Materi matematika SD kelas 5 Semester 2

Saya sudah pernah share Materi matematika SD kelas 5 semester 1 dan 2, jadi di post ini saya nggak share materi matematika itu lagi silahkan anda menuju link tersebut saja, oke?.

x : terus mau share apa ?
y : rumus cepat ya...?
x : bukan.
y : terus? soal-soal matematika nih...?
x : bukan juga
y : rumus bukan, soal bukan, apa dong...?
x : permainan matematika

nah kali ini akan saya bagikan sebuah permainan matematika, buat selingan aja biar nggak penat-penat amat tuh otak.

Permainan Matematika Menebak Tanggal Lahir


Ya, kali ini belajar-soal-matematika.blogspot.com akan share permainan matematika sederhana tapi menarik, :) karena dengan permainan ini kita bisa mengetahui tanggal lahir seseorang melalui perhitungan angka. 

misal anda memiliki seseorang yang sedang ditaksir lalu ingin mengetahui hari ulang tahunnya, maka dapat menggunakan permainan ini untuk bisa mengetahui hari ulang tahunnya.
Begini caranya:

yang perlu anda lakukan adalah suruh teman anda untuk melakukan perhitungan-perhitungan ini:
1. mengalikan tanggal lahirnya dengan 5 
2. hasilnya tambahkan dengan 6
3. hasil langkah 2 kalikan dengan 4
4. hasil langkah 3 tambahkan dengan 9 
5. hasil langkah 4 kalikan dengan 5 
6. hasil langkah 5 tambahkan dengan bulan kelahirannya

Setelah langkah 1 sampai dengan 6 selesai, minta teman anda untuk memberitahu hasil perhitungannya, lalu anda kurangi hasil itu dengan angka kunci, yaitu 165 nah sekarang anda sudah mengetahui tanggal lahirnya.

Contoh:
Hasil perhitungan melalui langkah 1 sampai dengan 6 adalah 2767.
kemudian hasil itu dikurangi 165 , jadi 2767-165 = 2602, yaitu tanggal 26 bulan 02

simpel bukan temen anda pusing perkalian, dan penjumlahan anda cuman mengurangi dengan angka 165 aja :)

sebenarnya masih ada cara lain yang lebih asik tanpa perkalian atau penjumlahan tapi bisa tau tanggal lahir teman anda, makanya pantengin terus blog ini atau like FPnya.

segitu dulu postingnya , sampai bertemu diartikel lainnya ya... oia jangan lupa tuh dipelajari materi matematika kelas 5 nya :)

Silabus Matematika SMA Kelas x Semester 1 dan 2

Pagi dunia pendidikan indonesia !!! hari ini saya ingin saya posting Silabus yang tentunya sangat dibutuhkan oleh guru-guru dalam membantu proses belajar mengajarnya. mau share silabus pelajaran apa nih ? ya tentunya matematika dong lihat aja judulnya " Silabus Matematika SMA Kelas x Semester 1 dan 2 " masak mau share silabus bahasa inggris ato bahasa indonesia.

silahkan lihat silabus matematikanya seperti embed dibawah ini :


nah udah liatkan silabus matematikanya kayak apa, semoga bermanfaat dan sesuai dengan yang sedang anda cari, terima kasih sudah berkunjung di artikel matematika saya "Silabus matematika SMA kelas x semester 1 dan 2

ditunggu feedbacknya yah.

pembahasan soal operasi aljabar pada bentuk akar

Kali ini kita akan membahas soal operasi aljabar pada bentuk akar materi yang terdapat di SMA kelas x, untuk melihat materinya silahkan unduh di BSE matematika SMA kelas X kurikulum 2013 yang sudah pernah saya share.

diartikel matematika ini saya sediakan beberapa soal tentang operasi aljabar pada bentuk akar disertai dengan pembahasannya. silahkan kalian pelajari persoalan matematika ini dengan seksama ya,


sekian dulu artikel matematika di belajar-soal-matematika.blogspot.com semoga dapat membantu kalian semua memahami persoalan matematika tentang operasi aljabar  pada bentuk akar.

mudah2an artikel sederhana ini dapat membantu kalian dan jangan lupa membagi dengan teman agar kita semua bisa memahami semua persoalan matematika.

sampai ketemu diartikel selanjutnya, see you...

contoh soal dan pembahasan pangkat bulat positif

Diartikel sebelumnya sudah saya share tentang pangkat bulat negaitf, nah untuk kali ini kebalikannya pangkat bulat negatif yaitu pangkat bulat positif, di soal yang akan saya bagikan berisi soal dan pembahasan seperti bagaimanasih mengalikan bilangan atau variabel yang berpangkat positif, cara membagi variabel berpangkat positif, variabel berpangkat kemudian di pangkatkan lagi dan lain sebagainya

nah untuk dapat mempelajari persoalan-persoalan matematika dengan tipe seperti tadi silahkan baca, pelajari dan pahami soal-soal dan pembahasan tentang pangkat bulat positif berikut.



itulahlah contoh soal dan pembahasannya semoga kalian bisa mempelajari dengan seksama untuk selanjutnya bisa kalian pahami he he he...

Oia untuk lebih optimalnya usahakan kalian untuk mencoba persoalan matematika tersebut terlebih dahulu setelah selesai kalian baru lihat pembahasannya, dengan begitu kalian bisa tau dimana letak kesalahan-kesalahan kalian dalam proses mengerjakan persoalan matematika tersebut.

sekian dari saya terimakasih sudah mau berkunjung diblog sederhana ini dan jangan lupa bagikan juga ilmu anda jika anda sudah mengerti oke salam matematika sampai ketemu diartikel lainnya.

cara merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar

Kembali lagi dengan belajar-soal-matematika.blogspot.com sesuai dengan judul diatas yaitu cara merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar, terus bagaimana caranya menyelesaikan persoalan matematika seperti itu? makanya belajar yang giat ya agar kalian dapat benar-benar menguasai dan memahami persoal-persoalan matematika, untuk mendukung kalian dalam belajar matematika nih saya share beberapa soal dan pembahasan bagaimana cara merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar.



nah itu soal-soal dan pembahasannya jangan diliatin aja, dipelajari dong dicoba satu persatu apabila menemukan kesulitan tinggal liat pembahasannya saja. itu dulu pembahasannya tentang dunia matematika untuk kali ini semoga dapat membantu anda dalam mempelajari ilmu matematika. tetap semangat jangan mau kalah dengan angka-angka yang cuma ada 10 digit oke...

