Rumus Persamaan Trigonometri Dan Contoh Soal

Sebelum kita kalian mempelajari rumus persamaan trigonometri ada baiknya kita mengulang kembali tentang bagaimana sih konsep trigonometri.

Dasar Trigonometri adalah Konsep kesebangunan dari segitiga siku-siku. Sisi-sisi yang bersesuaian dua bangun datar yang sebangun (ingat : sebangun ) memiliki perbandingan yang sama.

Bagaimana sih segitiga yang sebangun itu ? Pada geometri Euclid, jika masing-masing sudut dua segitiga memiliki besar sudut yang sama, maka kedua segitiga tersebut pasti sebangun. Hal ini adalah dasar untuk melakukan perbandingan trigonometri sudut lancip. Konsep tadi kemudian  dikembangkan lagi untuk sudut-sudut tumpul (lebih dari 90 derajat dan atau kurang dari nol derajat).

Gimana ? masih ingat dengan konsep trigonometri tersebut ? masih ingat mengenai rumus sudut rangkap dan kawan-kawannya ? ayoo belajar lagi yang giat biar benarbenar dapat menguasai materi trigonometri seutuhnya.

nih pelajari untuk rumus sinus, rumus cosinus, dan rumus tangen, oia dibawah juga sudah disediakan contoh soal trigonometri yang disertai juga dengan pembahasannya lengkap. ganbate !!!
Rumus Persamaan Trigonometri Dan Contoh Soal

Rumus matematika Persamaan Trigonometri Dan Contoh Soal




Sekian artkel dengan judul "Rumus Persamaan Trigonometri Dan Contoh Soal" mudah-mudahan kalian bisa mempelajarinya dengan baik dan memberikan kepahaman kepada anda terlebih kepada teman-teman anda.

Jangan sungkan-sungkan untuk mengunjungi kembali blog matematika sederhana ini.

Soal Kesebangunan dan Kongruensi disertai pembahasan - Matematika SMP 9

Soal Kesebangunan dan Kongruensi disertai pembahasan - Matematika SMP kelas 9, kali ini blog belajar matematika akan memberikan beberapa soal matematika tentunya dan yang berhubungan dengan bab kesebangunan & kongruensi, dan soal matematika yang akan kami bagikan disertai juga dengan pembahasannya.

soal kesebangunan dan kongruensi disertai pembahasan

Soal dan pembahasan kesebangunan dan kongruensi smp kelas 9

soal matematika kongruensi dan kesebangunan pembahasannya

soal-soal kesebangunan dan kongruensi smp kelas IX

soal matematika smp kelas IX





Nah itulah ke 12 soal kesebangunan dan kongruensi yang disertai dengan pembahasan untuk siswa SMP kelas 9. semoga kalian dapat sedikit terbantu dengan soal dan pembahasan tersebut, terimakasih sudah mengunjungi blog sederhana dengan banyak kekurangan sana-sini.

Ditunggu juga sarat serta kritik untuk blog belajar-soal-matematika.blogspot.com yang dapat menjadikan blog ini lebih baik dan bermanfaat.

Simulasi Perhitungan Nilai Akhir Ujian Tahun 2014

Ujian tahun pelajaran 2013/2014 tinggal beberapa bulan lagi, Prosedur pelaksanaan serta kriteria syarat2 kelulusan siswa pun sudah keluar.

Ada  sedikit perubahan dalam perhitungan nilai sekolah, jika tahun lalu bobot nilai raport 40% sedangkan untuk nilai ujian sekolahnya 60%, untuk tahun ini yaitu tahun ajaran 2013/2014 bobot untuk nilai raport lebih tingi dibandingkan dengan nilai ujian nasional nanti yaitu :

Nilai Raport 70% dan Ujian Sekolah 30%

Untuk lebih jelasnya dalam penghitungan nilai akhir siswa silahkan anda download rumus simulasi penilaian menggunakan microsoft exel seperti nampak pada gambar dibawahini

simulasi perhitungan nilai akhir ujian tahun 2014

Silahkan Anda download filenya disini

Itu saja artikel yang kali ini yang belajar-soal-matematika.blogspot bisa bagikan semoga informasi ini bisa dapat memberikan manfaat.

Terima kasih sudah mengunjungi blog matematika sederhana ini, ditunggu buat para guru, siswa, atau yang lainnya saran dan kritik untuk membangun blog ini lebih baik lagi. sampai jumpa di artikel lainya..

