Langsung ke konten utama

Tips dan Metode Cara Mudah Belajar Matematika

Metode belajar matematika !

Pernah anda mempelajari sesuatu saat dalam keadaan tegang ataupun stress, takut, tidak nyaman dan anda tidak tahu apa gunanya? Apakah disaat seperti itu anda dapat memahami dan menyerap sebuah materi dengan mudah? Bagaimana jika anda belajar matematika, yang kesannya rumit dan penuh dengan angka-angka, disampaikan dengan cara yang lebih menyenangkan dan membangkitkan gairah belajar anda sehingga murid yang meminta-minta untuk belajar?

Buat dan ciptakan sebuah cara belajar matematika yang menyenangkan akan membantu anda dalam proses pemahaman matematika sepenuhnya, ya benar !! sebenarnya ini tugas seorang guru yang harus melakukan pendekatan psikologis kepada anak dan menemukan cara mudah belajar matematika.

Jika anda seorang guru matematika seharusnya anda melakukan inovasi ini, sekarang kewajiban seorang guru tidak hanya sekedar mentransfer ilmunya saja, menyampaikan apa-apa yang kalian dapat dari guru-guru kalian terdahulu dengan menyuguhkan kepada anak tanpa bumbu-bumbu penyedap.

metode mudah belajar matematikaKeadaan sekarang dengan keadaan kalian ( guru ) sudah berbeda jauh, sikap dan mental anak-anak jaman sekarang yang tidak bisa kita samakan lagi dengan anak-anak jaman dahulu. Guru harus kreatip...? Guru harus mampu menemukan metode yang tepat untuk anak didik yang sedang diajar karena kelas satu dengan kelas lainnya emosinya sudah berbeda, disini guru dituntut untuk mampu membuat banyak metode menyesuaikan kelas yang sedang diajar.


Cara Mudah Belajar Mencintai Matematika

Matematika dicap sebagai pelajaran yang paling ditakuti oleh kebanyakan siswa. Hal ini membuat pelajaran matematika dibenci siswa. Padahal matematika benar benar berguna bagi kehidupan sehari hari. Para pedagang, tukang bangunan, tukang Las, bahkan tukang parkir pun menggunakan matematika untuk menghitung uang yang didapatkan dari pengendara.

Matematika adalah kunci dari pelajaran sains, ( BACA : Filosofi matematika sebagai ratu ilmu pengetahuan ), baik itu Ekonomi, Fisika, Akuntansi dan Kimia karena materi pelajaran tersebut tidak dapat dipahami tanpa mempelajari dasarnya yaitu matematika. Namun yang jadi permasalahan adalah bagaimana cara mudah belajar matematika? terkesan meremehkan :) sebenarnya tidak ada cara mudah dalam mempelajari pelajaran matematika yang ada adalah "Cara yang benar dalam belajar matematika". Dibutuhkan kesabaran serta kegigihan tinggi untuk berusaha, tapi dengan niat kuat saya yakin kita bisa menguasai matematika
cara belajar matematika yang baik
.

Berikut Tips Untuk Menguasai Matematika :

1. Luruskan Niat

Pertama, yang wajib kita lakukan adalah “Meluruskan Niat” dalam proses belajar matematika, janganlah belajar matematika hanya untuk mendapatkan nilai bagus unutk syarat lulus mata ujian Matematika. Karena hal ini akan berdampak saat kita telah melewati ujian/test, maka kita akan meninggalkan dan melupakan materi matematika yang telah kita pelajari. Niatkan belajar matematika kita untuk menambah pengetahuan. Dengan belajar matematika, daya nalar otak kita akan lebih terasah dengan baik sehingga mudah menerima pelajaran lain. INGAT sekali lagi, jangan berorientasi kepada Hasil ujian, tapi berorientasi pada Proses belajarnya.

2. Kenali, pahami kemudian CINTAI keindahan matematika

Point ini paling penting dalam proses belajar matematika. Akan sangat mudah apabila mempelajari sesuatu jika kita dapat mencintainya terlebih dulu. Bagaimana dapat mencintai matematika jika kita saja tidak mengenalnya? maka sebelum mencintai kita harus mengenal apa itu matematika, apa fungsi matematika bagi kehidupan sehari hari. jika kamu dapat mengenalnya, maka kamu akan lebih tahu bahwa matematika sangatlah dibutuhkan didalam kehidupan sehari hari, contoh sederhana, ketika tukang bangunan mengerjakan sebuat Fondasi rumah, maka dia harus menghitung secara teliti agar pondasi tidak timpang, maka dari itu digunakanlah beberapa rumus matematika. Maka Tanamkanlah dalam pemikiran kita bahwasannya matematika itu sesuatu yang sangat berguna, menarik dan sebagai teka-teki menyenangkan untuk dipecahkan. Jika kita dapat mencintainya, Semua rumus yang kelihatan rumit tiba tiba akan menjadi sangat mudah untuk dipelajari. kira-kira begitulah kekuatan cinta, yang kotoran kucing pun bisa jadi coklat :-)

