Alat Peraga Matematika SD (suhu dan pecahan)

Sebelumnya admin juga sudah pernah posting mengenai Alat peraga - apa dan bagaimana ? di artikel tersebut juga sudah di kaji mengenai alat peraga matematika khususnya untuk materi peluang dan kali ini admin kasih judul "alat peraga matematika SD" apa isinya? yuuk simak bareng-bareng.

Artikel ini merupakakan ringkasan dari makalah yang dibuat oleh Drs. Ahmadin Sitanggang, M.Pd dari LPMP sumut yang berjudul " alat peraga matematika sederhana untuk sekolah dasar". Sebelum menginjak ke pokok bahasan utama ada baiknya kita mengulang apa itu pengertian alat peraga matematika ?

Pengertian Alat Peraga Matematika

Alat peraga merupakan bagian media pembelajaran yang dapat diartikan sebagai semua benda yang digunakan sebagai perantara dalam  proses  pembelajaran.  Tujuan  dasar  penggunaan  media  pembelajaran yakni untuk memperjelas instrumen yang akan disampaikan, dapat merangsang perhatian,  pikiran, dan kemampuan  siswa,  alat peraga juga harus  dapat  meningkatkan  efektifitas  dan  kelancaran  dalam proses  belajar, terutama dalam  hal memperjelas  materi  yang sedang dipelajari,  sehingga pada akhirnya  dapat mempercepat proses  perubahan  tingkah  laku  siswa.

Fungsi alat peraga

Alat peraga matematika mempunyai beberapa fungsi antara lain :
  • memberikan motivasi pada siswa
  • memperkenalkan, memperbaiki, serta meningkatkan pengertian konsep dan fakta
  • mempermudah abstraksi
  • memberikan  variasi  pengajaran  sehingga  siswa  tidak terlalu bosan  dengan  teori 
  • efisiensi waktu dalam belajar mengajar karena siswa lebih mudah mengerti
  • mengembangkan suatu topik bahasan
  • menunjangkan  matematika  di luar  kelas  untuk  dapat menunjukkan  penerapan matematika dalam keadaan yang sebenarnya.

Syarat-syarat Pembuatan Alat Peraga

Alat peraga matematika terdiri dari dua jenis yaitu alat peraga asli dan alat peraga bend tiruan, untuk mendapatkan fungsi dan manfaat alat peraga matematika agar sesuang yang diharapkan dari pengajar maka sangat perlu untuk memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
  • Bentuknya sederhana  dan  lebih tahan  lama  (tidak  cepat rusak )
  • Jika ada lebih baik menggunakan barang yang murah dan mudah didapat
  • Mudah dalam penyimpanan serta penggunaannya
  • Memperlancar dalam pengajaran dan mempermudah dalam proses pemahaman bukan sebaliknya
  • Harus disesuaikan dengan usia anak
  • Jika dapat memungkinkan untuk dapat digunakan dalam beberapa topik, itu lebih baik
  • Bentuk dan warna dapat menarik perhatian siswa.
Tidak semua materi matematika dapat dibuatkan alat peraga, kadang juga ada yang bisa dibuatkan alat perga tapi justru dapat mempersulit pemaaman siswa.

 Beberapa Alat peraga Matematika SD

Nama alat peraga : Cerukaf
alat peraga matematika cerukaf
Cerukaf
Kegunaan :
  • Alat peraga ini dapat menunjukkan pada siswa perbandingan  suhu pada skala yag berbeda dengan sekali proses
  • Dapat membuktikan bahwa perbandingan suhu yang dilakukan secara manual ( peghitungan) menunjukkan nilai yang sama pada pengukur sebenarnya
  • Dapat mempermudah dalam memahami konsep perhitungan antara perbandingan suhu skala derajat satu dengan lainya.
Cara penggunaan :
Untuk dapat mengetahui derajat dari suhu yang ditanyakan, tariklah tali yng terdapat diatas hingga jarum dapat menunjukkan derajat suhu yang diketahui. Maka suhu yang sejajar dengan derajat suhu yang sdah diketahui adalahh nilai suhu yang ditanyakan, selanjutnya tarik kembali tali yang tersebut agar posisi kembali semula.

Nama Alat peraga : Permainan kartu pecahan

Bentuk alat peraga :

Alat peraga matematika untuk materi pecahan ini berbentuk kartu bilangan dimana setiap kartu berisi bilangan-bilangan matematika. Disini kita menggunakan dua kartu yaitu : kartu pecahan senilai dan kartu persen-pecahan. Setiap kartu terdapat dua bagian yang berisi soal- yang harus dikerjakan. Julah kartu silahkan disesuaikan dengan kebutuhan atau disamakanjumlah kartu domino atau lainnya.

Kegunaan Alat peraga :
Ada 2 jeis kartu dalam peraga permanan kartu pecahan :
  • Kartu Permainan persen-pecahan
alat peraga matematika sd persen pecahan Kartu ini digunakan untuk melatih siswa dalam mengubah bentuk persen ke pecahan atau sebaliknya

  • Kartu Pemainan pecahan senilai
alat peraga matematika pecahan senilai Untuk jenis kartu yang ini digunakan untuk melatih mencari suatu pecahan yang nilainya sama besar



Cara memainkan :
Permainan matematika ini dapat dimainkan 2,3 maupun 4 siswa, kartu dikocok lalu dibagikan kepada siswa sebanyak 5/6 kartu untuk setiap siswa. buka satu kartu dari sisa kartu yang tidak terbagi. Kemudian pemain menyambung susunan kartu secara bergantian, misal kartu pecahan disambung dengan nilai persen yang sesuai atau sebaiknya. Bisa juga kartu pecahan desimal disambung dengan pecahan biasa yang senilai danseterusnya.

Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut :
susunan permainan kartu pecahan

Demikian artikel alat peraga matematika SD yang bisa admin share, semoga bermanfaat
Poskan Komentar
 

Tanya Kami

Pelajari Juga