Relasi Pythagoras - Materi Matematika SD

Berikut ringkasan materi dan rumus matematika BAB Relasi pythagoras untuk anak sekolah dasar, jadi buat kalian yang sudah duduk dibangku smp atau sma nggak usah baca materi ini ya :).



Nah itulah contoh soal, rumus dan sedikit materi untuk bab relasi pythagoras semoga dapat membatu adek-adek dalam mempelajari di bab ini.

Tabel Angka Romawi Terlengkap (1-1000)

Ada yang tanya menulis angka romawi 11 itu gimana sih...? saya jawab aja XI, itulah yang jadi alasan kenapa saya posting tabel angka romawi, ternyata seperti kelihatannya mudah tapi banyak anak-anak yang kurang paham untuk menuliskan angka romawi.

Kadang untuk menuliskan angka romawi 8, angka romawi 10, angka romawi 12 atau lain sebagainya anak-anak masih mengalami kesulitan, berikut admin bagikan tabel angka romawi lengkap dari 1 sampai 1000. Jika anda seorang guru silahkan anak didik kalian berikan printout tabel angka romawi berikut agar dapat digunakan sebagai pembelajaran.

angka romawi 8, angka romawi 10, angka romawi 11, angka romawi 12
tabel angka romawi
Silahkan download gambar diatas untuk dapat melihat dengan lebih jelas.

Untuk memudahkan menghafal tabel romawi matematika tersebut kita ambil point penting2nya saja :
Misal 
10 = X
20 = XX
30 = XXX
40 = XL 
50 = L
60 = LX 
70 = LXX
80 = LXXX
90 = XC
100 = C
500 = D
1000 = M

Biasanya penulisan angka romawi yang sering mengalami kesalahan yaitu pada angka 40 dan 90 karena kadang anak-anak sering menuliskan romawi 40 dengan XXXX begitu juga kesalahan dalam penulisan romawi 90 dengan LXXXX ini kesalahan yang sering dilakukan anak-anak.

Ketika kita sudah bisa menghafalkan point-point penting angka romawi diatas tentunya bukan halsulit untuk dapat mentranslate angka-angka dalam bentuk angka romawi :)
misal kita ankan rubah angka 1574
untuk lebih mudahnya kita pecah menjadi 1000+500+70+4 = M+D+LXX+IV
Maka kita akan mendapatkan bahwa angka romawi dari 1574 adalah MDLXXIV

Contoh lainnya penulisan angka romawi kuno : 
‎1. 16 = XVI 
‎2. 35 = XXXV 
‎3. 45 = XLV 
‎4. 79 = LXXIX 
‎5. 99 = IC 
‎6. 110 = CX 
‎7. 999 = CMXCIX 
‎8. 1666 = MDCLXVI 
‎9. 2014 = MMXIV‎
tabel angka romawi lebih dari 1000


Beberapa kekurangan atau kelemahan sistem angka romawi, yakni : 
‎1. Tidak ada angka nol / 0 
‎2. Terlalu panjang untuk menyebut bilangan tertentu 
‎3. Terbatas untuk bilangan-bilangan kecil saja


Cara Menghitung Persentase [%] Keuntungan

Sebelumnya admin minta maaf jika akhir2 ni blog belajar-soal-matematika.blogspot.com jarang update dikarena kesibukan admin di bidang lainnya. Sekarang admin akan memberikan materi yang cukup ringan yaitu mengenai Bagaimana cara menghitung persentase / prosentase keuntungan dari kegiatan perdagangan.

Nah materi ini salah satu bukti bahwa materi matematika bisa langsung diaplikasikan dalam kehidupan kesehari-hari kita. Untuk dapat belajar langsung mengenai cara menghitung persentase keuntungan admin akan memberikan materi ini dengan pembasan menggunakan soal agar dapat dipahami dengan mudah.

Contoh soal menghitung persentase keuntungan

Sebelum menginjak pada contoh soal ada baiknnya kita mengetahui dulu pengertian dari untung dan rugi.

Pengertian Besar Untuk dan Rugi

Untung adalah sebuah kondisi dimana harga penjualan lebih besar daripada harga pembelian. Dapat diartikan seperti:

Untung = Harga Penjualan > Harga Pembelian

Sedangkan arti dari Rugi adalah kondisi dimana harga penjualan lebih kecil dibanding dengan harga pembelian.

