Menggunakan Rumus Untuk Menentukan Nilai Suku Urutan Besar

Kini kita telah mengetahui bagaimana cara menurunkan rumus suku ke-n dari suatu barisan bilangan yakni dengan tuntunan pola (menggunakan LK) maupun tanpa tuntunan pola (tanpa  K).

Tanpa LK sifatnya lebih menantang, tetapi tanpa tuntunan penemuan rumus suku ke-n secara jelas maka tujuan penemuan rumus itu akan sulit untuk dilakukan.

Syarat penting untuk menurunkan rumus suku ke-n dari suatu barisan dengan tuntunan pola adalah ”guru terlebih dahulu harus mengetahui kunci jawabannya”. Kunci jawaban yang dimaksudkan adalah ”rumus suku ke-n dari barisan bilangan yang diketahui itu”.

Selanjutnya cara yang kedua yakni dapat menemukan rumus suku ke-n barisan bilangannya tanpa menggunakan LK sehingga masing-masing guru/siswa dapat mengekplorasi secara bebas.

Untuk dapat mengeksplorasi secara bebas guru harus mengetahui ”bagaimana teknik mengeksplorasi”. Setelah siswa mengetahui teknik tersebut diharapkan dapat menemukan rumus umum tersebut secara mandiri  maupun berkelompok.

Setelah rumus umum suku ke-n ditemukan, kegiatan selanjutnya adalah menentukan nilai-nilai dari suku dengan urutan tertentu. Misal berapakah suku yang ke-50 dan berapakah suku yang ke-2008,

pemecahannya dapat anda lihat di ebook ini hal 22
Poskan Komentar
 

Tanya Kami

Pelajari Juga

Matematika Archives