri
- Integral tak tentu dan tertentu dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri
- Statistik: ukuran pemusatan
- Peluang
- Penarikan Kesimpulan beberapa premis
- Aturan pangkat, akar, dan logaritma
- Rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat
- Sistem persamaan linear
- Teorema sisa dan teorema faktor suku banyak
- Program linear
- Operasi aljabar vektor
- Proyeksi vektor
- Pertidaksamaan eksponen atau logaritma
- Deret aritmetika dan geometri
- Aturan sinus dan aturan kosinus
- Jumlah dua nilai trigonometri atau jumlah dua sudut trigonometri
- Aplikasi fungsi turunan
- Aplikasi integral luas daerah dan volum benda putar
- Aturan pencacahan, permutasi dan kombinasi

Silahkan Download Rangkuman Materi UN Matematika SMA IPA disini

Sekian aja artikel kali ini semoga dapat bermanfaat untuk kita semua dan selamat menghadapi ujian nasional 2014 nanti dan semoga mendapatkan hasil yang memuaskan Amiin.

teri kasih sudah berkunjung untuk rangkuman materi ujian nasional matematika SMA IPA tahun 2014nya tunggu aja di blog sederhana ini kalo nggak ya like aja fanpage "matematika" untuk dapat mengetahui sewaktu-waktu kalo admin update lagi.

Download Soal Matriks dan Pembahasan Lengkap

Sebelum admin membagikan soal-soal matriks yang disertai dengan pembahasannya, silahkan baca dulu ringkasan dan rumus matematika yang pernah admin share disini di postingan tersebut dijelaskan tentang :

Bentuk umum suatu matriks, Transpos suatu matriks, Kesamaan dua matriks, Operasi Jumlah, Sifat operasi penjumlahan, Matriks nol, Perkalian dengan konstanta, Sifat perkalian dengan konstanta, matriks Identitas , Determinan matriks, metode Sorrus, Invers Matriks

Apa Sih Pengertian Matriks?

Nih buat yang belum tau dan pengen tau tentang pengertian matrik admin kasih sedikit uraiannya
Dalam dunia matematika, matriks diartikan sebagai kumpulan bilangan, simbol, atau ekspresi, berbentuk seperti persegi panjang yang biasanya disusun menurut baris dan kolom. Bilangan-bilangan yang terdapat di dalam suatu matriks biasanya disebut dengan elemen atau anggota matriks.

soal matriks dan pembahasannya

Lanjut dengan Soal-soal matriks dan pembahasannya, soal matriks yang akan admin share ini hasil searching admin yang bermuara pada situ sebuah sekolahkan negri dan ternyata ada soal matriks dan pembahasannya lengkap, yaudah admin share aja barang kali ada yang membutuhkan juga.

Download Soal Matriks dan Pembahasan Lengkap 1 - hereDownload Soal Matriks dan Pembahasan Lengkap 2 - here

Demikian info download soal matriks yang disertai dengan penyelesaiannya, silahkan pelajari dengan baik soal matematika tersebut agar kalian bisa benar-benar memahami materi matematika matriks ini.


Kumpulan Soal Suku Banyak dan Pembahasannya

Kembali lagi dengan sekelumit Soal matematika kali ini tentang pokok bahasan suku banyak, bagai kalian yang sedang mencari soal suku banyak yang desertai dengan pembahasan mungkin soal-soal di bawah ini dapat memuaskan pencarian anda.

Contoh Soal Suku banyak dan pembahasannya

Berikut beberapa contoh soal suku banyak dan pembahasannya yang saya ambil dari bse matematika.

contoh penjumlahan pengurangan dan perkalian suku banyak

kumpulan contoh soal suku banyak dan penyelesaiannya
silahkan pelajari contoh soal suku banyak yang ditunjukkan gambar disamping ini mengenai penjumlahan, pengurangan serta perkalian suku banyak.













Contoh soal selanjutnya menunjukkan bagaimana cara menghitung nilai suku banyak dengan cara skema, berikut contoh soalnya

coal suku banyak dengan cara skema




jawaban contoh soal suku banyak

















Contoh soal Bagaimana menentukan Sisa dari pembagian suku banyak

pembahasan soal matematika suku bnayak

Contoh penyelesaian soal suku banyak menggunakan cara horner

penyelesaian dengan cara horner

Demikian contoh soal yang bisa admin berikan mulai dari penjumlahan, pengurangan, perkalian suku banyak, sampai menentukan hasil bagi suku banyak dengan cara horner. mudah-mudah contoh soal suku banyak dan penyelesaiannya ini dapat bermanfaat dan memberikan pemahaman bersama.

mohon maaf jika artikelnya kurang enak di baca semua ini tak jauh dari kekurangan admin yang tak sempurna. terima kasih sudah berkunjung silahkan share artikel ini jika anda rasa cukup bermanfaat. dan terakhir sampai jumpa di artikel tentang mametatika lainnya.

25 Soal Matematika Kelas VI SD disertai Kunci Jawaban

belajar-soal-matematika.blogspot.com kali ini akan memberikan 25 soal matematika untuk kalian yang sedang duduk dibangku sekolah dasar khususnya kelas 6. Tenang saja didalam soal matematika ini sudah disertai dengan kunci jawabannya jadi jangan takut bingung gimana mencocokan hasil kalian.

Soal matematika memang sangat diperlukan, jika toh kalian hanya belajar menghafal atau memahami materi matematika tanpa mencoba menyelesaikan soal-soal matematika menurut saya kurang maksimal.

25 Soal Matematika Kelas VI SD disertai Kunci Jawaban
jadi jangan sungkan-sungkan untuk belajar menyelesaikan soal matematika ya, makin banyak berlatih soal matematika maka akan makin baik pula kecepatan dan ketepatan untuk menyelesaian persoalan matematika.

Download 25 Soal Matematika Kelas VI SD disertai Kunci Jawaban Disini

Nah segitu dulu soal matematika yang bisa dibagikan semoga dapat bermanfaat dan bisa dijadikan referensi belajar matematika untuk bisa lebih memahami materi matematika kelas 6 sd.

terima kasih sudah berkunjung.