Rugi = Harga Penjualan < Harga Pembelian 

Rumus untuk menentukan jumlah keuntungan

Harga Penjualan - Harga Pembelian 

Sedangkan Rumus untuk menentukan jumlah kerugian adalah :

Harga Pembelian - Harga Penjualan 

Contoh :

Pak Jojon Membeli sebuah sepeda anak seharga Rp. 90.000,- . Lalu sepeda tersebut dijual kembali dengan harga Rp. 100.000,-. Pertanyaannya:
a. Untung atau Rugi kah Pak Jojon dalam jual beli sepedanya ?
b. Berapa Besar Keuntungan/Kerugian Pak Jojon yang didapat?

Jawaban :

Karena soal poin a. dari pertanyaan diatas hanya menanyakan Untung atau Rugi kah Pak Jojon, dan dari soal tersebut dapat kita ketahui bahwa:

RP. 100.000 > RP. 90.000, dengan kata lain

Harga Jual > Harga Beli, maka Pak Jojon Untung.

Sedangkan untuk poin b, karena Pak Jojon mendapat keuntungan dari hasil penjualan tersebut, maka rumus yang harus digunakan adalah Harga Penjualan - Harga Pembelian. Jadi:

Besar Keuntungan = Harga Penjualan - Harga Pembelian

Besar Keuntungan = Rp. 100.000,- - Rp. 90.000,- 

Besar Keuntungan = Rp. 10.000,-

Jadi, Keuntungan Pak Jojon sebesar Rp. 10.000,-

Lanjut dengan Menentukan pesentase keuntungan :

Kita sudah mengetahui bahwa keuntungan yang didapat oleh pak jojon yaitu Rp. 10.000,-

Rumus persentase :

Presentasi Untung = Untung : Harga Pembelian x 100 %

Presentasi Untung = 10.000 : 90.000 x 100 %

Presentasi Untung = 0,1 x 100 %

Presentasi Untung = 10 %

Jadi, prosentase keuntungan dari soal diatas adalah 10 %.

Ingat :

Rumus Persentase untung dan rugi 

rumus persentase untung dan rugi

Sekian dulu materi matematika tentang menghitung persentase keuntungan dagang yang bisa admin berikan semoga dapat memberikan kepahaman pada kita kita semua. Sampai jumpa di artikel matematika lainnya.


Tips dan Metode Cara Mudah Belajar Matematika

Metode belajar matematika !

Pernah anda mempelajari sesuatu saat dalam keadaan tegang ataupun stress, takut, tidak nyaman dan anda tidak tahu apa gunanya? Apakah disaat seperti itu anda dapat memahami dan menyerap sebuah materi dengan mudah? Bagaimana jika anda belajar matematika, yang kesannya rumit dan penuh dengan angka-angka, disampaikan dengan cara yang lebih menyenangkan dan membangkitkan gairah belajar anda sehingga murid yang meminta-minta untuk belajar?

Buat dan ciptakan sebuah cara belajar matematika yang menyenangkan akan membantu anda dalam proses pemahaman matematika sepenuhnya, ya benar !! sebenarnya ini tugas seorang guru yang harus melakukan pendekatan psikologis kepada anak dan menemukan cara mudah belajar matematika.

Jika anda seorang guru matematika seharusnya anda melakukan inovasi ini, sekarang kewajiban seorang guru tidak hanya sekedar mentransfer ilmunya saja, menyampaikan apa-apa yang kalian dapat dari guru-guru kalian terdahulu dengan menyuguhkan kepada anak tanpa bumbu-bumbu penyedap.

metode mudah belajar matematikaKeadaan sekarang dengan keadaan kalian ( guru ) sudah berbeda jauh, sikap dan mental anak-anak jaman sekarang yang tidak bisa kita samakan lagi dengan anak-anak jaman dahulu. Guru harus kreatip...? Guru harus mampu menemukan metode yang tepat untuk anak didik yang sedang diajar karena kelas satu dengan kelas lainnya emosinya sudah berbeda, disini guru dituntut untuk mampu membuat banyak metode menyesuaikan kelas yang sedang diajar.


Cara Mudah Belajar Mencintai Matematika

Matematika dicap sebagai pelajaran yang paling ditakuti oleh kebanyakan siswa. Hal ini membuat pelajaran matematika dibenci siswa. Padahal matematika benar benar berguna bagi kehidupan sehari hari. Para pedagang, tukang bangunan, tukang Las, bahkan tukang parkir pun menggunakan matematika untuk menghitung uang yang didapatkan dari pengendara.

