Langsung ke konten utama

Soal Matematika untuk SD Kelas 4 BAB 1

Lengkapi titik-titik berikut ini agar sesuai dengan sifat komutatif pada penjumlahan.

1. 13 + 27 = . . . . + 13
2. 15 + 68 = 68 + . . . .
3. 125 + 275 = . . . . + 125
4. 200 + 300 = 300 + . . . .
5. 154 + 207 = . . . . + 154
6. 43 + 69 = 69 + . . . .
7. . . . . + 465 = 465 + 212
8. 345 + . . . . = 220 + 345
9. 212 + . . . . = 488 + 212
10. . . . . + 195 = 195 + 210

Lengkapi titik-titik berikut ini agar sesuai dengan sifat komutatif pada perkalian.

1. 8 × 10 = . . . . × 8
2. 9 × 7 = 7 × . . . .
3. 12 × 14 = . . . . × 12
4. 20 × 35 = . . . . × 20
5. . . . . × 107 = 107 × 8
6. 43 × 10 = 10 × . . . .
7. . . . . × 43 = 43 × 5
8. 145 × . . . . = 5 × 145
9. 52 × 10 = . . . . × 52
10. . . . . × 450 = 450 × 2

Lengkapi titik-titik berikut ini agar sesuai dengan sifat asosiatif pada penjumlahan.

1. (2 + 3) + 5 = . . . . + (3 + 5)
2. (4 + 6) + 10 = 4 + (. . . . + 10)
3. (121 + . . . .) + 122 = 121 + (112 + 122)
4. (44 + 334) + 66 = 44 + (334 + . . . .)
5. 90 + (56 + 45) = (90 + . . . .) + 45
6. 23 + (75 + . . . .) = (23 + 75) + 52
7. 138 + (61 + 12) = (138 + . . . .) + 12
8. . . . . + (219 + 21) = (46 + 219) + 21

Lengkapi titik-titik berikut ini agar sesuai dengan sifat asosiatif pada perkalian.

1. (. . . . × 12) × 22 = 21 × (12 × 22)
2. (4 × 66) × 5 = 4 × (. . . . × 5)
3. (10 × . . . .) × 95 = 10 × (2 × 95)
4. (15 × 25) × 5 = . . . . × (25 × 5)
5. 8 × (12 × . . . .) = (8 × 12) × 5
6. 5 × (8 × 20) = (5 × . . . .) × 20
7. 41 × (7 × 85) = (. . . . × 7) × 85
8. . . . . × (5 × 11) = (32 × 5) × 11

Lengkapi titik-titik berikut ini agar sesuai dengan sifat distributif.

1. 10 × (3 + 7) = (10 × . . . .) + (10 × . . . .)
2. 25 × (10 + . . . .) = (25 × . . . .) + (25 × 5)
3. 121 × (. . . . + 9) = (121 × 11) + (121 × . . . .)
4. 200 × (4 + . . . .) = (200 × . . . .) + (200 × 6)
5. 150 × (. . . . + . . . .) = (150 × 8) + (150 × 2)
6. 13 × (5 – 2) = (13 × . . . .) – (13 × . . . .)
7. 25 × (. . . . – 3) = (25 × 7) – (25 × . . . .)
8. 45 × (. . . . – 5) = (45 × 10) – (45 × . . . .)
9. 9 × (4 – . . . .) = (9 × . . . .) – (9 × 1)
10. 21 × (3 – 6) = (21 × . . . .) – (21 × . . . .)

Mari mengerjakan soal berikut menggunakan gabungan sifat komutatif dan asosiatif.

1. 59 + 38 + 51 6. 20 × 27 × 5
2. 30 + 90 + 70 7. 25 × 16 × 4
3. 160 + 25 + 40 8. 2 × 38 × 50
4. 250 + 500 + 750 9. 8 × 23 × 125
5. 336 + 789 + 664 10. 25 × 17 × 40

Mari mengerjakan soal berikut menggunakan sifat distributif.

1. (45 × 26) + (45 × 74)
2. (23 × 19) – (23 × 9)
3. (36 × 27) + (64 × 27)
4. 69 × 1.001
5. 125 × 18

Mari membaca dan menuliskan bilangan berikut.

1. 2.471
2. 5.964
3. 9.038
4. empat ribu seratus dua puluh satu
5. lima ribu enam ratus sebelas
6. dua ribu enam ratus enam belas
7. seribu ribu lima puluh delapan

Mari menuliskan bentuk panjang bilangan berikut.

1. 2.371  =  . . . .  +  . . . .  +  . . . .  +  . . . .
2. 3.049  =  . . . .  +  . . . .  +  . . . .  +  . . . .
3. 4.816  =  . . . .  +  . . . .  +  . . . .  +  . . . .
4. 6.530  =  . . . .  +  . . . .  +  . . . .  +  . . . .
5. 8.647  =  . . . .  +  . . . .  +  . . . .  +  . . . .

Mari kita bandingkan bilangan-bilangan berikut dengan memberi tanda lebih besar (>), lebih kecil (<), atau sama dengan (=).