Baca juga :

Pecahan - materi pendalaman un matematika sd kelas 6

Dalam ebook yang akan saya bagikan ini sudah disediakan penjelasan lengkap mengenai pecahan yang bisa digunakan untuk referensi menghadapi ujian nasional (un) khususnya mata pelajaran matematika tingkat sekolah dasar.
Pecahan - materi pendalaman un matematika sd kelas 6

Daftar materi matematika pecahan dalam ebook ini :

Mengubah Menjadi Pecahan yang Senilai ‎
‎Menyederhanakan Pecahan ‎
‎Mengurutkan Pecahan
‎Mengubah Bentuk Pecahan Menjadi Bentuk Desimal ‎
Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Bentuk Desimal ‎
Mengubah Pecahan Campuran Menjadi Bentuk Desimal
Mengubah Bentuk Persen Menjadi Bentuk Desimal
Mengubah Bentuk Pecahan Persen Menjadi Bentuk Persen
‎Nilai Pecahan Suatu Bilangan
Menentukan Nilai Pecahan dari Suatu Bilangan
Nilai Pecahan atau Persentase dari Besaran Tertentu
‎Operasi Hitung pada Pecahan
Penjumlahan dan Pengurangan pada Pecahan
Penjumlahan dan pengurangan Pecahan Desimal ‎
Perkalian dan Pembagian pada Pecahan Biasa dan Campuran
Perkalian dan Pembagian Pecahan Desimal
Operasi Hitung Campuran pada Pecahan
Perbandingan
Pecahan sebagai Perbandingan
Menyelesaikan Soal Cerita
Perbandingan Senilai
Skala

Itulah materi sub-bab yang didalam materi ini, jika kalian ingin mendapatkan materi ini silahkan menuju kemari pecahan,

Semoga materi pecahan ini dapat bermanfaat untuk kita semua, terima kasih sudah mau berkunjung di blog sederhana ini. lihat juga materi matematika lainnya disini

Download Kumpulan Rumus Matematika Lengkap

Matematika sebuah mata pelajaran yang tak pernah lepas dari rumus-rumus matematika, makanya kali ini saya buat artikel khusus Download Kumpulan Rumus Matematika Lengkap yang merupakan kumpulan rumus-rumus yang sudah pernah saya share agar kalian tidak susah dalam mencari rumus yang anda inginkan.

Artikel Download Kumpulan Rumus Matematika Lengkap akan saya update sewaktu-waktu apabila saya posting rumus matematika. mulai dari SD kelas 4 - SMA kelas 12 semuanya akan saya ringkas. Untuk itu admin minta saran kepada kawa-kawan semua apabila kawan mencari rumus dan tidak ditemukan dalam artikel ini untuk memberikan komentar agar admin lengkapin artikel ini.
Download Kumpulan Rumus Matematika Lengkap

Rumus matematika SD kelas 4

Artikel yang pernah saya posting ini berisi kumpulan rumus matematika untuk sekolah dasar kelas 6 sd lengkap yang sudah pernah saya posting. jadi untuk kalian yang masih duduk di bangku sekolah dasar khususnya kelas 4 SD mungkin kalian membutuhkan beberapa rumus yang sudah pernah saya posting pada artikel tersebut.

Rumus matematika SD kelas 5

Nah kalo artikel yang ini merupakan kumpulan rumus untuk kalian yang masih menimba ilmu di bangku sekolah dasar kelas 5 daripada muter-muter tidak ketemu, mungkin artikel ini bisa menjadi alternatif untuk membantu kalian dalam memahami rumus matematika yang ada, silahkan kalian lihat apa bila ada kekurangan mohon sarannya. khusus ban layang-layang lihat disini

Rumus matematika SD kelas 6

Duduk di bangku sekolah dasar kelas 6, fase yang cukup berat karena kalian akan mengikuti ujian nasional untuk menilai seberapa besar ilmu yang anda serap selama 6 tahun dalam proses belajar mengajar yang sudah anda jalani. Untuk rumus matematika kelas 6 saya pernah posting tentang cara cepat merubah suhu silahkan kalian lihat disini, untuk rumus lainnya ditunggu aja updatetannya. tabel rumus matematika luas bangun disini

Rumus matematika SMP kelas 7

Setelah kalian berhasil dalam UAS sekarang kalian menginjak kelas baru dengan suasana baru dan tentunya permasalahan-permasalahan matematika juga baru. Nah dalam artikel ini mungkin bisa menjadi referensi belajar kalian. oia saya juga pernah posting tentang rumus pada pada sub pokok bahasan aljabar silahkan lihat disini

Rumus matematika SMP kelas 8

Fase kedua dalam sekolah lanjutan tingkat pertama kata-kata guru sih dalam fase ini kalian mencapi puncak kenakalan puncak males belajar dan tidak fokus, ya gak? silahkan koreksi diri kita masing-masing agak kita tidak terlalu jauh dalam ranah usia seumuran kalian yang tugas utamanya untuk belajar. Untuk smp kelas 8 belum saya posting secara khusus mengenai rumus matematika. tapi saya punya solusinya silahkan lihat dalam materi buku sekolah elektronik karena didalamnya tentu sudah ada rumus-rumus yang perlu anda pelajari.cari disini mungkin lain kali akan saya ringkaskan untuk kalian.

Rumus matematika SMP kelas 9

di dalam fase ini tentunya kalian sudah dalam ketakutan karena kalian akan di uji nantinya untuk bertanggung jawab atas pembelajaran kalian selama tiga tahun didalam tingkat pertama setelah kalian melewati tingkat dasar yaitu di SD. silahkan download materi rumus matematika yang ada untuk bisa kalian gunakan dalam menghadapi ujian nasional nanti.

Rumus matematika SMA kelas 10

setelah sukses menyelesaikan ujian nasional pada tingkat akhir SMP sekarang kalian menempubabak baru sekarang kalian duduk di sekolah lanjutan tingkat atas, silahkan kilan tinggalkan masa-masa smp anda sekrang kalian dituntut untuk berubah untuk menjadi lebih dewasa untuk persiapan masa-masa kuliah kalian nanti. tetep semangat belajar dan artikel ini semoga bisa membantu kalian dalam belajar memahami pelajaran matematika.

Rumus matematika SMA kelas 11

untuk rumus kelas 11 admin belum pernah update, mohon maafa mungkin lain waktu admin akan share rumus matematika pada tingkat ini.

Rumus matematika SMA kelas 12

Setelah kalian melewati tahan dasar dilanjutkan tingkat perta dan fase ini kalian akan menempuh ujian nasional tingkat akhir. Jika kalian sebelumnya sudah belajar dengan serius tentunya ujian terakhir ini tidak menjadikan anda gentar dan akan menjadi hal mudah untuk kalian lalui. silahkan menuju link diatas dan semoga dapat membantu kalian untuk menghadi persoalan dalam sekolah tingkat atas kelas 12.