Matematika adalah kunci dari pelajaran sains, ( BACA : Filosofi matematika sebagai ratu ilmu pengetahuan ), baik itu Ekonomi, Fisika, Akuntansi dan Kimia karena materi pelajaran tersebut tidak dapat dipahami tanpa mempelajari dasarnya yaitu matematika. Namun yang jadi permasalahan adalah bagaimana cara mudah belajar matematika? terkesan meremehkan :) sebenarnya tidak ada cara mudah dalam mempelajari pelajaran matematika yang ada adalah "Cara yang benar dalam belajar matematika". Dibutuhkan kesabaran serta kegigihan tinggi untuk berusaha, tapi dengan niat kuat saya yakin kita bisa menguasai matematika
cara belajar matematika yang baik
.

Berikut Tips Untuk Menguasai Matematika :

1. Luruskan Niat

Pertama, yang wajib kita lakukan adalah “Meluruskan Niat” dalam proses belajar matematika, janganlah belajar matematika hanya untuk mendapatkan nilai bagus unutk syarat lulus mata ujian Matematika. Karena hal ini akan berdampak saat kita telah melewati ujian/test, maka kita akan meninggalkan dan melupakan materi matematika yang telah kita pelajari. Niatkan belajar matematika kita untuk menambah pengetahuan. Dengan belajar matematika, daya nalar otak kita akan lebih terasah dengan baik sehingga mudah menerima pelajaran lain. INGAT sekali lagi, jangan berorientasi kepada Hasil ujian, tapi berorientasi pada Proses belajarnya.

2. Kenali, pahami kemudian CINTAI keindahan matematika

Point ini paling penting dalam proses belajar matematika. Akan sangat mudah apabila mempelajari sesuatu jika kita dapat mencintainya terlebih dulu. Bagaimana dapat mencintai matematika jika kita saja tidak mengenalnya? maka sebelum mencintai kita harus mengenal apa itu matematika, apa fungsi matematika bagi kehidupan sehari hari. jika kamu dapat mengenalnya, maka kamu akan lebih tahu bahwa matematika sangatlah dibutuhkan didalam kehidupan sehari hari, contoh sederhana, ketika tukang bangunan mengerjakan sebuat Fondasi rumah, maka dia harus menghitung secara teliti agar pondasi tidak timpang, maka dari itu digunakanlah beberapa rumus matematika. Maka Tanamkanlah dalam pemikiran kita bahwasannya matematika itu sesuatu yang sangat berguna, menarik dan sebagai teka-teki menyenangkan untuk dipecahkan. Jika kita dapat mencintainya, Semua rumus yang kelihatan rumit tiba tiba akan menjadi sangat mudah untuk dipelajari. kira-kira begitulah kekuatan cinta, yang kotoran kucing pun bisa jadi coklat :-)

3. Berdoa

Sebelum memulai mempelajari matematika, ada baiknya berdoa agar Tuhan memberi kemudahan bagi untuk memecahkan setiap persoalan yang terdapat dimateri yang kita pelajari. Bukankah Tuhan itu Maha Mengetahui? Maka mintalah kepada-NYA sedikit pengetahuan agar kita dapat memahami materi matematika yang kita pelajari. Selain itu agar kita dapat tetap konsisten dalam belajar dan gigih berusaha, serta tidak mudah untuk putus asa dalam belajar. Do'a juga bagian yang tidak boleh kita lupakan.

4. Banyak Latihan dan Belajar

3 point sebelumnya akan sangat tidak berguna jika kamu tidak mengambil langkah untuk segera belajar dan banyak berlatih dengan RAJIN dan juga KONSISTEN. terkadang kita semangat sekali untuk belajar, namun ada juga saat dimana ketika malas sekali untuk belajar. Maka disini butuh kedisiplinan dalam mempelajari matematika. Dalam 1 hari tidak perlu meluangkan banyak waktu untuk belajar, cukup sedikit namun tetap kontinyu. Matematika adalah ilmu hitung, tentu akan menjadi semakin baik belajar ilmu hitung dengan banyak berlatih menghitung. perbanyak latihan membahas soal, karena jika sudah terbiasa, maka akan mudah untuk menyelesaikan soal yang sama dikemudian hari. Selain itu juga dapat membantu pemahaman kita pada matematika semakin mendalam.

