Cara Menghitung Cepat



Banyak cara untuk menghitung cepat ingat ketika kalian masih SD kita diajarkan cara menghitung cepat tentang perkalian yang lebih dari 6 kurang dari 10 dengan menggunakan 2 tangan kita. Okelah kalau masih ingat tapi artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara menghitung cepat bilangan yang lebih besar.

contoh soal :
96 X 98 = ...?
tanpa menggunakan kalkulator coba kalian hitung bilangan tersebut dengan waktu 5 detik. Gimana kawan-kawan bisa nggak, susah...? sebenarnya sih tidak susah untuk menghitung angka tersebut dengan waktu 5 detik namun kebanyakan dari kalian belum tau bagaimana cara menghitungnya kalau kalian sudh tau paling jawabnya, gampil gampil gampiiiiiiiiiiil he he he, sketsa banget yach.

Yuk, langsung saja kita cari tau cara menghitungnya. Kronologinya begini misal ada pertanyaan 100 X 100 tentunya dalam waktu kurang dari 1 detikpun anda bisa menjawabnya ya to. Nah sekarang kita eksplore pertanyaan di atas yaitu 96 X 98,
100 - 96 = 4
100 - 98 = 2 , angka ini kita anggap atau bisa kita asumsikan bahwasannya 96 itu seratus dikurangi 4 dan begitu juga 98 itu 100 kurang 2. kemudian bilangan tersebut dikurangi dengan pengalinya yaiu :
96 - 2 = 94
98 - 4 = 94
nah angka 94 ini akan menjadi ribuan dan ratusan hasil sementara dapat ditulis 94XX, tinggal kita mencari puluhan dan satuannya satuan dapat kita cari dengan mengalikan sisa-sisa pengurangan seratus tadi dengan bilangan-bilangan yang akan dikalikan yaitu 4 X 2 = 8 lho kok tidak ada puluhannya karena hasilnya kurang dari sepuluh maka puluhannya kita tulis nol ( 0 ) jadi hasil akhri dari perkalian : 96 X 98 = 9408
coba cek pakai kalkulator benar tidak. untuk lebih jelas lagi nanti akan saya buatkan videonya agar lebih mudah untuk dipahami. Semoga bermanfaat ya ilmu sederhana yang saya berikan ini, sampai jumpa diartikel selanjutnya ya so pantengin blog terus http://belajar-soal-matematika.blogspot.com.
Poskan Komentar
 

Tanya Kami

Pelajari Juga