Tambahan Rumus matematika Per BAB.
  • Barisan Dan Deret
  • Dimensi Tiga
  • Eksponen
  • Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers
silahkan lihat rumusnya disini
  • Fungsi Kuadrat
  • Integral
  • Limit Fungsi
  • Lingkaran
untuk melihat rumus 4 bab diatas lihat disini
  • Logika Matematika
  • Matriks
  • Peluang
  • Persamaan Kuadrat
download rumusnya disini
  • Pertidaksamaan
  • Program Linier
  • Statistika
  • Suku Banyak
Download here
  • Transformasi
  • Trigonometri
  • Turunan
  • vektor
4 bab terakhir ini silahkan download rumusnya disini

Selesai sudah artikel kali ini, semoga dapat membantu kalian dalam melengkapi referensi belajar kalian. jika ada yang kurang atau perlu ada yang ditambahkan silahkankan tuliskan dikolom komentar atau kirim email ke kontak kami.

Fungsi, Persamaan, dan Pertidaksamaan Eksponen dan Logaritma

Posting kali ini yang singkat singkat saja yaitu mengenai ringkasan materi matematika untuk SMA kelas 12 BAB Fungsi, Persamaan, dan Pertidaksamaan Eksponen dan Logaritma.

Berikut ringkasannya:
Ringkasan Materi matematika Fungsi, Persamaan, dan Pertidaksamaan Eksponen dan Logaritma sma kelas 12 semester 2
gimana ringkasan materi dan disertai rumus Fungsi, Persamaan, dan Pertidaksamaan Eksponen dan Logaritma, kurang lengkap? ^_^ udah pahami tuh rumus-rumusnya moga aja kalian bisa ya

semangat ya.... lihat juga materi matetika kelas 12 lainnya disini, kalo pingin lihat rumus-rumus matematika lainnya juga ada langsung saja nih RUMUS, oke segitu aja semoga bermanfaat buat kita semua amiin.

Materi matematika vektor kelas 12 prog. IPA

Pengertian vektor menurut wikipedia
Vektor dalam matematika dan fisika adalah obyek geometri yang memiliki besar dan arah. Vektor jika digambar dilambangkan dengan tanda panah (→) . Besar vektor proporsional dengan panjang panah dan arahnya bertepatan dengan arah panah. Vektor dapat melambangkan perpindahan dari titik A ke B. Vektor sering ditandai sebagai
Materi matematika vektor kelas 12 prog.  IPA

kali ini belajar-soal-matematika.blogspot.com akan memberikan materi matematika tentang Vektor untuk kalian yang masih duduk dibangku SMA kelas 12 jurusan program studi IPA.

didalam materi yang sudah saya upload dalam bentuk pdf ini menerangkan tentang vektor, bagaimana cara memahami tentang vektor sehingga kita lebih mengerti pengertian vektor itu sendiri.

dalam ebook matematika ini juga dilengkapi tentang contoh-contoh yang berhubungan dengan materi vektor dengan disertai pembahasannya lengkap.

Bab dan sub bab dalam materi vektor kelas 12 prog. IPA
A. Pengertian Vektor
B. Operasi pada vektor
dalam sub bab ini dijelaskan mengenai :
1. Penjumlahan dan Pengurangan Vektor
ada 2 cara dalam penjumlahan vektor yaitu dengan cara segitiga dan cara jajar genjang
2. Perkalian Skalar dengan vektor
3. sifat-sifat operasi hitung pada vektor
C. Perbandingan vektor
D. Perbandingan skalar dua vektor dan proyeksi vektor

Lihat materi vektor dalam bentuk pdf dibawah ini :



nah itulah sedikit materi dalam bab vektor, pelajari yang giat yach, jangan males-malesan biar jadi ahli matematika nantinya. semangatlah muda-mudi negri mungkin kalian nanti menjadi pembangun negri ini.

terima kasih sudah mau berkunjung, dan sampai bertemu diartikel tentang matematika lainnya. GANBATE>>>!!!

Rumus Matematika Lengkap - Persiapan UN - bag 5

Artikel terakhir lanjutan dari artikel sebelumnya yaitu Rumus Matematika Lengkap - Persiapan UN - bag 4, dan akhirnya selesai juga nih deretan artikelnya, oke silahkan kalian lanjut membaca artikel rumus matematika ini ya...
Rumus Matematika Lengkap - Persiapan UN - bag 5

Rumus Transformasi

Didalam ebook rumus matematika transformasi ini berisikan bagaimana cara mentransformasikan matriks sehingga memilki bayangan, pencerminan terhadap garis, dilatasi faktor skala, dilatasi terhadap titik (a,b) dsb yang sudah di rangkum dalam ebook dibawah.


Rumus Trigonometri

dalam ebook rumus matematika ini berisi aturan segitiga ( aturan sinus, cosinus, tangen) tabel sudut-sudut istimewa, rumus trigonometri, persamaan trigonometri dalam berbagai bentuk yang kesemuanganya sudah diringkas di ebook dibawah.


Rumus Turunan

ebook rumus matematika bab turunan ini berisi sifat-sifat turunan, penggunaan turunan, bagai mana cara mencari turunan pertama dari sebuah fungsi kesemuanya sudah tertulis dibawah silahkan klik tombol lihat rumus.


Rumus vektor

vektor adalah besaran yang membunyai arah, cara menuliskan vektor, vektor dengan titik pangkal (0,0), operasi pada vektor secara geometri, proyeksi suatu vektor terhadap vektor lain yang kesemua rumus matematika tersebut sudah dirangkum dalam ebook divawah ini.



Artikel Rumus Matematika Lengkap untuk persiapan ujian nasional ini saya bagi menjadi 5 artikel biar tidak kepanjangan dan menjadikan halaman berat untuk diload. dan artikel ini sebagai penutupnya.