6 tahap cara belajar matematika yang baik:

a. Pahami Materi dengan rumus rumusnya
b. kelompokan rumus rumus yang ada
c. mulai mengerjakan soal-soal yang ada pembahasannya.
d. kerjakan soal tadi tanpa liat pembahasan.
e. kerjakan soal lain yang tipenya sama.
f. Terus berlatih soal-soal yang lain.
g. jangan hanya belajar dari satu buku, karena biasanya ada buku yang tidak menjelaskan persamaan secara detail sehingga susah untuk dipelajari. Jadi disarankan agar mencari buku referensi yang lain agar semakin mudah dalam mempelajari.

tips mudah belajar matematika
Jika menyelesaikan soal pilihan ganda, pertama-tama baca dulu sebagian jawaban, lalu bacalah pertanyaannya, lalu lihat lagi jawaban semuanya, baru cari jawaban (dengan cara ini… kamu akan tahu maksud dari soal itu)

5. Tiada kata “Aku Tak Bisa” dan “Putus Asa”

Putus Asa merupakan sebuah penyakit yang sering ditemui setiap orang ketika akan berusaha untuk mendapatkan sesuatu. Ketika belajar matematika, hindarilah kata putus asa, ketika kita menemukan soal rumit,maka segera minta bantuan pada guru matematika atau teman yang sudah lebih memahami. sebisa mungkin jauhkan diri kita dari mengucapkan “Aku Tak Bisa” karena hal tersebut hanya dapat memperburuk keadaan, ketika kamu merasa tidak bisa mengerjakan, maka katakanlah “Aku Pasti Bisa”!! Beri semangat dan motivasi untuk diri kita sendiri, karena semua permasalahan pasti ada pemecahannya..

6. Sabar..

Sabar dalam belajar matematika, sabar dalam memecahkan persoalan matematika, sabar dalam melaksanankan segala sesuatu, dan Tuhan bersama dengan orang-orang yang sabar.

Tips tips diatas sangat berguna dalam memahami cara belajar matematika yang baik. selain itu kita juga harus mengetahui Cabang-cabang Matematika yang sangat perlu kita kuasai.



belajar matematika itu pentingBeberapa cabang yang mendasar dan bermanfaat luas dalam pengembangan ilmu Matematika:


1) Arimatika. Semua hal tentang tambah, kurang, kali, bagi. Cabang Matematika yang paling sering digunakan dalam hidup ini, bahkan oleh orang yang tidak suka Matematika sekalipun!

2) Geometri. Ilmu yang membahas bentuk, bidang, dan ruang suatu benda (terutama luas dan volume). Insinyur dan arsitek yang kompeten pasti menguasai cabang Matematika ini.

3) Aljabar. Manipulasi operasi arimatika untuk mencari suatu nilai yang tidak diketahui (biasanya dinyatakan dalam variabel x dan y). Ahli komputer dan programming termasuk mereka yang wajib menguasai aljabar. Bahkan ketika kecil, einstein mulai belajar matematika dari Aljabar ini.

4) Trigonometri. Cabang matematika yang didedikasikan untuk mempelajari semua properti pada segitiga (terutama sudut dan sisi) beserta manipulasinya. Trigonometri juga harus dikuasai oleh para insinyur dan arsitek.

5) Kalkulus (deret, limit, turunan, differensial, dan integral). Cabang matematika yang WAJIB dikuasai ilmuwan dan insinyur. Ilmu kalkulus mempelajari laju perubahan sesuatu, penjumlahan sesuatu yang banyak sekali menuju suatu nilai pasti, sampai pendekatan yang luar-biasa akurat untuk menghitung sesuatu yang “nyaris” mustahil dipecahkan untuk dihitung menggunakan operasi matematika biasa.

Rumus Persamaan Identitas Trigonometri

Identitas trigonometri, kali ini belajar-soal-matematika.blogspot.com akan memberikan materi pada bab trigonometri,

Persamaan identitas trigonometri

persamaan identitas trigonometri








Seperti yang ditunjukkan gambar itulah yang dinamakan dengan identitas trigonometri, sekarang kita akan cari tau bagaimana koq bisa sampai ketemu rumus kayak gitu, berikut pembuktian persamaan identitas trigonometri ditas:

seperti kita ketahui bersama bahwa

 maka didapat
http://belajar-soal-matematika.blogspot.com/2014/02/persamaan-identitas-trigonometri.html

Dan untuk rumus kedua dan ketiga tinggal mengikuti persamaan identitas trigonometri yang pertama, silahkan kalian otak-atik sendiri agar menemukan jawaban yang sesuai.