sampai bertemu di artike soal dan pembahasan matematika selanjutnya tentunya di blog kesayangan kita bersama belajar-soal-matematika.blogspot.com

soal dan pembahasan pangkat bulat negatif dan nol

bagaimanasih menyatakan sebuah pangkat negatif menjadi bilangan dengan pangkat positif, nah inilah yang akan kita kaji pada artikel ini untuk membantu anda dalam menyelesaikan persoalang pangkat bulat negatif menjadi positif ataupun sebaliknya dibawah ini saya sajikan beberapa soal pangkat bulat positif disertai dengan pembahasannya. langsung saja read this :


nah itulah soal dan pembahasan pangkat bulat negatif mudah2an sedikit banyak dapat membantu anda dalam proses belajar untuk memahami materi tentang pangkat bulat negatif ini.

sekian dulu artikel ini dan tolong bantu admin buat sharenya yah, agar teman-teman kalian juga bisa ikut belajar matematika bersama kita semua disini, salam matematika dan sampai ketemu di artikel lainnya

Cara menyelesaikan persamaan pangkat sederhana

Bagaimana sih Cara menyelesaikan persamaan pangkat sederhana ? berikut ada beberapa soal dan pembahasan tentang persamaan pangkat sederhana. dengan soal-soal matematika ini mudah-mudahan bisa menjadi sarana belajar kalian untuk bisa memahami tentang bab persamaan berpangkat.

oke langsung saja silahkan lihat soal dan pembahan persamaan pangkat sederhana dibawah ini




Bagaimana? mudah bukan untuk menyelesaikan persamaan perpangkatan, terus berlatih ya jangan bosan-bosan agar kalian benar-benar menguasai ilmu matematika sepenuhnya oke?

sekian dulu ya moga bermanfaat artikel yang saya bagikan ini dan jangan lupa untuk membagikannya pada teman-teman kalian juga agar kawab kalian juga bisa belajar memahami materi matematika yang satu ini.

soal mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma

soal dan pembahasan kali ini tentang bagaimana cara mengubah bentuk perpangkatan kedalam bentuk logaritma, sedikit mirip dari artikel sebelumnya yang berjudul soal logaritma dan pembahasannya

silahkan lihat soal-soal mengubah bentuk pangkat ke logaritma dibawah ini :


selamat belajar untuk mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma atau sebaliknya mengubah bentuk logaritma kedalam bentuk-bentuk perpangkatan teruslah berlatih untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

oia di file tersebut juga sudah ada pembahasan bagaimana menyelesaikan persoalan logaritma tersebut, semangat dan pasti kalian akan bisa.

sekian artikel tentang mengubah bentuk pangkat ke logaritma semoga dapat bermanfaat dan terima kasih sudah mau berkunjung diblog sederhana ini dan terima kasih juga yang sudah mau share untuk membantu teman-teman kalian.

soal logaritma dan pembahasannya


Dibawah ini  ada 6 soal logaritma disertai dengan pembahasannya, silahkan kalian pelajari baik-baik mudah-mudah soal-soal logaritma berikut dapat membantu anda dalam belajar matematika.

saran saya anda jangan langsung melihat pada pembahasannya kalian coba dulu untuk menentukan nilai logaritma atau menyederhanakan logaritma dari soal-soal yang sudah di sajikan kemudian baru anda mencocokkan hasil jawaban anda.

itu saja artikel matematika kali ini mengenai pelajaran logaritma dan semoga bermanfaat, tolong admin buat sharenya yach.

terima kasih dan sampai bertemu diartikel lainnya

9 Trik Matematika dasar

Matematika dasar atau hitung-hitungan dapat membuat banyak orang pusing (buat yang nggak suka sih). nah untuk itu artikel kali ini tentang beberapa trik matematika dasar semoga dapat membantu anda sedikit menghilangkan rasa pusing anda.


9 trik matematika dasar :

1. perkalian dengan 11

Kita semua sudah banyak yang tau trik perkalian dengan angka sepuluh – letakkan 0 di ujung angka saja bukan?, tapi apakah Anda tahu bagaimana trik perkalian dengan dua digit angka yaitu 11..? langsung saja cermati uraian berikut :

Misal angka 52 dikalikan dengan 11, Gunakan bilangan asli dan bayangkan ada spasi di antara dua digit :

5_2

Kemudian tambahkan dua angka tersebut ( 5+2 )  dan letakkan di bagian tengah:

5_(5+2)_2

dan didapat jawabannya: 572.

Bila angka yang di tengah lebih dari 1 digit (contohnya 18), tambahkanlah angka pertama (1) dengan angka didepannya:

9_(9+9)_9

9_18_9

(9+1)_8_9

10_8_9

1089, silahkan dicek apakah jawaban ini benar?.

2. Menghitung bilangan yang diKuadratkan

Bila Anda ingin menghitung kuadrat dari sebuah angka 2 digit dan berakhiran 5, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Kalikan angka pertama dengan angka itu sendiri dan kemudian ditambah 1, dan letakkan ’25' di akhir. lihat hasilnya..

25^2 = ( 2 x (2 + 1) ) & 25

2 x 3 = 6 & 25

625



3. perkalian dengan 5

Banyak orang yang dapat mengingat tabel perkalian 5 dengan mudah (5, 10, 15, 20…), akan tetapi ketika Anda menemukan sebuah jumlah yang lebih besar, maka caranya akan makin rumit – benar bukan?.

jika kalian ingin mengalikan sebuah bilangan dengan 5 yaitu caranya bagikan bilangan tersebut dengan angka 2 kemudian kalikan saja dengan angka 10. Silahkan lihat contoh berikut :

2682 x 5 = (2682 / 2) & 5 atau 0

2682 / 2 = 1341 (bilangan utuh, jadi letakkan 0)

13410

Mari coba yang lain:

5887 x 5 =  5887/2
2943.5 (bilangan pecahan (kalikan dengan 10)
maka menjadi
29435

4. perkalian dengan 9

Yang satu ini lebih sederhana- untuk mengalikan angka berapapun antara 1 - 9 dengan 9, perlihatkan telapak tangan didepan Anda – tutup satu jari yang merupakan angka yang hendak dikalikan (contohnya: 9 x 3 – tutup jari ketiga Anda) – hitung jumlah jari di depan jari yang ditutup (kalau 9 x 3, maka ada 2 jari di depan), kemudian hitung jumlah di belakangnya (kalau 9 x 3, ada 7 jari di belakang) – maka jawabannya 27.