Prev : Rumus Matematika Lengkap - Persiapan UN - bag 4

Rumus Matematika Lengkap - Persiapan UN - bag 4

Setelah kemaren postingan terakhir Rumus Matematika Lengkap - Persiapan UN - bag 3, sekarang kita lanjutkan untuk bagian yang ke-4 masih tentang kumpulan rumus matematika untuk menghadapi soal-soal ujian nasional nantinya
Rumus Matematika Lengkap - Persiapan UN - bag 4

Rumus Pertidaksamaan

dalam ebook singkat mengenai rumus matematika pertidaksamaan ini berisi antara lain sifat-sifat, rumus harga mutlak, bilangan irasional, singkat saja langsung kalian lihat rumus-rumusnya dibawah ini


Rumus Program Linier

dalam salah satu ebook kumpulan rumus matematika ini yaitu Rumus dalam bab persamaan linier yang didalamnya berisi beberapa pengertian matematik yang dijumpai dalam materi program linier ( apa itu konstrain, fungsi tujuan, jawab feasible & jawab infeasible), titik ekstrim, dsb yang semuanya sudah tertuang dalam bentuk pdf dibawah ini


Rumus Statistika

Ebook rumus matematika statistika ini berisi tentang ukuran pemusatan ( rumus mean, median, modus, & kuartil), ukuran penyebaran seperti rumus jangkauan, rumus simpangan rata-rata, rumus simpangan baku, jangkauan kuartil dan disini juga tertulis rumus data kelompok.


Rumus Suku Banyak

rumus matematika suku banyak ini berisi beberapa teorema, dijelaskan bagaimana menentukan akar-akar rasional suku banyak, bagaimana mencari hasil bagi f(x) dengan g(x) dan lain sebagainya yang sudah tertulis dalam ebook dibawah



Artikel Rumus Matematika Lengkap untuk persiapan ujian nasional ini saya bagi menjadi 5 artikel biar tidak kepanjangan dan menjadikan halaman berat untuk diload.

Prev : Rumus Matematika Lengkap - Persiapan UN - bag 3
Next : Rumus Matematika Lengkap - Persiapan UN - bag 5

Rumus Matematika Lengkap - Persiapan UN - bag 3

Artikel lanjutan dari Rumus Matematika Lengkap - Persiapan UN - bag 2 gimana pembaca setia belajar-soal-matematika.blogspot.com sudah siap untuk melanjutkan belajar rumus-rumus matematikanya? oke... kita lanjut yach..
Rumus Matematika Lengkap - Persiapan UN - bag 3

Rumus Logika Matematika

ebook rumus matematika "logika matematika" ini berisi penjelasan apa itu pernyataan, apa itu pernyataan berkuantor universal/esensial, pernyataan majemuk, apa itu konjungsi / disjungsi / implikasi /iimplikasi, apa itu negasi dari pernyataan tunggal / pernyataan majemuk, variasi pernyataan bersyarat, tautologi & kontradiksi sifat operasi dan lain sebagainya semuanya sudah dirangkum dalam ebook dibawah.



Rumus Matriks

ebook rumus matematika matriks ini berisi beberapa hal yaitu transpos suatu matriks, kesamaan dua matriks, operasi jumlah, sifat operasi penjumlahan,  perkalian dengan konstanta, determinan , invers matriks dan lain sebagainya yang berhubungan dengan materi matematika mariks semuanya tertuang dalam ebook dibawah ini.



Rumus Peluang

ebook rumus matematika peluang ini berisi tentang kaidah pencacahan ( faktorial, permutasi dan kombinasi), peluang suatu kejadian ( seperti frekuensi harapan ) kejadian majemuk dsb yang sudah tertuang dalam dukumen di bawah ini


Rumus Persamaan Kuadrat

ebook rumus matematika persamaan kuadrat ini berisi bagaimana penyelesaian suatu persamaan, sifat sifat operasi aljabar ( jumlah kuagrat akar-akar, jumlah pangkat tiga akar, kuadrat selisih akar-akar, kedua akar negatif, akar berlawanan tanda dsb) yang kesemuanya sudah tertuang dalam ebook dibawah silahkan dilihat.



Artikel Rumus Matematika Lengkap untuk persiapan ujian nasional ini saya bagi menjadi 5 artikel biar tidak kepanjangan dan menjadikan halaman berat untuk diload.

Prev : Rumus Matematika Lengkap - Persiapan UN - bag 1
Next : Rumus Matematika Lengkap - Persiapan UN - bag 4

Rumus Matematika Lengkap - Persiapan UN - bag 2

Lanjuta artikel Rumus Matematika Lengkap - Persiapan UN - bag 1 oke ki lang sung lanjut saja kumpulan rumus-rumusnya. Selamat belajar lagi ...
Rumus Matematika Lengkap - Persiapan UN - bag 2

Rumus Fungsi Kuadrat

Didalam ebook rumus matematika fungsi kuadrat ini berisi : bagai mana cara menggambarkan grafik parabola, didalam ebook ini juga menjelaskan bagaimana hubungan parabola dengan garis, serta bagaimana menyimpulkan bahwa grafik parabola berpotongan di dua titik berbeda, bersinggungan atau tidak berpotongan. untuk melihat rumusnya silahkan klik spoiler dibawah.


Rumus Integral

Ebook sederhana rumus matematika integral ini berisi Rumus-rumus dasar integral, Integral tak tentu, kemudian sifat-sifat integral dan dibahas pula menghitung luas daerah dengan integral, menghitung Volum benda putar serta integral parsial. lihat rumus-rumus di bawah ini.


Rumus Limit Fungsi

Ebook rumus matematika limit fungsi ini berisi sedikit ilustrasi tentang masalah limit dan kekontinuan suatu fungsi, Metode pencoretan, Metode L'hopital, limit bentuk nol per nol, limit bentuk x per x dan juga limit fungsi trigonometri, silahkan lihat rumusnya.


Rumus Lingkaran

ebook rumus matematika bab lingkaran ini berisi : Persamaan lingkaran dengan pusat (0,0) / (a,b), persamaan umun lingkaran, persamaan garis singgung pada lingkaran dengan gradien serta persamaan garis singgung yang di tarik dari sebuah titik. silahkan pelajari rumusnya disini.



Artikel Rumus Matematika Lengkap untuk persiapan ujian nasional ini saya bagi menjadi 5 artikel biar tidak kepanjangan dan menjadikan halaman berat untuk diload.

Prev : Rumus Matematika Lengkap - Persiapan UN - bag 1
Next : Rumus Matematika Lengkap - Persiapan UN - bag 3

Rumus Matematika Lengkap - Persiapan UN - bag 1

Rumus matematika memang banyak dicari siswa/anak didik yang ingin bisa menghafalkan seluruh rumus matematika untuk persiapan menghadapi ujian nasional.

Menurut saya untuk menghadapi ujian nasional bukan berarti harus belajar dari kelas 1 sampai kelas 3, mengeluarkan semua buku matematika kemudian merangkum rumus dan menghafalkannya.

