materi yang akan diujikan pada kegiatan OSN

Silabus merupakan ruang lingkup atau kumpulan materi yang akan diujikan pada kegiatan OSN.

Silabus yang disusun terdiri dari 4 jenis ruang lingkup materi sesuai dengan mata pelajaran yang dilombakan yaitu IPA (Biologi, Fisika), Matematika, dan IPS.

Silabus disusun dengan tujuan antara lain memberikan panduan untuk menyatukan pemahaman dan menyamakan interprestasi bagi guru khususnya dan pembina  lain  pada umumnya dalam menyiapkan  siswa  didik untuk menghadapi kompetisi olimpiade sains nasional pada  tingkat kabupaten/kota, provinsi dan nasional.

Silabus ini mencakup materi pokok dan ruang lingkup yang sesuai untuk tingkat SMP pada mata pelajaran IPA  (Biologi, Fisika), Matematika, dan  IPS. Di dalam silabus  terdapat materi pokok dan ruang lingkup dengan isi  pengetahuan, keterarnpilan dan sikap yang perlu dimiliki oleh  siswa serta kaitannya dengan kehidupan sehari-hari.

Ruang lingkup materi yang tercantum di dalam silabus merupakan bahan acuan dalam penyusunan soal Olimpiade Sains Nasional yang dapat diinterpretasikan ke dalam tingkat kesulitan soal dan tipe soal yang berbeda-beda.

Interpretasi tersebut tentunya bergantung kepada tim penyusun soal.

Secara garis besar dapat dijelaskan bahwa tingkat kesulitan tersebut berjenjang seperti untuk tingkat provinsi akan lebih sulit dibandingkan tingkat kabupten/kota, dan tingkat nasional akan lebih sulit dibandingkan dengan tingkat  provinsi, begitu juga tingkat kompleksitas soal tersebut.

download silabus untuk Olimpiade Sains Nasional disini

Poskan Komentar
 

Tanya Kami

Pelajari Juga

Matematika Archives