5. perkaliaan dengan 4

Ini merupakan trik paling sederhana dan terlihat asing bagi beberapa orang, tapi tidak bagi yang sudah pernah tau. Trik ini mengalikan dengan dua, kemudian melakukannya lagi, lihat contoh berikut

58 x 4 = ( 58 x 2 ) + ( 58 x 2 ) = ( 116 ) + ( 116 ) = 232

6. Menghitung Tip

Bila Anda perlu untuk meninggalkan tip sebesar 15%, inilah cara mudah untuk melakukannya. Hitung 10% (bagi jumlah tersebut dengan 10) – kemudian tambah dengan jumlah tersebut dengan dibagi dua terlebih dulu, untuk memahaminya silahkan lihat contoh berikut:

15% of $25 = ( 10% dari 25 ) + ( (10% dari 25 ) / 2)

$2.50 + $1.25 = $3.75

7. Perkalian Rumit

Kalau Anda punya jumlah lebih besar untuk dikalikan dan salah satu angka tersebut genap, Anda dapat membaginya dengan cukup mudah untuk mendapatkan jawabannya:

contoh :
32 x 125, sama dengan:
16 x 250 sama dengan:
8 x 500 sama dengan:
4 x 1000 = 4.000

8. Membagi dengan 5

Membagi jumlah besar dengan angka 5 sebenarnya sangat mudah, yang perlu Anda lakukan adalah mengalikannya dengan 2 kemudian dibagi dengan 10:

195 / 5 ?

Tahap 1: 195 * 2 = 390
Tahap 2: dibagi dengan 10, 390/10 = 39

2978 / 5 ?

Tahap 1: 2978 * 2 = 5956
Tahap 2: 595.6

9. Mengurangi dari 1.000

Untuk mengurangi jumlah besar dari 1.000, Anda bisa memakai aturan dasar ini: kurangi semuanya dengan 9 kecuali angka terakhir, kemudian kurangi angka terakhir dengan 10:

contoh
1000 - 648 ?

Tahap 1: kurangi 6 dari 9 = 3
Tahap 2: kurangi 4 dari 9 = 5
Tahap 3: kurangi 8 dari 10 = 2

Jawaban: 352
itulah sedikit trik mengenai perhitungan dalam matematika dasar intinya carilah jalan tercepat untuk mencapai tujuan, saya rasa anda juga dapat menemukat trik yang lebih mudah lagi untuk itu teruslah bersemangat untuk memajukan dunia matematika indonesia.

Tangga Konversi Satuan

Kali ini kita akan belajar mengenai tangga konversi, sudah banyak yang tau kan? apa itu tangga konversi, tangga konversi yaitu tingkatan nilai dari satuan. Dibuatnya tangga konversi agar kita mudah untuk mengingat perbandingan nilai antara satu tingkatan dengan tingkatan yang lain. Kali ini akan saya berikan 4 tangga konversi, yaitu :

  1. Tangga konversi satuan panjang
  2. Tangga konversi satuan massa
  3. Tangga konversi satuan luas
  4. Tangga konversi satuan volum

Tangga Konversi Satuan Panjang

tangga konversi satuan panjang
tangga konversi satuan panjang

cara mudahnya yaitu ketika setiap turun tangga satu tingkat nilai dikalikan 10
misal:
1 km = 10 hm = 100 dam = 1000 m
1 m = 10 dm = 100 cm = 1000 mm
dan ketika setiap naik tangga satu tingkat nilai dibagi dengan 10
misal:
1 m = 0,1 dam = 0,01 hm = 0,001 km
10.000 mm = 1000 cm = 100 dm
1000 m = 1 km


untuk adik-adik sekalian silahkan dicoba dengan nilai-nilai lain misalnya 500 m = ... km atau lain sebagainya sehingga kalian bisa mengerti dan hapal diluar kepala

Tangga Konversi Satuan Massa

Tangga Konversi Satuan Massa/berat
Begitu juga dengan satuan massa atau berat dimana jika naik tangga satu tingkat maka nilai dibagi dengan 10 dan apa bila turun tangga nilai dikali dengan 10.

silahkan kalian membuat contoh sendiri seperti contoh satuan panjang diatas agar kalian bisa lebih memahami.

Saya yakin kalian bisa karena matematika itu mudah.

Tangga Konversi Satuan Luas

tangga konversi satuan luas
Kalo yang ini sedikit berbeda dengan dua tangga konversi diatas lihat saja didalam gambar, ya benar ada pangkat 2 dibelakang satuan.

kalo yang diatas tadi dikali/dibagi dengan 10 kali ini untuk satuan luas dibagi/dikali dengan 100

jadi untuk setiap turun tangga nilai dikalikan dengan 100 dan untuk setiap naik tangga nilai dibagi dengan 100




Contoh :
1 km2 = 100 hm2 = 10.000 dam2 = 1.000.000 m2
untuk yang tingkat tangga silahkan dibuat lagi contohnya lebih banyak contoh lebih baik, banyak berlatih maka akan lebih membantu anda memahami dengan sendirinya

Tangga Konversi Satuan Volume

Tangga Konversi Satuan Volume
nah sampai juga tangga konversi yang terakhir, seperti yang terlihat digambar disamping yang ditunjukkan anak panah, ya benar !!! untuk setiap turun tangga nilai dikalikan dengan 1000 dan jika naik tangga nilai dibagi dengan 1000.

kali ini saya tidak akan memberikan contoh silahkan buat contohnya sendiri jika ragu-ragu contoh yang kalian buat benar atau tidak silahkan tuliskan dikomentar. mari kita bahas bersama.



akhirnya selesai juga, soalnya mata udah berat nih... maklum menulis artikel ini juga pada jam 2.28, wah ternyata udah jam setengah tiga pagi tapi nggak pa pa deh demi belajar-soal matematika.blogspot.com biar berguna bagi kita semua, sampai jumpa dan terima kasih sudah mau berkunjung di artikel Tangga konversi satuan

Soal Ujian Akhir Semester 1 SD Kelas 1,2,3,4,5 dan 6

Soal Ujian Akhir Semester 1 SD Kelas 1,2,3,4,5 dan 6, setelah menghadapi ujian tengah semester tentunya adik-adik juga akan menghadapi ujian akhir semester nah artikel berikut akan saya isi dengan beberapa kumpulan soal ujian akhir semester 1 pelajaran matematika untuk anak SD.

Dengan kumpulan soal-soal berikut mudah-mudahan dapat membantu adik-adik semua dalam menghadapi ujian akhir semester, oia disini tidak hanya saya sediakan soal-soal matematikanya saja lho, kunci jawabannyapun sudah saya siapkan. langsung saja silahkan pilih daftar download soal-soal matematikanya.


itulah beberapa soal beserta kunci jawabannya yang saya dapat dari yomendidikdotwordpressdotcom semoga dapat membantu adik-adik semua dalam menghadapi ujian akhir semester 1 nanti khususnya pelajaran matematika.

Sebenarnya didalam buku sekolah elektonik matematika yang sudah saya share juga ada soal-soal matematikanya juga silahkan kalian buka kembali BSE matematikanya lihat soal-soalnya dan coba dikerjakan apabila ada kesulitan silahkan tanyakan kepada kakak kalian, kalo tidak punya kakak saya juga siap membantu kok.