Percuma dong kalo menghafalkan rumus tapi nggak tau cara pengaplikasiaannya pada soal? bener gak? jadi intinya banyak-banyaklah berlatih soal-soal ujian nasional.
Rumus Matematika Lengkap - Persiapan UN - bag 1

Rumus Matematika Barisan Dan Deret

Rumus matematika barisan dan deret,kalian sudah hapal dengan rumus matematika pada materi ini? Kali ini belajar-matematika.blogspot.com akan memberikan rumus matematika barisan dan deret yang sudah diringkas dalam bentuk pdf.

Bagaimana sih mencari rumus suku ke-n? bagaimana sih mencari jumlah suku dalam deret aritmatika ataupun deret geometri? silahkan lihat rumus dibawah ini


Rumus Matematika Dimensi Tiga

Didalam ringkasan rumus ini berisi :
Kedudukan titik dan garis dalam ruang, Kedudukan titik dan bidang dalam ruang, Kedudukan dua garis dalam ruang , Kedudukan garis dan bidang dalam ruang, Kedudukan dua bidang dalam ruang, Sudut antara dua bidang , Sudut antara garis dan bidang.
Untuk melihat rumus matematika ini silahkan lihat dibawah ini


Rumus Eksponen

Dalam Rumus matematika materi eksponen ini berisi :
Pangkat tak sebenarnya, sifat persamaan dan pertidaksamaan, serta Rumus grafik fungsi eksponen, gimana kalian sudah hafal dengan semua rumus-rumus ini? kalo belum langsung saja liat rumus lengkapnya dibawah ini :


Rumus Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers

ebook rumus matematika ini berisi : Produk cartesius, sifat-sifat dari fungsi, sifat-sifat dari relasi, Domain kodomain dan range, operasi aljabar pada fungsi, dan fungsi invers, untuk melihat rumus-rumus matematika tersebut silahkan klik tulisan lihat rumus.



Artikel Rumus Matematika Lengkap untuk persiapan ujian nasional ini saya bagi menjadi 5 artikel biar tidak kepanjangan dan menjadikan halaman berat untuk diload.

Next : Rumus Matematika Lengkap - Persiapan UN - bag 2

Jadwal Ujian Nasional Tingkat SMP/MTS/SMPLB 2014

Meski 5 bulan lagi ujian nasional tingkat smp/mts/smplb akan diselenggarakan apa salahnya mengetahui jadwalnya terlebih dulu agar kita bisa menyiapkan segala sesuatunya untuk dapat mengikuti ujian nasional secara optimal.

Gimana dengan kalian apakah kalian sudah menyiapkan bekal untuk mengikuti ujian nasional?tentunya mulai dari sekarang dong kalian harus menyipkan diri jangan menggunakan sistem belajar lembur semaleman yang ada nanti kalian bisa ngantuk saat mengerjakan soal-soal ujian.

Jadwal ujian nasional untuk smp/mts/smplb akan dilaksanakan pada bulan mei 2014, 5 bulan lagi kalian akan pertaruhkan hasil belajar kalian selama 3 tahun, pada bulan itulah hasil belajar kalian akan diuji he he he buatlah ini sebagai tantangan buat kalian bukan sebagai ujian yagn akan menghentikan cita-cita kalian,

Jika kalian selama 3 tahun ini belajar dengan sungguh-sungguh tentunya ujian kali ini tidak akan menyulitkan kalian, tapi jika kalian selama tiga tahun ini hanya main-main da tidak serius dalam belajar ya resiko kalian dan tidak ada kata terlambat untuk belajar mulai sekarang buka lagi buku kalian dan belajarlah denga sungguh-sungguh.

Bicara apa sih saya ? katanya mau memberikan jadwal ujian tapi kok ngelantur kemana-kemana. Oke langsung saja nih pantengin jadwalnya kalo perlu di print ya.
Jadwal Ujian Nasional Tingkat SMP/MTS/SMPLB 2014

informasi jadwal ini saya dapatkan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kemdikbud jadi bisa dikatakan valin kalo mau mendapatkan file dalam bentuk pdf silahkan kalian bisa menuju ke link INI.

sekian dulu artikel tentang jadwal ujian nasional untuk tingkat smp tahun 2014.terima kasih dan sampai jumpa lagi ^_^

Soal UN SMP disertai dengan pembahasan LENGKAP

Salah satu cara untuk menghadapi Ujian Nasional ( UN ) adalah dengan banyak-banyak berlatih soal-soal UN dari tahun yang sudah terlewat karena ada kemungkinan kita akan menemukan tipe soal-soal yang sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

Kali ini akan saya share soal ujian nasional (UN) untuk sekolah menengah pertama ( SMP ) khusnya pelajaran matematika paket 12 tahun 2010/2011.

Soal UN SMP disertai dengan pembahasan LENGKAP

Soal un smp ini saya dapatkan dari website P4TK matematika. untuk mengunduh soal ini silahkan menuju kemari,  pelajari baik-baikya soal tersebut, jangan pantang menyerah.

Untuk melihat soal-soal lainnya silahkan menuju ke BANK SOAL, karena sekarang kalian sudah duduk di bangku SMP Kelas 9 hilangkan perasaan malas belajar biar sukses menghadapi ujian nasional nantinya. amiin.

Selamat belajar dan sampai bertemu diartikel lainnya tetep semangat dan salam cerdas.

Konversi Satuan Menggunakan Software

Sedang belajar tentang konversi satuan ya? 1 kilometer berapa meter? satu jam berapa detik? pertanyaan-pertanyaan seperti ini sering saya temui, sebearnya jika kita sudah mengetahui tangga konversi ini akan sangat mudah sekali. Tapi apabila belum mengetahuinya mau gimana lagi? makanya belajar yang rajin dong ^_^, bagai mana jika kalian menemukan pertanyaan-pertanyaan seperti ini.

