Langsung ke konten utama

tips belajar matematika menyenangkan

MENYERAMKAN !!!! itulah sebuah momok yang hadir ketika anak-anak akan memulai belajar ‎matematika, ha ha ha.... siapa sih yang menanamkan momok itu pada anak-anak. seharusnya momok itu ‎belajar matematika menyenangkan itu bisa di tanamkan sejak masih kecil sehingga ketika anak beranjak ‎benar-benar bergelut dengan rumus matematika tidak ada lagi momok menyeramkan, oke sekarang ‎simak baik-baik ya tips-tips berikut untuk bisa belajar matematika secara menyenangkan gitu loch.‎



Berikut ini ada sedikit tips agar anak-anak tertarik untuk mempelajari matematika dan mereka bisa ‎dengan cepat mengerti pelajaran matematika.‎

A. Tips untuk para guru agar dapat membuat peserta didik merasa nyaman dan senang dalam belajar ‎matematika di sekolah.‎


  • Perencanaan mengajar matematika yang baik


‎  Sebagai seorang guru yang baik dalam memberikan pelajaran harus mempunyai waktu untuk membuat ‎persiapan dalam mengajar. Hal ini bertujuan agar guru mampu menyampaikan materi dengan sebaik-‎baiknya sehingga siswa mampu memahami apa yang diajarkan oleh guru.‎
Pahami suasana kelas
‎ Perhatikan suasana kelas anda,baik dari segi kebersihkan maupun kesiapan siswa dalam mengikuti ‎pelajaran matematika.Hal ini bertujuan agar tidak ada hal-hal yang dapat mengganggu atau ‎menghambat jalannya  proses pembelajaran.‎
Gunakan permainan
‎ Agar siswa tidak bosan,maka libatkanlah mereka dalam sebuah permainan matematika,misalnya ‎permainan pasar-pasarnya.disini mereka dapat belajar penjumlahan,pengurangan,pembagian dan lain ‎sebagainya.‎


  • Penggunaan media belajar yang bersifat konkret
‎ Gunakanlah benda-benda yang konkret yang berada di lingkungan sekitar peserta didik dalam ‎menjelaskan materi yang disampaikan,agar siswa mampu melihat langsung apa yang dimaksud oleh ‎guru,misalnya untuk mengajarkan materi pecahan,kita dapat menggunakan sebuah apel,yang dipotong ‎menjadi dua untuk menunjukan ½.‎
‎ ‎

  • Penggunaan cerita

‎ Ceritakanlah sebuah cerita anak-anak yang didalamnya berisi konsep matematika,untuk lebih jelasnya ‎mungkin dapat diperagakan langsung.sehingga siswa          lebih mudah memahami konsep matematika ‎dan membuat anak-anak menjadi senang.‎
Terapkan Diskusi
‎ Lakukanlah diskusi dalam pemecahan saoal-soal yang belum dipahami siswa,baik secara diskusi antar ‎teman ataupun antar kelompok dengan bimbingan dari guru.‎

B.Tips untuk para orang tua agar anaknya menyukai matematika


  • Tanamkan konsep pada diri anak

‎  sebagai orang tua kita  harus mampu menanamkan konsep pada diri anak kita,bahwa matematika ‎bukanlah pelajaran yang sulit,tetapi matematika merupakan pelajaran yang unik dan ‎menyenangkan,sehingga anak yang takut akan matematika menjadi tertarik untuk mempelajarinya.‎


  • Mengawasi anak belajar dirumah

Kita harus selalu mengawasi dan memberi dukungan pada anak agar mau belajar matematika,misalnya ‎dengan memberi pujian atau hadiah jika ia memperoleh nilai bagus,tapi jika nilainya kurang bagus ‎jangan marahi anak.Berilah ia dukungan agar lebih giat belajar. ‎
Membantu anak mengerjakan PR
‎ Setidaknya sebagai orang tua yang baik,kita setidaknya menguasai sedikit materi matematika yang ‎diperoleh anak di sekolah,sehingga kita dapat memberi masukan atau bantuan dalam mengerjakan tugas ‎rumah anak.‎

C  Tips untuk para peserta didik agar mencintai matematika
‎ ‎

  • Jadikan matematika sebagai hobby

‎  Tanamkan pada diri kita untuk menjadikan  matematika sebagai hal-hal yang kita senangi,misalnya ‎ketika kita berhasil menjawab soal matematika,maka akan timbul rasa puas dan membuat kita semakin ‎percaya diri akan kemampuan kita.‎
‎ ‎

