Rumus dan Contoh Soal Deret Aritmatika, Suku Ke-n

Menentukan rumus deret aritmatika dari contoh soal deret aritmatika tentunya. Hai adik-adik belajar matematika lagi yuk. kali ini kakak akan memberikan sedikit penjelasan mengenai bagaimana cara menentukan suku ke-n dari suatu barisan bilangan.

Suku ke-n suatu baris bilangan biasanya dilambangkan dengan Un, Untuk mengetahui rumus deret aritmatikanya kita dapat mencari dengan pembetukan barisan bilangan itu sendiri. Proses pencarian suku ke-n ( Un ) dengan cara yang akan kakak bagikan ini bisa dibilang merupakan cara yang lebih praktis dibandingkan dengan menuliskan satu per satu suku bilangan.

Apabila kita disuruh mencari suku ke 987 tentunya akan menyulitkan kita kan bila kita harus menuliskan serentetan suku bilangan sampai suku ke 900-an dibayangkan aja udah males apalagi mau ngeakuinnya. Untuk lebih jelasnya dalam menentukan rumus suku ke-n silahkan perhatikan contoh soal aritmatika berikut.

Contoh soal aritmatika :
Tentukanlah suku ke-51 dari baris bilangan 6, 8, 10, 12, ....

Penyelesaian :
Lihat baris bilangan tersebut, dari situ dapat kita tari beberapa kesimpulan, yang pertama kita dapat bilangan pertama dari baris bilangan tersebut yang selanjutnya kita tuliskan sebagai U1 = 6, dst... yang kedua yaitu beda dari tiap bilangan ke bilangan selanjutnya adalah 2 .

U1 = 6     = 2 x 1 + 4
U2 = 8     = 2 x 2 + 4
maka,  Un = 2 x n + 4

Sehingga U51 = 2 x 51 + 4 = 106

Mudahkan bagimana menyelesaikan suku ke-n ?

lanjut ke contoh ke-2

Tentukan suku ke-49 dari baris bilangan 4, 9, 16, 25, ...

penyelesaian :

U1 = 4 = 22 = ( 1 + 1 )2
U2 = 9 = 32 = ( 2 + 1 )2
U3 = 16 = 42 = ( 3 + 1 )2
pangkat selalu 2, sedang bilangan pokoknya adalah urutan suku ditambah 1, maka didapat
Un = (n+1)2
jadi, U49 = (49 + 1)2 = 502 = 2500

Bagaimana ? dari 2 contoh soal barisan aritmatika tersebut bisakan menentukan rumus untuk suku ke-n nya ? Semoga kalian tidak ada kesulitan untuk memehami materi matematika yang satu ini agar untuk memahami materi selanjutnya lebih mudah.

Demikian materi matematika kali ini yang bisa admin sampaikan apabila ada pertanyaan lebih lanjut silahkan tinggalkan dikolom komentar atau kirim message aja ke Fans page matematika academy. semoga bermanfaat dan salam matematika.
Poskan Komentar
 

Tanya Kami

Pelajari Juga