 Sampai jumpa di artikel lainnya dan terima kasih sudah mau mampir di artikel Soal Ujian Akhir Semester 1 SD Kelas 1,2,3,4,5 dan 6

Cara Mencari Rumus Luas Trapesium

Cara mencari rumus luas trapesium, Kita semua pasti pernah belajar luas trapesium dari mulai sekolah dasar hingga dibangku kuliah atau bahkan ketika menghadapi kehidupan nyata mungkin masih dipakai. Buat kawan-kawan pembaca belajar-soal-matematika.blogspot.com , yang lupa atau ragu-ragu, berikut ini saya coba mengingatkan kembali cara mencari rumus luas trapesium.
rumus mencari luas trapesium sama kaki
rumus luas trapesium

 Luas Trapesium = 1/2 x Jumlah Sisi Sejajar x Tinggi 

nb : sisi sejajar seperti yang ditunjukkan gambar disamping yang berwarna kuning

jika anda ingin tau cara mencari rumus mencari keliling trapesium itu lebih mudah karena hanya tinggal menambahkan semua sisi trapesium yang berjumlah 4, dan untuk mengetahui rumus mencari tinggi trapesium jika belum diketahui juga sangat mudah anda tinggal menarik garis tegak lurus terhadap alas trapesium kemudian gunakan rumus pythagoras.

Contoh Soal Luas Trapesium
cara mencari rumus luas trapesium lengkap
Trapesium


Hitunglah luas trapesium seperti ditunjukan pada gambar disamping






Jawab : L = 1/2 x Jumlah Sisi Sejajar x Tinggi
L = 1/2 x 12 x 8,5
L = 51 cm2

Alternatif jika sobat hitung lupa rumus luas trapesium


Buat kawan yang lupa, mungkin salah satu cara ini bisa digunakan. Pecahlah bangun trapesium tersebut menjadi sebuah persegi panjang dan segitiga

rumus luas trapesium
pecah trapesium menjadi 2 bagian
Jadi hitung satu persatu bangun tersebut misal pertama menghitung luas bangun I yaitu segitiga kemudian luas bangun II yang berbentuk persegi/persegi panjang kemudian jumlahkan kedua luasnya.

 Luas I   = Luas Segi Tiga = 1/2 x alas x tinggi 
 Luas II = Luas Persegi Panjang = P x L 

sekian dulu artikel kali ini semoga bermanfaat, silahkan tuliskan komen anda mengenai artikel cara mencari rumus luas trapesium

Info Olimpiade Matematika Nasional

Artikel sebelumnya tentang seminar matematika kali ini tentang olimpiade matematika, keep share...

Ada info nih tentang akan diadakannya Olimpiade matematika tingkat nasional yang bertempat di jogja, buat kalian-kalian yang hobi dengan matematika atau buat para guru yang akan mengirimkan siswa kebanggaannya untuk mengikuti olimpiade silahkan tidak ada salahnya untuk mencoba karena pengalaman adalah guru yang berharga, betul gak???

Info Olimpiade Matematika Nasional


informasi olimpiade ini saya dapat dari website dinas pendidikan kabupaten bantul yang dirilis pada 23 oktober lalu sebenarnya sih tidak hanya matematika sains dan PKN juga ada. olimpiade matematika, pkn dan sains ini bertujuan agar terciptanya iklim yang kompetitif, meningkatkan kecerdasan siswa dalam mata pelajaran matematika, pkn dan sains, menjunjung tinggi kreatifitas, kejujuran serta sportifitas di kalangan siswa.



Peserta yang dapat mengikuti Olimpiade ini antara lain :


  • Siswa SD/MI sederajat kelas III-VI
  • Siswa SMP/MTS Kelas VII-IX
  • Siswa SMA/SMK/MA Kelas X-XII


Pendaftaran akan dibuka pada 18 November-31 Oktober 2013, Biaya pendaftaran sebesar Rp. 25.000,- per siswa  Tempat pendaftaran National Olympic Committee Olimpiade Sain Terpadu Nasional di Jl. Pogungrejo No 416 Sinduadi Mlati Sleman Yogyakarta 55284 Telepon Saudara Deniar : 081 944 858 989 / 082 135 648 999 / 082 324 694 999

Pemenang Olimpiade akan mendapatkan medali, tropi, sertifikat serta uang pembinaan. Dan diambil dari juara I, II, III serta Juara Harapan I, II dan III. Untuk informasi selengkapnya silakan menghubungi panitia dengan nomor telepon di atas

Sekian info kali ini tentang olimpiade matematika nasional, silahkan sebarkan informasi ini barang kali ada yang belum tau. sampai bertemu di artikel selanjutnya.

Aplikasi HP untuk membantu belajar matematika

Beikut beberapa aplikasi hp yang dapat membantu anda dalam belajar matematika yang saya dapat dari situs m-edukasiana

Hubungan Antar Sudut


Kode        : MAT022010
Produksi   : 2010
Platform    : Flash Lite
Format      : Tutorial
Versi         : Final
Mapel       : Matematika
Penulis      : Teguh Riyadi, S.Kom
Sinopsis     : Program tutorial ini berisi penjelasan hubungan antar sudut berpelurus, berpenyiku dan bertolak belakang serta menghitung besar sudutnya. Untuk menguji kompetensi anda, program ini juga dilengkapi dengan tes.
download disini

Space Matriks War


Kode: MAT032010
Produksi: 2010
Platform: Flash Lite
Format: Tutorial
Versi: Final
Mapel: Matematika
Penulis: Wiwik Akhirul Aeni, M.Kom
Sinopsis: Program ini berisi penjelasan pengertian matriks, operasi dan sifat matriks, matriks persegi, determinan dan invers matriks dalam pemecahan masalah. Materi dikemas dalam format game (permainan) dimana soal-soal latihan dan test dalam bentuk puzzle (menjawab soal) selama permainan berlangsung
Download disini

Sistem Persamaan Linear Dua Variabe


Kode: MAT042010
Produksi: 2010
Platform: Flash Lite
Format: Simulasi
Versi: Final
Mapel: Matematika
Penulis: M. Miftah, M.Pd.
Sinopsis : Program ini berisi penjelasan tentang program untuk memberikan pemahaman tentang sistem persamaan linear dua variabel dan menggunakannya dalam pemecahan masalah, antara lain; (1) apa pengertian dan bentuk umum dari PLDV (Persamaaan Linear Dua Variabel)?, (2) bagaimana menentukan sistem persamaan linear dua variabel dengan metode grafik?, (3) bagaimana cara menyelesaikan soal-soal cerita dalam kehidupan sehari-hari yang termasuk SPDLV (Sistem Persamaaan Linear Dua Variabel)?. Materi dikemas dalam format simulasi yang dapat memberi kemudahan bagi siswa untuk menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan SPDLV (Sistem Persamaaan Linear Dua Variabel).
Download disini

