Rumus Prisma segitiga Lengkap ( Luas dan Volume )

Rumus prisma segitiga, sebenarnya sudah pernah admin bagikan artikel yang berjudul rumus matematika sekolah dasar, yang sudah berisi menganai rumus-rumus dari limas entah rumus limas untuk mencari luas permukaan atau untuk mencari volum dari limas itu sendiri.

Tapi tidak ada salahnya jika admin membahasnya tersendiri karena memang ada yang menanyakan pada admin mengenai apasih rumus limas segitiga itu, nah semoga yang sudah bertanya dapat puas dengan uraian artikel kali ini sehingga paham tentang rumus limas segitiga.

volume dan luas permukaan prisma segitiga

Lihat gambar prisma disamping, Kenapa disebut dengan prisma segitiga ? ya karena alas dari bangun prisma tersebut berbentuk segitiga jika sebuah prisma dengan alas lingkaran maka disebut dengan tabung. lihat : rumus mencari luas permukaan tabung



Prisma segitiga terdiri dari alas, tutup, dan selimut ( selubung ) maka untuk mencari rumus luas permukaan prisma segitiga kita harus menjumlahkan semua luasnya, luas alas + luas tutup + luas selimut.


Luas alas dan luas tutup prisma akan selalu sama besar maka bisa kita sederhanakan menjadi 2 x luas segitiga ditambah luas selubung dari prisma tersebut

Rumus luas permukaan prisma segitiga

L = (2 x luas alas) + luas selubung
Untuk luas alas dan juga selubung tersebut itu bergantung pada berbentuk prisma apa yang dicari luas permukaannya. Misalnya karna kali ini kita akan membahas prisma segitiga, jika yang di cari adalah  prisma segitiga tentu saja prisma tersebut memiliki 2 buah sisi alas yang berbentuk segitiga dan juga 3 sisi tegaknya yang akan membentuk persegi panjang sebagai selubung dari prisma.

L = (2 x luas segitiga) + luas selubung (selimut prisma)

Rumus volume prisma segitiga

secara global rumus volum prisma V = Luas alas x tinggi prisma, jika alas dari prisma tersebut persegi maka luas alasnya dicari dengan panjang x lebar, berbeda jika alas daari prisma tersebut segitiga maka mencari luas alasnya 1/2 x alas x tinggi tinggal menyesuaikan prisma apa yang kita cari. secara lengkap maka rumus volum prisma segitiga dapat kita tulis menjadi :

V = (1/2 x alas segitiga x tinggi segitiga) x tinggi prisma

Nah demikian pembahasan mengenai rumus prisma segitiga semoga dapat membantu adik-adik memahami mengai rumus dari bangun ruang tersebut, selamat belajar
Poskan Komentar
 

Tanya Kami

Pelajari Juga