1 km persegi berapa meter persegi, 1 km sama dengan berapa meter, 1 km jam berapa m s, 1 kilometer meter, 1 mile meter, 1 km mile, 1 km how many meters, 1 kilometer to 1 meter, 1 ton berapa meter kubik, 1 ton berapa meter cubic, 1 hektar berapa meter, 1 feet berapa meter, 1 yard berapa meter, 1 ton berapa kg, 1 ton berapa kwintal, 1 mil berapa meter, 1 metrik ton berapa kg, 1 ton sama dengan berapa kg, 1 menit berapa detik, 1 derajat berapa menit, 1 menit berapa milisecond, 1 tahun sama dengan berapa hari, 1 windu berapa tahun, 1 abad berapa windu, 1 derajat celcius berapa kelvin, 1 derajat celcius berapa fahrenheit, 1 derajat celcius berapa farenheit, 1 derajat celcius berapa reamur, 1 derajat fahrenheit berapa celcius, 1 mile berapa km, 1 mile berapa meter, dan masih banyak lainnya 1 mile berapa feet 1 nautical mile berapa kilometer
Konversi Satuan Menggunakan Software
dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan sejenis yang lebih susah, tapi tenang saja kali ni kakak akan bagikan software yang dapat membantu dalam hal pengkonversian satuan yang saya dapat dari blog temen2 tapi sayangnya masih dalam versi bahasa inggris.

Penampakan softwarenya seperti pada gambar diatas, gimana? mau. kalo mau silahkan download softwarenya disini, tapi bukan berarti kalo kalian udah memiliki software ini lantas tak mau menghafalkan rumus tangga konversi satuan lo ya, harus tetep mengetahui dasar-dasarnya kan kalo ikut ujian matematika nggak boleh menggunakan software2 seperti ini.

Segitu dulu artikel kali ini semoga dapat membantu kalian untuk mengkonversi satuan yach. salam cerdas.

Contoh Rpp Matematika SD, SMP dan SMA Kurikulum 2013

Kali ini belajar-soal-matematika.blogspot.com akan memberikan contoh Rpp Matematika sd, smp dan sma yang sesuai dengan kurikulum 2013, bagi para pengajar yang belum menemukan contoh rpp matematika kurikulum 2013, nih lihat contoh-contoh berikut :
Contoh Rpp Matematika SD, SMP dan SMA Kurikulum 2013

Contoh RPP Matematika SD Kelas 4 Kurikulum 2013

Untuk melihat atau mendownload rpp matematika untuk sekolah dasar kelas 4 yang sesuai kurikulum 2013 silahkan langsung saja menuju link ini. semoga contoh rpp matematikanya bisa bermanfaat buat anda.

 Contoh RPP Matematika SD Kelas 5 Kurikulum 2013

untuk melihat contoh rpp matematika ini silahkan menuju kelink berikut, nah itulah link download untuk contoh rpp matematika untuk tingkat SD kelas 5 yang sesuai kurikulum 2013

Contoh RPP Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum 2013

Kalo link yang ini berisi contoh RPP matematika Sekolah Menengah Pertama kelas 7 yang sudah disesuaikan dengan kurikulum terbaru yaitu kurikulum 2013. selamat membuat rpp aja.

Contoh RPP Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum 2013

Untuk anda yang sudah mengajar di SMP dan membutuhkan contoh RPP matematika untuk kelas 8 silahkan menuju link INI untuk melihat contoh RPP yang sesuai dengan kurikulum 2013.

Contoh RPP Matematika SMP Kelas 9 Kurikulum 2013

Contoh Rpp matematika kurikulum 2013 untuk sekolah menengah pertama kelas 9 silahkan download contohnya DISINI. Selamat mendownload rppnya dan salam semangat untuk kita semua.

Contoh RPP Matematika SMA Kurikulum 2013

contoh RPP untuk Sekolah Dasar (SD) sudah, untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) udah juga tuh di link2 yang ada diatas, tinggal contoh rpp matematika untuk tingkat sma. Berikut daftar contoh RPP Matematika SMA, silabus matematika SMA, serta buku pegangan matematika sesuai kurikulum 2013 :
  • Contoh RPP Matematika SMA Kelas 10 Kurikulum 2013 [Download]
  • Silabus Matematika SMA Kelas 10 Kurikulum 2013 [Download]
  • Silabus Matematika SMA Kelas 11 Kurikulum 2013 [Download]
  •  Silabus Matematika SMA Kelas 12 Kurikulum 2013 [Download]
  •  Buku Matematika SMA Pegangan Siswa [Download]
  •  Buku Matematika SMA Pegangan Guru [Download]
 
 

40 soal try out sd kelas 6 pelajaran matematika 2014

Hai adek-adek yang masih duduk di bangku kelas 6 SD udah mau try out ya, nih kakak punya soal-soal latihan buat try out pelajaran matematika nanti. sesuai dengan judul "40 soal try out sd kelas 6 pelajaran matematika" maka kakak udah siapin 40 soal buat kalian.

Gak usah takut menghadapi ujian nasional nanti kalo kalian mau belajar pasti bisa, kalo pelajaran matematika sih dari pengalaman kakak tinggal banyakin latihan soal-soalnya sebab nanti kalian akan terbiasa dengan model soal matematika yang berbeda-beda jadi nggak kaget kalo ada tipe soal yang baru.

nih 40 soal tryout sd kelas 6 pelajaran matematikanya udah kakak upload di google drive kakak selamat berlatih ya.



Nah gimana udah liatkan soal-soalnya jangan lupa ya buat dikerjain jangan dipelototin aja, kalo cuma diliatin yang nggak bakalan ngerti-ngerti, iya kan?

Udah dulu ya, yang semangat belajarnya. sampai ketemu di soal-soal matematika lainnya ya. Tetep semangat dan salam cerdas.

berhubung banyak yang menanyakan link downloadnya silahkan menuju kesini

Ringkasan Materi Matematika PELUANG kelas 9

Rangkuman materi peluang ntuk SMP kelas 9 semester1, kali ini belajar-soal-matematika.blogspot.com akan memberikan rangkuman materi untuk kalian yang masih duduk di bangku sekolah menengah pertama khususnya kelas 9 yang masih belajar mengenai materi peluang.