Bandingkanlah


Kode: MAT052010
Produksi: 2010
Platform: Flash Lite
Format: Tutorial
Versi: Final
Mapel: Matematika
Penulis: Manikowati, S.Pd.
Sinopsis: Program ini berisi pengertian tentang perbandingan dan jenisnya, yaitu perbandingan senilai dan berbalik nilai. Perbandingan didefinisikan secara singkat dan lugas dengan gambaran yang akan mempermudahan pemahaman user tentang perbandingan. Sedangkan untuk berbandingan senilai dan berbalik nilai diberikan deskripsi singkat dengan contoh-contoh dan soal-soal latihan beserta penyelesaiannya. Pada tes, user hanya disajikan soal-soal untuk mengetahui kompetensi perbandingan tanpa adanya penyelesaian.
Download disini

Pola Bilangan


Kode : MAT012010
Produksi : 2010
Platform : Flash Lite
Format : Simulasi
Versi : Final
Mapel : Matematika
Penulis : Son Kuncara Edhie, S.Kom
Sinopsis : Program ini berisi penjelasan tentang barisan aritmetika dan geometri yang dilengkapi dengan contoh soal dan penyelesaiannya. Program ini juga dilengkapi dengan simulasi untuk menentukan suku ke-n, menentukan jumlah n suku dari Deret aritmetika atau Deret geometri.
Download disini

Seminar Nasional Tahunan Matematika, Sains, dan Teknologi 2013

Apa kabar para pecinta matematika? kali ini saya akan bagikan info yang barangkali kalian minat untuk mengikutinya. Sebenarnya sih saya sendiri juga ingin mengikuti tapi mau gimana lagi waktu juga belum memungkinkan.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Terbuka akan mengadakan Seminar Nasional Tahunan Matematika, Sains, dan Teknologi 2013 pada hari senin 18 November 2013. Tema seminar adalah ”Pembangunan dan Lingkungan Hidup di Indonesia Dalam Perspektif Sains dan Teknologi”.

nih ada undangan untuk kalian !!!
itu sedikit info yang bisa saya berikan semoga bisa bermanfaat buat anda semua, oia untuk donwload undangan ssecara resminya disini http://fmipa.ut.ac.id/semnasfmipa/2013/news/peserta_semnas.pdf

Langkah-Langkah Menyusun RPP sesuai Kurikulum 2013

Langkah-langkah Penyusunan RPP Untuk Kurikulum 2013~ Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan rencana kerja yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk dapat mencapai satu kompetensi dasar yang telah ditetapkan dalam Standar Isi dan di jabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pelaksanaan Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar terdiri atas 1 (satu) indikator atau beberapa indikator pada 1 (satu) kali  pertemuan atau lebih.

Setelah memperhatikan rambu penyusunan RPP kurikulum 2013 dan prinsip penyusunan RPP kurikulum 2013, selanjutnya guru harus memperhatikan langkah-langkah penyusunan Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang terbagi dalam 3 (tiga) langkah besar, Kegiatan pendahuluan, kemudian Kegiatan inti dan diteruskan dengan Kegiatan penutup dengan rincian sebagai berikut :

Kegiatan Pendahuluan

Motivasi

  • Guru memberikan gambaran manfaat mempelajari materi yang akan diajarkan
Pemberian acuan
  • Berkaitan dengan kajian ilmu yang akan dipelajari
  • Ajuan dapat berupa penjelasan materi pokok dan uraian materi pelajaran secara garis besar
  • Pembagian kelompok belajar
  • Penjelasan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesua dengan rencana langkah-langkah pembelajaran

Kegiatan Inti


  • Proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi inti dan kompetensi dasar
  • Dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik
  • Menggunakan metode yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran dengan proses eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi dilaksanakan melalui aktifitas mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji dan mencipta.

Kegiatan Penutup


  • Kegiatan guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman/simpulan
  • Pemberian tes atau tugas dan memberikan arahan tindak lanjut pembelajaran, dapat berupa kegiatan diluar kelas, dirumah atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan

Contoh format RPP dapat dilihat seperti gambar dibawah ini :
Langkah-Langkah Menyusun RPP seesuai Kurikulum 2013

Silabus Matematika SMP Kelas 7, 8 dan 9 Kurikulum 2013

Silabus Matematika SMP Kelas 7, 8 dan 9 Kurikulum 2013

SILABUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA ‎SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/ MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VII KURIKULUM 2013‎

Satuan Pendidikan
:
SMP/MTS
Kelas / Semester
:
VII (Tujuh)/1 (Satu)
Kompetensi Inti*


Kompetensi Inti 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
Kompetensi Inti 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
Kompetensi Inti 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Download lengkapnya di Silabus matematika SMP Kelas 7 Kurikulum 2013


SILABUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA ‎SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/ MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VIII KURIKULUM 2013‎

Satuan Pendidikan
:
SMP/MTS
Kelas / Semester
:
VIII
Kompetensi Inti*


Kompetensi Inti 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
Kompetensi Inti 3
:
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
Kompetensi Inti 4
:
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Download lengkapnya di Silabus matematika SMP Kelas 8 Kurikulum 2013


SILABUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA ‎SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/ MADRASAH TSANAWIYAH KELAS IX KURIKULUM 2013‎

Satuan Pendidikan
:
SMP/MTS
Kelas / Semester
:
IX
Kompetensi Inti*


Kompetensi Inti 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
Kompetensi Inti 3
:
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
Kompetensi Inti 4
:
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Download lengkapnya di Silabus matematika SMP Kelas 9 Kurikulum 2013

RPP Matematika SMA Kurikullum 2013

RPP Matematika SMA Kurikullum 2013, seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwasannya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan sebuah rencana kerja yang memuat prosedur dan pelaksanaan atau pengoperasian pembelajaran untuk mencapai sebuah kompetensi dasar yang yang akhirnya harus memenuhi standar isi.

Tidak bisa dipungkiri sebenarnya banya para guru yang tidak mau membuat rencana pelaksaan pembelajaran atau biasa disebut dengan RPP dengan banyak alasan, ada yang bilang ngapain buat rpp toh akhirnya kita tidak bisa menjalankan pembelajaran sama persis dengan rpp ada juga karena sudah betahun-tahun menjadi seorang guru jadinya tidak begitu mengindahkan adanya RPP.

padahal tanpa sebuah rencana tentunya perjalan kita akan lebih kacau bagaimana kita bisa menilai sebuah akhir perjalanan jika kita tidak mempunyai rencana, bagaimana kita mengukur tingkat keberhasilan kita dalam melaksanakan pembelajaran jika kita tidak tau apa yang akan kita nilai.

