Sebelumnya admin juga sudah pernah posting mengenai Alat peraga - apa dan bagaimana ? di artikel tersebut juga sudah di kaji mengenai alat peraga matematika khususnya untuk materi peluang dan kali ini admin kasih judul "alat peraga matematika SD" apa isinya? yuuk simak bareng-bareng.
Artikel ini merupakakan ringkasan dari makalah yang dibuat oleh Drs. Ahmadin Sitanggang, M.Pd dari LPMP sumut yang berjudul " alat peraga matematika sederhana untuk sekolah dasar". Sebelum menginjak ke pokok bahasan utama ada baiknya kita mengulang apa itu pengertian alat peraga matematika ?
Pengertian Alat Peraga Matematika
Alat peraga merupakan bagian media pembelajaran yang dapat diartikan sebagai semua benda yang digunakan sebagai perantara dalam proses pembelajaran. Tujuan dasar penggunaan media pembelajaran yakni untuk memperjelas instrumen yang akan disampaikan, dapat merangsang perhatian, pikiran, dan kemampuan siswa, alat peraga juga harus dapat meningkatkan efektifitas dan kelancaran dalam proses belajar, terutama dalam hal memperjelas materi yang sedang dipelajari, sehingga pada akhirnya dapat mempercepat proses perubahan tingkah laku siswa.
Fungsi alat peraga
Alat peraga matematika mempunyai beberapa fungsi antara lain :- memberikan motivasi pada siswa
- memperkenalkan, memperbaiki, serta meningkatkan pengertian konsep dan fakta
- mempermudah abstraksi
- memberikan variasi pengajaran sehingga siswa tidak terlalu bosan dengan teori
- efisiensi waktu dalam belajar mengajar karena siswa lebih mudah mengerti
- mengembangkan suatu topik bahasan
- menunjangkan matematika di luar kelas untuk dapat menunjukkan penerapan matematika dalam keadaan yang sebenarnya.
Syarat-syarat Pembuatan Alat Peraga
Alat peraga matematika terdiri dari dua jenis yaitu alat peraga asli dan alat peraga bend tiruan, untuk mendapatkan fungsi dan manfaat alat peraga matematika agar sesuang yang diharapkan dari pengajar maka sangat perlu untuk memperhatikan hal-hal sebagai berikut :- Bentuknya sederhana dan lebih tahan lama (tidak cepat rusak )
- Jika ada lebih baik menggunakan barang yang murah dan mudah didapat
- Mudah dalam penyimpanan serta penggunaannya
- Memperlancar dalam pengajaran dan mempermudah dalam proses pemahaman bukan sebaliknya
- Harus disesuaikan dengan usia anak
- Jika dapat memungkinkan untuk dapat digunakan dalam beberapa topik, itu lebih baik
- Bentuk dan warna dapat menarik perhatian siswa.
Beberapa Alat peraga Matematika SD
Nama alat peraga : Cerukaf
Cerukaf |
Kegunaan :
- Alat peraga ini dapat menunjukkan pada siswa perbandingan suhu pada skala yag berbeda dengan sekali proses
- Dapat membuktikan bahwa perbandingan suhu yang dilakukan secara manual ( peghitungan) menunjukkan nilai yang sama pada pengukur sebenarnya
- Dapat mempermudah dalam memahami konsep perhitungan antara perbandingan suhu skala derajat satu dengan lainya.
Untuk dapat mengetahui derajat dari suhu yang ditanyakan, tariklah tali yng terdapat diatas hingga jarum dapat menunjukkan derajat suhu yang diketahui. Maka suhu yang sejajar dengan derajat suhu yang sdah diketahui adalahh nilai suhu yang ditanyakan, selanjutnya tarik kembali tali yang tersebut agar posisi kembali semula.
Nama Alat peraga : Permainan kartu pecahan
Bentuk alat peraga :
Alat peraga matematika untuk materi pecahan ini berbentuk kartu bilangan dimana setiap kartu berisi bilangan-bilangan matematika. Disini kita menggunakan dua kartu yaitu : kartu pecahan senilai dan kartu persen-pecahan. Setiap kartu terdapat dua bagian yang berisi soal- yang harus dikerjakan. Julah kartu silahkan disesuaikan dengan kebutuhan atau disamakanjumlah kartu domino atau lainnya.
Kegunaan Alat peraga :
Ada 2 jeis kartu dalam peraga permanan kartu pecahan :
- Kartu Permainan persen-pecahan
- Kartu Pemainan pecahan senilai
Cara memainkan :
Permainan matematika ini dapat dimainkan 2,3 maupun 4 siswa, kartu dikocok lalu dibagikan kepada siswa sebanyak 5/6 kartu untuk setiap siswa. buka satu kartu dari sisa kartu yang tidak terbagi. Kemudian pemain menyambung susunan kartu secara bergantian, misal kartu pecahan disambung dengan nilai persen yang sesuai atau sebaiknya. Bisa juga kartu pecahan desimal disambung dengan pecahan biasa yang senilai danseterusnya.
Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut :
Demikian artikel alat peraga matematika SD yang bisa admin share, semoga bermanfaat