MATERI MATEMATIKA SMP KELAS 8

Materi matematika SMP kelas 8
MATERI MATEMATIKA SMP KELAS 8

FAKTORISASI SUKU ALJABAR

 Tujuan pembelajaranmu pada bab ini adalah:

  • dapat menyelesaikan operasi tambah, kurang, kali, bagi, dan pangkat pada bentuk aljabar;
  • dapat menentukan faktor suku aljabar;
  • dapat menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya.
  • dapat melukis segitiga yang diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apitnya atau satu sisi dan dua sudut;
  • dapat melukis segitiga sama sisi dan segitiga sama kaki;
  • dapat melukis garis tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis sumbu.

FUNGSI

Tujuan pembelajaranmu pada bab ini adalah:


  • dapat menjelaskan dengan kata-kata dan menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan fungsi;
  • dapat menyatakan suatu fungsi dengan notasi;
  • dapat menghitung nilai fungsi;
  • dapat menentukan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui;
  • dapat menyusun tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi;
  • dapat menggambar grafik fungsi pada koordinat Cartesius.

PERSAMAAN GARIS LURUS


Tujuan pembelajaranmu pada bab ini adalah:
  • dapat mengenal pengertian dan menentukan gradien garis lurus dalam berbagai bentuk;
  • dapat menentukan persamaan garis lurus yang melalui dua titik, melalui satu titik dengan gradien tertentu;
  • dapat menggambar grafik garis lurus.

SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Tujuan pembelajaranmu pada bab ini adalah:
  • dapat menyebutkan perbedaan persamaan linear dua variabel dan sistem persamaan linear dua variabel;
  • dapat mengenal sistem persamaan linear dua variabel dalam berbagai bentuk dan variabel;
  • dapat menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan substitusi dan eliminasi;
  • dapat membuat model matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel;
  • dapat menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsirannya.

TEOREMA PYTHAGORAS

Tujuan pembelajaranmu pada bab ini adalah:
  • dapat menemukan teorema Pythagoras;
  • dapat menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui;
  • dapat menghitung perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa;
  • dapat menghitung panjang diagonal pada bangun datar.

LINGKARAN

Tujuan pembelajaranmu pada bab ini adalah:
  • dapat menyebutkan unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran;
  • dapat menemukan nilai phi;
  • dapat menentukan rumus serta menghitung keliling dan luas lingkaran;
  • dapat mengenal hubungan sudut pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama;
  • dapat menentukan besar sudut keliling jika menghadap diameter dan busur yang sama;
  • dapat menentukan panjang busur, luas juring, dan luas tembereng;
  • dapat menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring dalam pemecahan masalah.

GARIS SINGGUNG LINGKARAN

Tujuan pembelajaranmu pada bab ini adalah:
  • dapat menemukan sifat sudut yang dibentuk oleh garis singgung dan garis yang melalui titik pusat;
  • dapat mengenali garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran;
  • dapat menentukan panjang garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran;
  • dapat melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga.

KUBUS DAN BALOK

Tujuan pembelajaranmu pada bab ini adalah:
  • dapat menyebutkan unsur-unsur kubus dan balok;
  • dapat membuat jaring-jaring kubus dan balok;
  • dapat menemukan rumus dan menghitung luas permukaan kubus dan balok;
  • dapat menemukan rumus dan menghitung volume kubus dan balok.

BANGUN RUANG SISI DATAR LIMAS DAN PRISMA TEGAK

Tujuan pembelajaranmu pada bab ini adalah:
  • dapat menyebutkan unsur-unsur prisma dan limas;
  • dapat membuat jaring-jaring prisma tegak dan limas;
  • dapat menemukan rumus dan menghitung luas permukaan prisma dan limas;
  • dapat menemukan rumus dan menghitung volume prisma dan limas.
untuk mendownload materi smp kelas 8 tersebut silahkan menuju link berikut bse matematika
Poskan Komentar
 

Most Reading

Matematika Archives