Terapkan Belajar Matematika Itu Menyenangkan


matematika menyenangkan

Mengajak seorang anak untuk  belajar Matematika itu mudah. Anda bisa memulainya dari keadaan sehari-hari. Misal ketika sedang menyajikan makanan, Anda bisa meminta anak membantu sekaligus belajar. Dengan cara yaitu meminta anak menghitung berapakah banyaknya piring atau gelas yang dibutuhkan untuk menyajikan makanan.

Ketika pulang berbelanja, mintalah buah hati kita untuk memilah barang dengan dikelompokkan jenisnya. misal Cabe, tomat dan bawang masuk kelompok bumbu. Sayuran dan lauk dikelompokkan tersendiri. Dengan begini, sadar tidak sadar anak sudah belajar konsep himpunan.

Proses pembelajaran matematika menggunakan simbol menciptakan sifat abstrak yang menyulitkan. Misal penggunaan simbol +, - dan = itu dapat dimulai ketika sedang bermain. Mintalah mereka menghitung banyaknya bola atau boneka atau lainnya yang dimilikinya. Berikan sejumlah barang lainnya. dan Anda dapat memberirak penjelasan mengenai konsep penjumlahan di kejadian ini.

Tips Khusus Agar Anak Menyukai Matematika

Beri kesan pada buah hati kita bahwa matematika menyenangkan. Hindari kata-kata menyesatkan seperti ,”papa juga dulu waktu sekolah tidak bisa….”. Ucapan model seperti ini dapat membentuk citra matematika itu sulit dan pada akhirnya tertanam pada otak bawa sadar mereka.
Beri semangat biar rasa percaya diri anak bertambah. banyak yang kurang pede misal sebenarnya anak itu sudah paham tapi karena tidak PD dalam mengerjakan menjadi salah.
Selalu melakukan pengulangan pemahaman dalam kurun waktu tertentu. Misalnya belajar tentang pengurangan dilakukan tiap 2 hari. Perulangan membantu kesiapan anak pada suatu konsep.
Ketika mengerjakan soal matematika, ajak buah hati membandingkannya dengan kehidupan sehari-hari. Misalnya  ‘Hari ini hari Minggu, maka 5 hari kemudian adalah hari…..’. Ajak anak untuk menghitungnya dengan bantuan kalender, untuk menghadapi masalah seperti ini.
Sediakan permainan atau bacaan berhubungan dengan Matematika. Permainan lego, rubik dan sudoku adalah permainan matematika.
Mengerjakan macam-macam variasi soal juga membantu anak lebih memahami materi. Misalnya bentuk 5 x …. = 25 sama saja dengan soal 25 : 5 = …


Karena pada dasarnya seorang anak lebih menyukai permainan daripada belajar, karena memang dunia anak itu dunia bermain, tapi bukan tidak mungkin ketika kita bisa menyisipkan sebuah pembelajaran konsep matematika yang kompleks pada dunia bermain anak agar bisa dengan mudah dicerna oleh buah hati kita.

Sekarang sudah jamannya digital, teknologi sudah meleber ke kampung pelosok halaman. dan kita juga bisa menemukan banyak game matematika yang dapat digunakan media bermain anak sekaligus belajar.

Ragam Permainan Matematika Komputer untuk Anak

Berikut ada beberapa game yang saya rekomendasikan barang kali bisa membantu buah hati kita dalam mempelajari konsep matematika secara menyenangkan tentunya kalo anda kurang puas silahkan searching lagi bisa menggunakan kata kunci game math, misalnya, dan Insya Allah pada saat saya membuat blog ini saya ingin serius belajar membuat game flash matematika untuk anak-anak dan semoga saya bisa mewujudkannya, do’akan saya ya….

Latihan Kecil Matematika: Permainan ini dapat membantu dalam menguji keterampilan berkaitan dengan pengurangan, penambahan, pembagian dan .perkalian.
Math man: Ini adalah sebuah game online dengan karakter 'si Matematika' harus memakan setan/hantu. Hantu yg tepat dengan jumlah memecahkan persamaan yang diberikan juga harus dimakan.
Quick Math: Dalam game ini' Quick Math, pemain diberikan persamaan. Dia dapat memilih simbol yang cocok untuk melengkapi dan menyelesaikan persamaan.
Pertandingan dalam Tiga: Dalam melatih otak, tujuan dari pemain yaitu menciptakan satu set dari 3 simbol yang cocok. Satu dapat swap dua simbol pada suatu waktu dengan mengklik pada keduanya satu-per-satu.

dan masih banyak lagi misal Aritmatika Game, Algebra Puzzle, Eaters Fraction, Algebraic Reasoning dan lain sebagainya yang mempunyai tujuan yang sama yaitu mengkosep belajar matematika dengan permainan sehingga dapat membantu anak untuk menciptakan konsepnya sendiri.

:
Manfaat Permainan Matematika

Permainan matematika nonkomputer juga bisa digunakan untuk sarana belajar, dan permainan ini tidak hanya membantu anak dalam memberikan nilai yang lebih baik dikehidupan akademisnya, tapi juga untuk memahami konsepdasar matematika dan hubungannya dalam kehidupan sehari-hari. Logika.

Permainan matematika anak-anak ini harus berguna bagi orang tua untuk membuat buah hati mereka mengembangkan minat subjek yang relatif sulit. Jika anak mulai menikmati aktivitas memecahkan teka-teki dalam permainan, keterampilan matematika anak-anak secara bertahap akan terus berkembang.

Dan lebih penting adalah tetap membuat anak betah dirumah, dalam belajar, walaupun tidak buruk juga "bermain sambil belajar" di luar rumah. Namun bila Anda menyiapkan anak untuk menjadi anak yang tumbuh disiplin. Maka sediakanlah jalan masuknya, yakni belajar matematika yang lebih menyenangkan, entah itu harus lewat permainan atau lainnya. Tidak sulitkan belajar matematika di rumah?
Poskan Komentar
 

Most Reading