  • Kenali,pahami dan cintai keunikan matematika

‎ Kita akan mudah memahami matematika jika kita telah mengenal matematika dan akhirnya kita akan ‎mencintai matematika jika kita sudah tau keunikan yang tersimpan dalam pelajaran matematika.‎
‎ Perbanyak belajar dan latihan mengerjakan soal-soal matematika
‎ Matematika harus dipelajari secara bertahap mulai dari dasar.Kita harus sering latihan mengerjakan ‎soal-soal matematika,karena biasanya soal matematika dibuat dengan berbagai bentuk,tapi pada ‎dasarnya kita akan mudah mengerjakan soal-soal matematika jika kita mampu memahami konsep yang ‎ada didalamnya.Bagaimanapun bentuk soalnya dibuat kita pasti bisa memecahkannya.‎
Bersabar

 Kita harus tetap bersabar dalam memecahkan soal matematika,karena secara perlahan dan dengan ‎ketelitian maka soal tersebut pasti bisa dipecahkan.‎
Jangan pernah menyerah
‎  Dalam mempelajari matematika hindarilah kata BOSAN dan MENYERAH, bicara pada diri anda jika ‎hari ini saya tidak bisa, besok saya pasti bisa, oke semangat dan positif tinking‎


Postingan populer dari blog ini

KUMPULAN SOAL LATIHAN UN MATEMATIKA SMA PER-BAB

KUMPULAN SOAL LATIHAN UN (UJIAN )NASIONAL) SMA IPA PER-BAB: soal-soal latihan un ini disusun berdasarkan indikator soal ujian nasional, semoga dengan latihan-latihan soal un matematika ini dapat membantu anda dalam menghadapi ujian nasional nantinya. Berikut daftar download soal-soal latihan un matematika: 1. Soal-soal latihan un matematika BAB Pangkat, Akar, dan Logaritma ( Download ) 2. Soal-soal latihan un matematika BAB Fungsi Kuadrat ( Download ) 3. Soal-soal latihan un matematika BAB Sistem Persamaan Linier ( Download ) 4. Soal-soal latihan un matematika BAB Trigonometri 1( Download ) 5. Soal-soal latihan un matematika BAB Trigonometri 2 ( Download ) 6. Soal-soal latihan un matematika BAB Logika Matematika ( Download ) 7. Soal-soal latihan un matematika BAB Dimensi Tiga ( Download ) 8. Soal-soal latihan un matematika BAB Statistika ( Download ) 9. Soal-soal latihan un matematika BAB Peluang ( Download ) 10. Soal-soal latihan un matematika BAB Lingkaran ( Download ) 1

Tabel dan Cara Belajar Perkalian 1 sampai 10

Perkalian 1 sampai 10 waktu jaman saya sekolah dulu diajarkan pada saat masih duduk dibangku Sekolah Dasar ( SD ) menurut asumsi admin perkalian 1 sampai 10 memang harus dikusai anak-anak sd agar kedepannya anak-anak bisa mencerna dengan mudah materi matematika yang akan diajarkan selanjutnya. Pada saat menginjak kelas 4 anak harus menguasai perkalian 6 - 10 diluar kepala, maksudnya ketika anak di tanya perkalian antara 6 kali 7 tidak harus berfikir lama untuk menjawabnya, seingat admin waktu itu diajar oleh guru dengan perkalian jarimatika dan itu sangat membantu sekali dalam pemahaman dan kecepatan menjawab soal-soal perkalian. Tabel perkalian 1 sampai 10 Sebelum admin berbagi cara belajar perkalian 1 sampai 10 ada baikknya admin membagi tabel perkalian 1 sampai 10 guna penalaran singkat dan juga bisa di gunakan pencocokan hasil perkalian yang di hitung oleh anak-anak, akan tetapi diusahakan anak-anak tidak ketergantungan untuk selalu menggunakan tabel perkalian berikut untuk

Tangga KM, km → hm → dam → m → dm → cm → mm

Belajar tangga KM satuan panjang, yup kali ini kita akan belajar mengenai satuan panjang bagaimana cara mengubah satuan panjang kilometer ke meter atau sebaliknya bagaimana cara mengubah satuan meter ke kilo meter. Artikel sebelumnya ' Tangga Konversi Satuan  ' sudah admin jelaskan secara singkat mengenai tangga konversi dari satuan panjang, massa, luas dan volum tapi untuk kali ini kita akan bahas mengenai satuan panjang saja disertai dengan contoh soal biar kalian bisa lebih memahami. Tangga KM Konversi Satuan Panjang Konversi satuan ? konversi satuan bisa kita artikan sebagai 'mengubah nilai suatu sistem ke nilai satuan lain' misalnya jika jarak A ke B di ketahui 1 KM kemudian kita akan mengubahnya kesatuan meter ( m ) maka jarak A ke B tidak akan berubah nilainya baik bertambah maupun berkurang. Kenapa kita harus mengubah satuan panjang ? biasanya proses mengubah satuan panjang ke satuan panjang lainnya di perlukan untuk memudahkan kita dalam penghitung