Jangan biasakan untuk menyepelekan RPP tentunya ketika pemerintah memasukkan RPP dalam perangkat pembelajaran mereka tidak asal memasukkan tentunya ada alasan tersendiri jika RPP termasuk dalam perangkat pembelajaran.

mungkin itu saja sedikit urian pentingnya rpp bagi yang mau melihat contoh rppnya silahkan klik link dibawah

RPP Matematika SMA Kurikulum 2013

Contoh RPP Pelajaran Matematika SMP Kurikulum 2013

Contoh RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) untuk tingkat SMP mate pelajaran matematika, kali ini saya bagikan hasil surfing saya di internet tentang contoh RPP yang saya dapatkan.

Pada Kurikulum 2013 ini semua perangkat belajar sebenarnya sudah disediakan namun dalam penyebarannya belum menyeluruh, barangkali untuk para guru yang belum mendapatkan perangkat belajar yang satu ini yaitu rpp matematika khususnya untuk tingkat smp mungkin rpp ini bisa menjadi contoh anda dalam penyusunan rpp anda.

Dan juga berhubung implementasi untuk kurikulum 2013 dilaksanakan secara bertahap mulai dari tahun 2013 sampai 2015 tidak ada salahnya kita mengadopsi rpp milik orang lain yang penting jangan menjiplak 100%.

Namanya juga Rencana Pelaksanaan Belajar masaksih rencana pembelajaran kita sama dengan rencana pembelajaran guru lain kan tidak etis. Tentunya kita mempunyai cara tersendiri dan mempunyai tekhnik ataupun model pembelajaran kesukaan kita.

nah langsung saja unduh file berikut untuk melihat Contoh Rpp Pelajaran Matematika SMP Kurikulum 2013

itulah sedikit artikel untuk pagi hari ini semoga bermanfaat bagi kita semua.

permainan matematika dan kotak angka

Permainan matematika !!! Mungkin  anda pernah mendapat sebuah tebakan dengan pertanyaan seperti berikut “Ada bilangan yang terdiri dari angka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9. dan kemudian semua bilangan tersebut di masukkan ke dalam kotak persegi yang terbagi dengan sembilan kotak. Bagaimana cara menyusun bilangan tersebut agar diperoleh hasil dari jumlah angka horisontal, vertikal, maupun diagonalnya memiliki nilai yang sama besar .” Pertanyaan ini pernah saya dapatkan sewaktu saya masih di Sekolah Dasar kelas IV.

Pada prinsipnya tebakan matematika seperti ini dapat untuk melatih ketrampilan logika kita dan juga kemampuan dasar aritmetika pada pembelajaran matematika. Untuk itu saya merekomendasikan tebakan matematika ini bisa dijadikan sebagai pengantar dalam pembelajaran matematika atau permainan matematika yang lainnya untuk merangsang anak didik agar lebih berminat dalam mempelajari matematika.

Kembali pada pertanyaan tadi bagaimana cara menjawab pertanyaan tersebut, silahkan perhatika langkah untuk menjawabnya:

permainan matematika dan kotak angka 1
1. Buatlah kotak bantuan seperti yang ditunjukkan gambar dengan garis putus-putus

permainan matematika dan kotak angka 2
2. isikanlah bilangan secara diagonal seperti di tunjukan gambar atau gambar dibawah

permainan matematika dan kotak angka 3
pilahan pengisian kedua
permainan matematika dan kotak angka 4
Langkah ke 3 yaitu tukarkanlah kotak bantuan bagian atas dengan bawah dan kotak bantuan samping kanan dengan samping kiri

permainan matematika dan kotak angka 3
Hasil akhir dari penukaran angka seperti langkah 3
Sekarang kalian jumlahkan angka-angka tersebut secara horisontal vertikal ataupun diogonal apakah memiliki jumlah yang sama besar, selamat menikmati permainan matematika dan kotak angka

Materi Program Linear dan Algebra

Materi Program Linear merupakan materi pembelajaran Matematika yang harus diajarkan pada kelas XII SMA/MA baik IPA maupun IPS. Secara umum materi program linear bukanlah materi yang sulit bagi siswa karena materi ini cukup sederhana dan tidak kompleks karena dasar-dasar dari materi program linear ini adalah materi sistem persamaan linear. Secara lengkap materi program linear dapat kalian download di sini.

Namun bagi para guru dalam penyampaian materi program linear ini agak merepotkan karena untuk menjelaskan materi program linear menyita waktu yang cukup banyak dalam menggambar grafik-grafik dalam menentukan nilai optimum dari suatu fungsi menjadi kendala pada umumnya. Kesulitan lain yang biasa dialami yaitu misalnya dalam permasalahan soal yang agak terlalu panjang sehingga saat menentukan model matematikanya juga cukup mengalami kesulitan.






Oleh karena itu sebagai seorang guru matematika, untuk disarankan bisa menggunakan aplikasi geogebra agar pada saat menjelaskan materi program linear guru tidak lagi membuang banyak waktu untuk menggambarkan grafik-grafik nya, anda dapat mengunduh aplikasinya di www.geogebra.org dan untuk bagaimana cara menggunakannya silahkan lihat tutorialnya.





 
Dan ini saya menemukan satu video dari youtube meski agak buram, yaitu bagaimana cara mencari nilai optimum dengan aplikasi geogebra :

itulah sedikit materi matematika yang bisa saya berikan semoga bermanfaat dan selamat belajar materi program linear dan algebra

Cara Mengetahui Kemampuan Matematika Sejak Bayi

Cara Mengetahui Kemampuan Matematika Sejak BayiPenelitian untuk mengetahui bakat dalam dunia matematika bisa diketahui sejak bayi berumur 6 bulan, sesuai yang dilansir dari discovery news yang mengatakan bahwa kepekaan primitif terhadap angka yang dimiliki bayi brumur 6 bulan mereka dapat membedakan item-item dengan kelompok angka berbeda, yang ditengarai kemampuan inilah yang bisa memperlihatkan bayi memiliki kemampuan dalam belajar matematika.

Elizabeth Brannon seorang peneliti yang terlibat dalam studi tersebut yang merupakan seorang psikologi dan ilmu saraf duke university di nort carolina, dia dan tim menciptakan sebuah alat tes matematika untu bayi, dimana tes ini ditengarai dapat digunakan untuk memberikan penilaian ataupun skor terhadap "kepekaan primitif bayi terhadap angka".

didalam tes, serangkaian pola hitam putih yang dibuat dari sejumlah titik berkedip-kedip di dua layar di epan bayi .Perbedaan dari pola-pola tersebut bahwa salah satunya selalu menunjukkan pola-pola yang terbuat dari jumlah titik yang sama banyak, meskipun ukuran serta pengaturan titiknya berubah. Sedang di layar satunya, jumlah titik yang membentuk sebuah pola yang mengalami perubahan, bertambah maupun berkurang.

Nah, dengan tes semacam ini, seorang bayi yang mempunyai kepekaan angka yang kuat akan melihat ke sisi layar dengan jumlah titik yang berubah-ubah. Dia juga akan cenderung melihat layar dalam waktu yang cukup lama.