Oke segitu aja postingannya mohon maaf kalo artikel rumus persamaan identitas trigonometri ini acak2an, soalnya lagi males banget nih bikin artikel, lagi galau kata anak2 muda jaman sekarang, sory sory kok malah jadi curhat ya he he

Meski artikelnya sederhana semoga dapat memberikan manfaat yang luar biasa. sampai jumpa dilain kesempatan, apa bila ada pernyaan bisa kalian kirimkan melalui kontak atau komen pada postingan ini. tetap semangat.

Download Tabel Perkalian Terlengkap

Tabel perkalian, apa sih fungsinya ?
kalo kita sudah menghafal banyak perkalian mungkin kita tidak membutuhkan lagi tabel perkalian untuk membantu kita dalam berlajar perkalian matematika. Masih ingat waktu SD dulu saya memiliki buku yang bagian sampul belakangnya ada tabel perkalian matematikanya. Kalian punya?

Tapi ya namanya juga dulu tabelnya ya seperti itu0itu saja nggak ada perkembangan padahal tabel perkalian matematika tidak hanya seperti itu saja jadi tampak menjenuhkan, tanpa warna warni :) tapi senangnya tabel itu membantu pada saat mengikuti ujian he he he

kali ini belajar-soal-matematika.blogspot.com akan memberikan tabel perkalian matematika yang dapat membantu kalian belajar juga, selain tabel perkalian secara tidak langsung tabel perkalian ini juga dapat digunakan sebagai tabel kuadrat. kok bisa silahkan lihat saja gambar berikut.

tabel perkalian matematika

silahkan lihat bagian gambar tabel perkalian tersebut yang berwarna merah diagoal dengan bilangan 0, 1, 4, 9, ....144 nah itulah yang admin sebut sebagai tabel kuadratik, ada yang menemukan pola dalam tabel perkalian tersebut?

Ya benar nilai angka-angka yang ada di atas diagonal dan di bawah diagonal kuadrat menunjukkan angka-angka dengan nilai sama.

silahkan kalian pelajari tabel perkalian matematika tersebut kalo mau ya silahkan dbuat sampai angka 100 menggunakan microsoft exel. saya yakin kalian bisa.

untuk mendownload tabel perkalian tersebut silahkan save as aja gambarnya. terimakasih sudah berkunjung dan sampai jumpa lain waktu.

Cara Belajar Operasi Hitung Campuran

Operasi hitung campuran, kadang siswa sulit untuk menentukan bagaimana sih cara belajar perasi hitung campuran? manasih yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Itu yang menjadi tantangan seorang guru untuk memberikan kepahaman kepada anak didiknya.

Untuk memberikan cara belajar operasi hitung kali ini, belajar-soal-matematika.blogspot.com akan memberikan contoh mengenai cara menentukan selisih usia Ayah dan Ibu, untuk mengerjakan operasi hitung campuran kita akan menggunakan Rumus matematika KABATAKU ( kali, bagi, tambah, kurang )

operasi hitung campuran pada pecahan berlaku beberapa aturan antara lain :

  • Perkalian dan pembagian dikerjakan terlebih dahulu daripada penjumlahan dan pengurangan.

operasi hitung campuran










  • Jika dalam soal terdapat tanda kurung, kerjakan terlebih dahulu yang diberi tanda kurung
operasi hitung campuran pecahan





















Untuk memperdalam materi operasi hitung campuran pada pecahan mengenai bentuk perkalian dikerjakan terlebih dahulu dan ubahlah bentuk pecahan campuran menjadi pecahan biasa dapat anda lihat pada contoh soal seperti dibawah ini

Soal:
Diketahui:
  • Jumlah Umur Ayah dan Umur Ibu adalah 90 tahun
  • Umur ayah : umur ibu = 8 :7
ditanyakan berapakah umur ayah?
jawab :
soal operasi hitung campuran

Nah sekian dulu artikel mengenai Operasi Hitung Campuran, semoga kalian bisa memahami dan memberikan kepahaman pada teman saudara tetangga atau yang lainnya he he :D, terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, silahkan di share jika menurut anda artikel matematika ini bermanfaat.

 

Tanya Kami

Pelajari Juga