3. Berdoa

Sebelum memulai mempelajari matematika, ada baiknya berdoa agar Tuhan memberi kemudahan bagi untuk memecahkan setiap persoalan yang terdapat dimateri yang kita pelajari. Bukankah Tuhan itu Maha Mengetahui? Maka mintalah kepada-NYA sedikit pengetahuan agar kita dapat memahami materi matematika yang kita pelajari. Selain itu agar kita dapat tetap konsisten dalam belajar dan gigih berusaha, serta tidak mudah untuk putus asa dalam belajar. Do'a juga bagian yang tidak boleh kita lupakan.

4. Banyak Latihan dan Belajar

3 point sebelumnya akan sangat tidak berguna jika kamu tidak mengambil langkah untuk segera belajar dan banyak berlatih dengan RAJIN dan juga KONSISTEN. terkadang kita semangat sekali untuk belajar, namun ada juga saat dimana ketika malas sekali untuk belajar. Maka disini butuh kedisiplinan dalam mempelajari matematika. Dalam 1 hari tidak perlu meluangkan banyak waktu untuk belajar, cukup sedikit namun tetap kontinyu. Matematika adalah ilmu hitung, tentu akan menjadi semakin baik belajar ilmu hitung dengan banyak berlatih menghitung. perbanyak latihan membahas soal, karena jika sudah terbiasa, maka akan mudah untuk menyelesaikan soal yang sama dikemudian hari. Selain itu juga dapat membantu pemahaman kita pada matematika semakin mendalam.

6 tahap cara belajar matematika yang baik:

a. Pahami Materi dengan rumus rumusnya
b. kelompokan rumus rumus yang ada
c. mulai mengerjakan soal-soal yang ada pembahasannya.
d. kerjakan soal tadi tanpa liat pembahasan.
e. kerjakan soal lain yang tipenya sama.
f. Terus berlatih soal-soal yang lain.
g. jangan hanya belajar dari satu buku, karena biasanya ada buku yang tidak menjelaskan persamaan secara detail sehingga susah untuk dipelajari. Jadi disarankan agar mencari buku referensi yang lain agar semakin mudah dalam mempelajari.

tips mudah belajar matematika
Jika menyelesaikan soal pilihan ganda, pertama-tama baca dulu sebagian jawaban, lalu bacalah pertanyaannya, lalu lihat lagi jawaban semuanya, baru cari jawaban (dengan cara ini… kamu akan tahu maksud dari soal itu)

5. Tiada kata “Aku Tak Bisa” dan “Putus Asa”

Putus Asa merupakan sebuah penyakit yang sering ditemui setiap orang ketika akan berusaha untuk mendapatkan sesuatu. Ketika belajar matematika, hindarilah kata putus asa, ketika kita menemukan soal rumit,maka segera minta bantuan pada guru matematika atau teman yang sudah lebih memahami. sebisa mungkin jauhkan diri kita dari mengucapkan “Aku Tak Bisa” karena hal tersebut hanya dapat memperburuk keadaan, ketika kamu merasa tidak bisa mengerjakan, maka katakanlah “Aku Pasti Bisa”!! Beri semangat dan motivasi untuk diri kita sendiri, karena semua permasalahan pasti ada pemecahannya..

6. Sabar..

Sabar dalam belajar matematika, sabar dalam memecahkan persoalan matematika, sabar dalam melaksanankan segala sesuatu, dan Tuhan bersama dengan orang-orang yang sabar.

Tips tips diatas sangat berguna dalam memahami cara belajar matematika yang baik. selain itu kita juga harus mengetahui Cabang-cabang Matematika yang sangat perlu kita kuasai.



belajar matematika itu pentingBeberapa cabang yang mendasar dan bermanfaat luas dalam pengembangan ilmu Matematika:


1) Arimatika. Semua hal tentang tambah, kurang, kali, bagi. Cabang Matematika yang paling sering digunakan dalam hidup ini, bahkan oleh orang yang tidak suka Matematika sekalipun!

2) Geometri. Ilmu yang membahas bentuk, bidang, dan ruang suatu benda (terutama luas dan volume). Insinyur dan arsitek yang kompeten pasti menguasai cabang Matematika ini.

3) Aljabar. Manipulasi operasi arimatika untuk mencari suatu nilai yang tidak diketahui (biasanya dinyatakan dalam variabel x dan y). Ahli komputer dan programming termasuk mereka yang wajib menguasai aljabar. Bahkan ketika kecil, einstein mulai belajar matematika dari Aljabar ini.