Dengan menggunakan metode seperti ini, Brannon dan timnya menguji kepekaan angka terhadap 48 bayi berusia 6 bulan. Kemudian mereka menindak lanjuti penelitian ini saat anak tersebut berusia 3,5 tahun. Di mana anak-anak tersebut diminta untuk melakukan sejumlah tes matematika, mencari tahu seberapa baik mereka dapat mengenal angka. Anak yang mempunyai kepekaan angka yang kuat pada saat masih bayi ternyata memiliki hasil tes matematika yang lebih baik.

Mungkin itu sedit artikel tentang cara mengetahui kemampuan matematika sejak bayi yang bisa sajikan semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya di blog

PELATIHAN GURU MATEMATIKA SMP/MTS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Modul bahanajar ini merupakan bahan ajar wajib dalam rangka untuk pelatihan calon instruktur, guru inti, dan guru  untuk dapat memahami Kurikulum 2013 dan kemudian dalam proses pembelajaran disekolah.

Kurikulum 2013 diberlakukan secara bertahap mulai th. ajaran 2013-2014 melalui pelaksanaan terbatas, khusus bagi sekolah-sekolah yang siap melaksanakannya. Pada Tahun Ajaran 2013/2014, Kurikulum 2013 sendiri  dilaksanakan secara terbatas untuk Kelas I dan IV  (SD/MI) Sekolah Dasar/Madrasah Ibtida’iyah, Kelas VII SMP/MTs (Sekolah Menengah Pertama/Madrasah
Tsanawiyah), dan Kelas X Sekolah Menengah  Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah (SMA/SMK/MA/MAK). Pada Tahun Ajaran 2015/2016 di harapkan Kurikulum 2013 telah di laksanakan di seluruh kelas I sampai dengan Kelas XII.
PELATIHAN GURU  MATEMATIKA SMP/MTS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Menjelang implementasi Kurikulum 2013, penyiapan tenaga guru serta tenaga kependidikan lainnya sebagai pelaksana kurikulum 2013 di lapangan perlu dilakukan.  Sehubungan dengan itu semua ,  Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan serta Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK dan PMP), telah menyiapkan strategi untuk Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 untuk guru, kepala sekolah, dan pengawas.  

Pada tahun 2013 pelatihan dilakukan bagi pengawas SD/SMP/SMA/SMK, kepala sekolah SD/SMP/SMA/SMK, serta guru Kelas I dan IV SD, guru Kelas VII SMP untuk 9 mata pelajaran, dan juga guru Kelas X SMA/SMK untuk 3 mata pelajaran.  Guna menjamin kualitas dalam pelatihan tersebut, maka BPSDMPK dan PMP telah menyiapkan 14 Modul dalam Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013, sesuai dengan kelas, jenjang pendidikan, dan mata pelajaran. Modul ini diharapkan dapat membantu pihak yang menjalankan tugas dalam Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013.  

Untuk lebih jelasnya silahkan download Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 

SD Kelas 01 Tematik Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi. Di dalamnya di rumuskan secara terpadu kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang harus di kuasai peserta didik. Juga di rumuskan proses pembelajaran serta penilaian yang diperlukan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diinginkan. Buku yang mengacu pada kurikulum ini harus dirancang dengan menggunakan proses belajar yang sesuai untuk mencapai kompetensi dengan proses penilaian yang sesuai.

Pertanyaan yang muncul adalah seperti apa bentuk idealnya Buku Siswa Kelas I SD/MI yang sebenarnya belum bisa membaca dan menulis? jawaban atas pertanyaan ini bisa sangat ekstrim. Dalam hal isi dari buku, ada yang menginginkan tanpa buku sama sekali, tapi ada juga yang menginginkan satu buku terpisah untuk setiap pelajaran.
Untuk guru SD Kelas 01 Tematik Kurikulum 2013

Buku Seri Pembelajaran Tematik Terpadu yang diperuntukan Siswa Kelas I SD/MI ini ditulis sebagai jalan tengah diantara keinginan yang muncul. Bukan tanpa buku, melainkan ada buku yang paling tidak memuat materi berisi kegiatan-kegiatan apa yang harus dilakukan peserta didik Kelas I SD/MI agar dapat mencapai kompetensi yang sudah diharapkan.

Pendekatan pembelajaran tematik terpadu di pilih atas beberapa alasan. Pertama, peserta didik Kelas I SD / MI, yang sesuai dengan perkembangannya lebih mudah untuk memahami pengetahuan faktual, diajak melalui tema-tema mengikuti alur proses pembelajaran trans disipliner dimana kompetensi diajarkan dikaitkan dengan konteks pesertadidik dan lingkungannya. Kedua, dengan cara melalui pendekatan terpadu, pembelajaran multidisiliner - interdisipliner di wujudkan agar dapat  tumpang tindih antara materi matapelajaran dapat di hindari demi tercapainya sebuah efisensi materi pembelajaran dan efektivitas penyerapan nya oleh peserta didik.

Untuk lebih jelasnya mengenai Tematik Kegiatan guru Kelas 01 SD Kurikulum 2013 silahkan anda unduh di link ini terimakasih sudah mau berkunjung di blog belajar-soal-matematika.blogspot.com silahkan share jika bermanfaat.

cara menghitung perkalian pecahan campuran

Artikel Kali ini tentang cara menghitung perkalian pecahan campuran, Seperti hukum operasi bilangan lainnya kalo ditempat saya biasanya disebut dengan pipolanda. ada yang tau maksud dari wejangan tersebut? pipolando merupakan konsep rumus matematika sederhana yang artinya ping poro lan sudo ( dalam bahasa jawa) kalo dalam bahasa indonesia biasanya operasi bilangan campuran dapat dejelaskan pada anak-anak dengan kata "KABATAKU" yaitu KAli, Bagi, TAmbah KUrang.

Maksud dari KABATAKU adalah jika ada operasi campuran maka perkalian dikerjakan lebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan pembagian seterusnya penambahan dan pengurangan. konsep yang perlu diajarkan pada anak sehingga anak-anak tau mana yang harus lebih dulu dikerjakan.