Ringkasan materi matematika smp - peluang untuk kelas 9


  • Himpunan atau kumpulan semua hasil yang mungkin untuk muncul pada suatu percobaan disebut ruang sampel. 
  • Yang dimaksud dengan titik sampel adalah anggota-anggota dari ruang sampel itu sendiri.
  • HImpunan bagian dari ruang sampel disebut dengan "kejadian".
  • Frekuensi adalah perbandingan banyaknya percobaan dengan banyaknya kejadian yang diamati. Rumus frekuensi relatif suatu kejadian :
    Ringkasan Materi matematika PELUANG kelas 9
  • Jika setiap titik sampel anggota ruang sampel S memiliki peluang yang sama maka peluang kejadian K yang memiliki anggota sebanyak n(K) dinyatakan sebagai berikut :
    Ringkasan Materi matematika PELUANG kelas 9 - ruang sampel
  • Kisaran nilai peluang munculnya kejadian K dinotasikan seperti berikut :
    Peluang munculnya kejadian
Jika P(K) bernilai 0 maka kejadian Kmustahil terjadi.
Jika P(K) bernilai 1 maka kejadian K pasti terjadi.
  • Misalkan, kejadian komplemen dari K dinotasikan denga huruf "L". Besar peluang kejadian L adalah seperti yang dinotasikan dibawah ini
    Ringkasan Materi matematika PELUANG kelas 9
Nah segitu saja ringkasan materi BAB peluang smp kelas 9, semoga dapat membantu adek2 semua dalam belajar matematika. terima kasih sudah mau berkunjung di blog belajar-soal-matematika.blogspot.com sampai bertemu diartikel lainnya. lihat juga contoh soal dan pembasannya

Contoh Soal Peluang dan Pembahasan Lengkap

belajar-soal-matematika.blogspot.com akan memberikan beberapa contoh soal peluang disertai dengan pembahasannya, sebelum mempelajari contoh soal ini silahkan baca dulu ringkasan materi matematika peluang yang sebelumnya sudah saya postingkan.

Contoh Soal Peluang dan Pembahasannya


a. Tentukan ruang sampel dari percobaan-percobaan berikut.
  1. Melempar sebuah dadu.
  2. Melempar tiga keping uang logam sekaligus.
  3. Melempar dua buah dadu sekaligus.
a.1 Ruang sampel percobaan melempar sebuah dadu
Hasil yang mungkin muncul dari pelemparan sebuah dadu adalah muka dadu bertitik 1, 2, 3, 4, 5 dan 6. Jadi, ruang sampelnya adalah S = {1, 2, 3, 4, 5, 6}
a.2 Ruang sampel percobaan melempar 3 keping uang logam, untuk mempermudah menentukan ruang sampel kita akan menggunakan diagram pohon seperti gambar berikut :
Contoh Soal Peluang - diagram pohon

Jadi, didapat ruang sampelnya adalah S = {AAA, AAG, AGA, AGG, GAA, GAG, GGA,
GGG}.











a.3 Ruang sampel pelemparan dua dadu sekaligus, penggunaan tabel seperti dibawah ini akan mempermudah kalian menentukan ruang sampelnya :




dari tabel disamping maka didapat ruang sampelnya adalah S = {(1, 1), (1, 2), (1, 3), ... (6, 6)}




itulah beberapa contoh soal peluang dan pembahasannya lengkap, jika ingin mendapatkan contoh lagi yang lebih banyak silahkan download contoh soalnya disini.

sekian dulu selamat belajar dan terus semangat.

Statistika Matematika - Ukuran Penyebaran Data

Oke pembaca belajar-soal-matematika.blogspot.com mari kita lanjut materi statistika matematikanya pada sub pokok bahan yang ketiga yaitu ukuran penyebaran data. Dalam pokok bahasan ini kita akan membahas mengenai jangkuan dan kwartil.

1. Jangkauan

Jangkauan  adalah selisih datum terbesar dengan datum terkecil. Jangkauan biasanya dilambangkan dengan huruf J. seperti halnya mencari median dalam sub pokok bahasan kedua, untuk mencari jangkauan suatu data kita juga diwajibkan ( kalo nggak dilakukan berarti dosa ^_^ ) untuk mengurutkan datanya terlebih dahulu.

langsung saja ke contoh soal mengenai jangkuan ya :
Tentukan jangkauan dari data berikut.
a.  26, 40, 18, 25, 16, 45, 30
b.  15, 15, 15, 15, 15
Jawab:
a. Urutkan data terlebih dahulu.
16, 18, 25, 26, 30, 40, 45
Datum terkecil  Datum terbesar
J  = datum terbesar – datum terkecil
    = 45 – 16 = 29
Jadi, jangkauan data tersebut adalah 29.
b. dari data kedua didapat jangkauannya NOL (0)? Coba kamu jelaskan alasannya. tulis di komen yah

2. Kuartil

Kuartil suatu data dapat diperoleh dengan membagi data terurut menjadi 4 bagian sama besar. Kuartil terdiri atas tiga macam, yaitu:
a. kuartil bawah
b. kuartil tengah/median
c. kuartil atas
Jika suatu data dilambangkan dengan garis lurus, letak kuartil bawah, kuartil tengah, dan kuartil atasnya adalah sebagai berikut
untuk lebih jelasnya mengenai kuartil silahkan perhatikan gambar ilustrasi berikut :
Statistika Matematika - Ukuran Penyebaran Data - kuartil
yah segitu dulu ya maaf belum bisa ngasih contoh, soalnya mau pergi nih. Kalo ada yang belum jelas silahkan tanya saja di kolom komentar insyaAllah saya jawab. terima kasih sampai jumpa di lain artikel.

untuk melihat sub pokok bahasan lainnya silahkan menuju ke posting utama kesini
STATISTIKA MATEMATIKA

Statistika Matematika - Ukuran Pemusatan Data

Mari kita lanjut pelajaran statistika matematikanya kali ini pada sub pokok bahan 2 yaitu ukuran pemusatan data, dimana dalam sub pokok bahasan ini berhubungan dengan : mean, modus dan median, mari kita uraikan satu persatu :

1. Mean

Mean atau rata-rata merupakan salah satu ukuran pemusatan data, secara mudahnya yang disebut dengan mean adalah jumlah seluruh dantum dibagi dengan banyaknya dantum. mean biasanya dilambangkan dengan huruf kecil diatasnya. jika dituliskan dengan rumus maka menjadi :
Ukuran Pemusatan Data - rumus mean

2.  Modus

Dalam 10 kali ulangan statistika matematika, Ucok memperoleh 6 kali nilai 8. dan yang lainnya mendapat nilai 7, 4, 6, 7. didalam statistika matematika nilai yang sering muncul inilah yang disebut dengan modus. Modus bisa saja tidak hanya satu dan bahkan bisa saja dalam suatu rangkaian nilai tidak ada modusnya karena semua data/nilai berbeda semua tidak ada yang sama.

kesimpulannya kumpulan nilai ucok dalam ulangan statistika matematika tersebut adalah angka 8, karena angka 8 lah yang sering muncul yaitu sebanyak 6 kali dalam sepuluh ulangan.