4) Trigonometri. Cabang matematika yang didedikasikan untuk mempelajari semua properti pada segitiga (terutama sudut dan sisi) beserta manipulasinya. Trigonometri juga harus dikuasai oleh para insinyur dan arsitek.

5) Kalkulus (deret, limit, turunan, differensial, dan integral). Cabang matematika yang WAJIB dikuasai ilmuwan dan insinyur. Ilmu kalkulus mempelajari laju perubahan sesuatu, penjumlahan sesuatu yang banyak sekali menuju suatu nilai pasti, sampai pendekatan yang luar-biasa akurat untuk menghitung sesuatu yang “nyaris” mustahil dipecahkan untuk dihitung menggunakan operasi matematika biasa.

Postingan populer dari blog ini

Tabel dan Cara Belajar Perkalian 1 sampai 10

Perkalian 1 sampai 10 waktu jaman saya sekolah dulu diajarkan pada saat masih duduk dibangku Sekolah Dasar ( SD ) menurut asumsi admin perkalian 1 sampai 10 memang harus dikusai anak-anak sd agar kedepannya anak-anak bisa mencerna dengan mudah materi matematika yang akan diajarkan selanjutnya. Pada saat menginjak kelas 4 anak harus menguasai perkalian 6 - 10 diluar kepala, maksudnya ketika anak di tanya perkalian antara 6 kali 7 tidak harus berfikir lama untuk menjawabnya, seingat admin waktu itu diajar oleh guru dengan perkalian jarimatika dan itu sangat membantu sekali dalam pemahaman dan kecepatan menjawab soal-soal perkalian. Tabel perkalian 1 sampai 10 Sebelum admin berbagi cara belajar perkalian 1 sampai 10 ada baikknya admin membagi tabel perkalian 1 sampai 10 guna penalaran singkat dan juga bisa di gunakan pencocokan hasil perkalian yang di hitung oleh anak-anak, akan tetapi diusahakan anak-anak tidak ketergantungan untuk selalu menggunakan tabel perkalian berikut untuk

Cara Menghitung Logaritma

Cara menghitung logaritma tidak harus selalu menggunakan kalkulator, persepsi bahwa logaritma harus diselesaikan dengan kalkulator itu tidak benar. Dengan memahami sifat logaritma itu sendiri, menghafal 4 "nilai dasar dari logaritma", dan paham akan metode interpolasi linier, dari sini pencarian nilai logaritma dengan kalkulator tidak menjadi hal yang mustahil. NILAI DASAR LOGARITMA DAN AKURASI PERHITUNGAN Berikut 4 nilai yang kemudian akan kita sebut sebagai "nilai dasar logaritma". Log 2 = 0,301 Log 3 = 0,477 Log 5 = 0,699 Log 7 = 0,845 Perlu kita tahu bahwa metode menghitung logaritma tanpa kalkulator ketepatan nilainya (akurasi ) mendekati 100%. Artinya perhitungan ini tidak akan sepenuhnya tepat sesuai dengan nilai yang seharusnya. Namun, untuk dapat menghitung nilai-nilai logaritma dimana numerusnya relatif kecil, metode ini dapat dibilang cukup akurat (> 99,9%). dan sebaliknya, jika numerusnya cukup besar, akan terjadi penyimpangan dari hasil

KUMPULAN SOAL LATIHAN UN MATEMATIKA SMA PER-BAB

KUMPULAN SOAL LATIHAN UN (UJIAN )NASIONAL) SMA IPA PER-BAB: soal-soal latihan un ini disusun berdasarkan indikator soal ujian nasional, semoga dengan latihan-latihan soal un matematika ini dapat membantu anda dalam menghadapi ujian nasional nantinya. Berikut daftar download soal-soal latihan un matematika: 1. Soal-soal latihan un matematika BAB Pangkat, Akar, dan Logaritma ( Download ) 2. Soal-soal latihan un matematika BAB Fungsi Kuadrat ( Download ) 3. Soal-soal latihan un matematika BAB Sistem Persamaan Linier ( Download ) 4. Soal-soal latihan un matematika BAB Trigonometri 1( Download ) 5. Soal-soal latihan un matematika BAB Trigonometri 2 ( Download ) 6. Soal-soal latihan un matematika BAB Logika Matematika ( Download ) 7. Soal-soal latihan un matematika BAB Dimensi Tiga ( Download ) 8. Soal-soal latihan un matematika BAB Statistika ( Download ) 9. Soal-soal latihan un matematika BAB Peluang ( Download ) 10. Soal-soal latihan un matematika BAB Lingkaran ( Download ) 1