Karena judul artikel cara menghitung perkalian pecahan campuran maka kali ini hanya saya berikan untuk yang operasi perkalian saja, sebelum menuju ke operasi perkalian pecahan campuran ada baiknya kita kilas balik dulu untuk :

operasi perkalian pecahan biasa

Perkalian adalah pejumlahan yang berulang, untuk jelasnya silahkan lihat contoh berikut :
2 x 4 dibaca dua kali empat, untuk mudahnya kalian baca empat sebanyak dua kali yaitu 4 + 4 = 8
4 x 2 dua sebanyak empat kali 2 +  2 + 2 + 2 = 8 
dalam perkalian berlaku sifat komutatif dimana yang dimaksud dengan sifat komutatif adalah dapat dibalik-balik, jadi nilai 2 x 4 sama dengan nilai 4 x 2.

operasi perkalian pecahan decimal/desimal


perhatikan gambar berikut :
cara menghitung perkalian pecahan desimal







Kalian dapat mengalikan pecahan desimal tersebut secara langsung tanpa mengubahnya kedalam bentuk pecahan biasa, tapi untuk lebih mudahnya lebih baik kalian ubah dulu ya kedalam bentuk pecahan biasa. apa bila dibelakang koma ada 1 angka berarti bilangan tersebut dibagi oleh sepuluh apabila ada 2 angka dibelakang koma berati dibagi dengan seratus begitu seterusnya. untuk mengalikannya tinggal kalian kalikan bagian atas ( pembilang ) dengan bagian atas juga (pembilang dan kalikan bagian bawa ( penyebut ) dengan penyebut juga dan terakhir tinggal kalian ubah lagi dalam bentuk desimal

Operasi Perkalian Pecahan Campuran

cara menghitung perkalian pecahan campuran
Silahkan kalian perhatikan operasi pecahan campuran disamping silahkan kalian pahami sendiri apabila ada pertanyaan silahkan isikan pada kolom komentar dibawah.


sekian dulu dari saya dengan artikel cara menghitung perkalian pecahan campuran semoga dapat bermanfaat buat kalian semua.

Personel Coboy Junior bermasalah dengan matematika

Artis juga masih bergelut dengan dunia pendidikan yach, karena yang namanya pendidikan walaupun orang tua anda paling kaya tetap harus menjalani proses pendidikan seutuhnya.

Artikel kali ini sekedar untuk informasi ringan yang semoga dapat membantu meringankan kepenatan kalian yang sedang memikirkan matematika hehehe, santai saja karena ternyata Personel Coboy Junior mempunya permasalahan dengan mata pelajaran matematika.

Menurut kiki " pelajaran matematika memang yang paling sulit"
matematika coboy junior

"Yang paling susah, ya menurut aku sih matematika," ucap Kiki, semalam saat ditemui di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta. Menurutnya, untuk bisa menjawab persoalan-persoalan matematika harus memahami rumus-rumus matematika, bukannya menghapal.

"Matematika itu bukan untuk dihapal, tapi bagaimana cara kita memahaminya.‬ Sebenarnya asalkan kita mau belajar kita pasti bisa," lanjutnya. Namun, salah satu personel cobaoy junior itu, enggan menyebut nilai yang diperoleh untuk mata pelajaran matematika.

Bastian kemudian tertawa mendengarkan pernyataan Kiki. Tampaknya, ia juga tidak jauh beda dengan temannya yaitu juga punya masalah serupa terhadap pelajaran matematika.

Baginya pelajaran favoritnya adalah pendidikan jasmani dan kesehatan (Penjaskes). "Penjaskes pokoknya nomor satu," ucap Bastian.

Yang jelas, semua personel Coboy Junior memiliki tugas utama, yaitu belajar. Meskipun, mereka sudah sibuk dengan segudang rutinitas di dunia entertainment yang mempopulerkan namanya. "Kami boleh berkarya dan juga bersenang-senang. Tapi kami harus tetap fokus belajar. Bagaimanapun sibuknya kegiatan kami, ya harus tetap selalu fokus belajar," tegas Kiki.

Yach itulah sedikit artikel untuk merefres otak kita yang saya lansir dari tribunnewsdotcom. Tetaplah semangat untuk belajar karena negri kita membutuhkan kalian semua. Sukses selalu, amiin.

Baca juga berita matematika berikut :

Rumus Matematika SMA Kelas 10 terbaru

Kali ini akan saya share artikel tentang Rumus Matematika SMA Kelas 10 terbaru yach, kenapa saya beri judul yang terbaru karena semua rumus ini berdasarkan kurikulum 2013 yang notabenenya terbaru untuk saat ini ( saat saya posting artikel ini) kan masih 2013 juga -_-

Saya tidak akan memberikan ringkasan pada anda baik Rumus Eksponen, Rumus Logaritma, Rumus Persamaan Kuadrat, Rumus Fungsi Kuadrat, Rumus Pers & Pertidaksamaan, Rumus Logika, Rumus Trigonometri, Rumus Bangun Ruang, atau lain sebagainya karena yang saya inginkan anda mau membaca dan meringkan materi-materi ataupun rumus dengan cara sendiri.

Untuk lebih meningkatkan kepekaan anda dalam memahami dan menghafalkan rumus-rumus matematika itulah alasan saya mengapa tidak saya share begitu saja. Janganlah menjadi siswa yang manja jangan hanya mengandalkan guru anda jangan hanya mengandalkan rumus-rumus praktis.

Biasanya ketika anda hanya mengandalkan rumus praktis otak anda tidak berkembang. Otak anda hanya nerima jadi tidak tau bagaimana proses mendapatkan rumus matematika SMA.

Laterus dimana saya bisa membaca materi matematika terbaru yang sesuai dengan kurikulum 2013. silahkan anda baca disini http://belajar-soal-matematika.blogspot.com/2013/08/bse-materi-matematika-sma-kelas-x.html setelah anda membacanya silahkan anda buat ringkasan sendiri meski didalam BSE tersebut sudah ada ringkasannya.

Kenapa harus meringkas sendiri? padahal ringkasannya sudah disediakan? sekali lagi saya tekankan kalian harus memahami proses itu sendiri agar kalian bisa memahami dengan baik tidak hanya hari ini anda menghafal dan besok lupa lagi.

Tidak ada Kecerdasan yang Bisa Kalian Peroleh Secara Instans.

SELAMAT BELAJAR. GANBATE !!!! -_-

matematika dasar kelas 6 hubungan antar satuan

Artikel kali ini tentang matematika dasar kelas 6 hubungan antar satuan Waktu, Satuan Luas dan Satuan Volum

Satuan Waktu

Satuan waktu, taukan apa itu waktu...? ya kta sering mendengar waktu demi waktu berlalu detik demi deti telah terlewati, ya benar : detik, menit dan jam adalah satuan waktu yang digunakan dalam debit.

Hubungan antar satuan waktu  (detik, menit, dan jam) sebagai berikut.
1 jam = 60 menit = 3.600 detik
1 menit = 60 detik

Nah sekarang kalian tentukan berapa detik dalam 1 jam .....?

Satuan Luas

matematika dasar kelas 6 hubungan antar satuan luas

Satuan Volume

matematika dasar kelas 6 hubungan antar satuan volume

Untuk materi selengkapnya tentang matematika dasar kelas 6 hubungan antar satuan waktu, luas dan volume bisa anda download pada BSE matematika untuk kelas 6 SD
 

Tanya Kami

Pelajari Juga

Matematika Archives