3.  Median

yang disebut dengan median adalah nilai tengah suatu data yang sudah diurutkan. gimana sudah jelaskan...? jadi median adalah membagi dantum menjadi 2 bagian sama banyak dan kemudian dicari nilai yang berada ditengahnya.

untuk lebih jelasnya mengenai median silahkan lihat contoh berikut :

contoh 1 materi statistika - median
Tentukan median dari data berikut.
9, 7, 5, 6, 6, 8, 7
Jawab:
Urutkanlah datanya terlebih dahulu.
5, 6, 6,  7 , 7, 8, 9 karena jumlah dantumnya ganjil yaitu ada 7 dantum maka mediannya yaitu nilai ke-4.
jadi di dapat median dari sekumpulan nilai tersebut adalah 6

contoh 2 materi statistika - median
berikut adalah nilai budi dalam ulangan statistika matematika selama 8 kali : 
7, 7, 10, 8, 6, 6, 7, 8. Tentukan median nilai-nilai budi tersebut..
Jawab:
seperti biasanya sebelum kita mencari median kita harus mengurutkan datanya terlebih dahulu.
 6, 6, 7, 7, 7, 8 8, 10 (banyak datum = 8 (genap)).
karena jumlah dantumnya genap ( 8 ) maka median atau nilai tengahnya yaitu jumlah nilai ke-4 dan ke-5 dibagi 2, yaitu 7 + 7 = 14 dibagi 2 = 7
jadi didapat median dari nilai budi yaitu 7

untuk melihat sub pokok bahasan lainnya silahkan menuju ke posting utama kesini
STATISTIKA MATEMATIKA

Statistika Matematika - Penyajian Data

Sesuai janji saya dalam BAB statistika akan saya kupas persub pokok bahasannya untuk posting ini saya akan isi dengan materi statistika matematika sub pokok bahasan pertama yaitu Penyajian Data. Mari kita lanjut materi ini, semangat ya.

Sub BAB STATISTIKA - Penyajian Data

Dalam sub bab ini akan di bagi menjadi beberapa sub pokok bahasan lagi yaitu : Pengertian Data dan Statistika, Populasi dan Sampel, Penyajian Data dalam Bentuk Tabel & Penyajian Data dalam Bentuk Diagram.

1.  Pengertian Data dan Statistika

Statistika tak pernah bisa lepas dengan yang namanya data, jadi lebih dulu kita akan membahas apa itu yang dinamakan dengan data, data merupakan sekumpulan dantum yang dimana dantum itu sendiri merupakan fakta tunggal.
Menurut  jenisnya, data dibedakan jadi 2 macam, yaitu:
       a.  Data Kuantitatif, 
             yang disebut dengan data kuantitatif adalah sebuah data yang berupa bilangan dan nilai dari data                    tersebut bisa berubah-ubah.
              Misal: Jumlah siswa Kelas 9 SMP semangat 45 sebanyak 650 siswa.
        b. Data Kualitatif, 
             sedang data kualitatif adalah data yang menggambarkan keadaan suatu objek yang dimaksud.
             Misal : Selain sopan, Andri juga cerdas.

2. Populasi dan Sampel

Untuk dapat menarik kesimpulan, kadang tidak diambil berdasarkan keseluruhan datayang ada. 
Misalnya, seorang peneliti yang menguji kandungan air di sebuah sungai untuk mengetahui apakah air sungai tersebut layak minum atau tidak. 

Untuk mengetahuinya, tentunya peneliti tidak harus menguji semua air yang ada di sungai tersebut. Peneliti cukup mengambil satu gelas air untuk diuji. Nah pada kasus penelitian ini dapat kita ketahui bahwa sungai sebagai populasi sedang segelas air tersebut dinamakan sampel.

3. Penyajian Data dalam Bentuk Tabel

Untuk memudahkan dalam hal pembacaan sebuah data biasanya dari data acak, akan dibuat data yang lebih ringkas dalam hal ini dalam bentuk tabel untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut :
Statistika Matematika - Pengertian Data
gb.1 data acak
Statistika Matematika - Pengertian Data dan Statistika - data tabel
gb.2 data dalam bentuk tabel
Menurut kalian lebih mudah mana pembacaan datanya ? tentunya dengan data yang disajikan dengan tabel lebih mudah untuk dipahami bukan?

4. Penyajian Data dalam Bentuk Diagram

Ada 4 bentuk diagram yang bisa digunakan dalam penyajian data kali ini antara lain :
a. Diagram Gambar
b.  Diagram Batang
c.  Diagram Garis
d. Diagram Lingkaran
Nah sekian dulu ya nanti dilanjut lagi.

untuk melihat sub pokok bahasan lainnya silahkan menuju ke posting utama kesini
STATISTIKA MATEMATIKA

Statistika Matematika - materi lengkap

Statistika matematika telah digunakan pada ribuan tahun yang lalu. Statistika awal, contohnya sensus bangsa Babilonia kuno, Cina kuno, dan Mesir kuno, digunakan untuk menghitung jumlah suatu populasi untuk tujuan pemungutan pajakoleh pemimpinnya.

Sejak abad ke-15 sampai sekarang, para ahli statistika mulai menyadari bahwa statistika dapat digunakan dalam bidang yang lebih luas, kedokteran, seperti industri, genetika, dan lain sebagainya.
Statistika Matematika - materi lengkap

Dalam BAB STATISTIKA akan di bagi menjadi 3 sub pokok bahasan yaitu :

A. Penyajian Data

Dalam pokok bahasan ini akan dibahas mengenai, Pengertian Data dan Statistika, Populasi dan Sampel, Penyajian Data dalam Bentuk Tabel serta Penyajian Data dalam Bentuk Diagram. untuk uraian materinya sudah saya sediakan di artikel lain silahkan menuju kesini

B. Ukuran Pemusatan Data

nah kalo di sub pokok bahasan yang ini yang dibahas mengenai mean, median dan modus. seperti di pokok bahasan penyajian data di pokok bahan ini juga saya sediakan artikel tersendiri silahkan menuju kemari yah.

C. Ukuran Penyebaran Data

Untuk sub pokok bahan yang terakhir yaitu Ukuran Penyebaran Data akan di bahas mengenai jangkauan dan kuartil. langsung saja menuju link berikut
Itulah materi lengkap mengenai statistika matematika, mohon maaf tidak saya jadikan satu postingan karena nantinya akan terlalu kepanjangan ^_^. mudah-mudahan kalian bisa memahami materi statistika dengan benar.


 

Tanya Kami

Pelajari Juga

Matematika Archives