1. 2.538  ....  2.532 4. 2.121  ....  2.222
2. 3.275  ....  3.293 5. 5.446  ....  4.664
3. 5.157  ....  5.428 6. 8.004  ....  8.541

Mari kita urutkan bilangan-bilangan berikut.

1. 2.300, 2.299, 2.302, 2.298, 2.301
2. 4.543, 4.541, 4.545, 4.544, 4.542
3. 1.012, 1.042, 1.002, 1.022, 1.023
4. 8.548, 8.148, 8.348, 8.248, 8.448
5. 7.899, 4.899, 5.899, 6.899, 8.899

Kalikan bilangan berikut dengan menggunakan cara susun pendek dan susun panjang.

1. 25 × 3 11. 21 × 15
2. 36 × 5 12. 16 × 24
3. 48 × 8 13. 32 × 11
4. 56 × 6 14. 25 × 32
5. 82 × 7 15. 20 × 13
6. 104 × 5 16. 33 × 21
7. 205 × 3 17. 45 × 12
8. 212 × 4 18. 19 × 25
9. 107 × 9 19. 36 × 17
10. 333 × 2 20. 24 × 34

Mari menghitung hasil pembagian tanpa sisa berikut ini.

1. 48 : 3  6. 156 : 12
2. 76 : 4  7. 180 : 15
3. 160 : 5  8. 224 : 14
4. 133 : 7  9. 304 : 16
5. 108 : 9 10. 378 : 21

Mari menentukan pecahan campuran hasil dari pembagian berikut ini.

1. 30 : 7  6. 105 : 11
2. 36 : 5  7. 160 : 15
3. 50 : 4  8. 245 : 12
4. 68 : 8  9. 290 : 16
5. 100 : 3 10. 350 : 20

Mari menyelesaikan soal-soal berikut.

1. 25 – 13 + 123 = . . . .
2. 794 + 521 – 1.250 = . . . .
3. 368 + 992 – 725 = . . . .
4. 1.250 – 350 + 250 = . . . .
5. 789 – 654 + 123 = . . . .
6. 32 : 6 × 15 = . . . .
7. 4 × 625 : 25 = . . . .
8. 1.000 × 250 : 500 = . . . .
9. 625 : 125 × 250 = . . . .
10. 2.100 : 350 × 1.000 = . . . .

Mari menyelesaikan operasi hitung campuran berikut.

1. 34 × 17 + 635
2. 1243 + 61 × 48
3. 6.844 : 4 – 1235
4. 7.836 – 1.364 : 22
5. 5.732 + 1.944 : 54
6. 360 : (18 + 12)
7. (450 + 175) : 25
8. 25 × 12 – 50 + 500 : 2
9. 906 – 750 : 125 × 5 + 500
10. 100 : (75 – 25) × 250 + 500

Mari membulatkan bilangan ke satuan terdekat.

1. 3,2 dibulatkan menjadi   . . . .
2. 6,9 dibulatkan menjadi   . . . .
3. 12,7 dibulatkan menjadi   . . . .
4. 14,4 dibulatkan menjadi   . . . .
5. 20,3 dibulatkan menjadi   . . . .
6. 24,5 dibulatkan menjadi   . . . .
7. 76,4 dibulatkan menjadi   . . . .
8. 84,6 dibulatkan menjadi   . . . .

Mari membulatkan bilangan ke puluhan terdekat.

1. 46 dibulatkan menjadi   . . . .
2. 52 dibulatkan menjadi   . . . .
3. 65 dibulatkan menjadi   . . . .
4. 84 dibulatkan menjadi   . . . .
5. 128 dibulatkan menjadi   . . . .
6. 244 dibulatkan menjadi   . . . .
7. 365 dibulatkan menjadi   . . . .
8. 496 dibulatkan menjadi   . . . .

Mari membulatkan bilangan ke ratusan terdekat.

1. 146 dibulatkan menjadi   . . . .
2. 369 dibulatkan menjadi   . . . .
3. 423 dibulatkan menjadi   . . . .
4. 731 dibulatkan menjadi   . . . .
5. 850 dibulatkan menjadi   . . . .
6. 964 dibulatkan menjadi   . . . .
7. 1.145 dibulatkan menjadi   . . . .
8. 2.625 dibulatkan menjadi   . . . .

Mari menaksir jumlah nilai uang berikut ini dalam ribuan terdekat.

1. Rp1.750,00  +  Rp1.250,00  +  Rp950,00
2. Rp2.825,00  +  Rp3.450,00  +  Rp750,00
3. Rp4.275,00  +  Rp3.150,00  +  Rp1.250,00
4. Rp1.250,00  +  Rp2.750,00  +  Rp1.725,00
5. Rp5.000,00  +  Rp3.650,00  +  Rp1.725,00

Mari menaksir penyelesaian masalah berikut.

1. Ema ikut ibu belanja ke pasar. Mereka membeli kue
seharga  Rp5.500,00, sayuran seharga  Rp3.275,00,
dan buah jeruk seharga  Rp7.850,00. Berapakah kira-
kira uang yang dibelanjakan ibu?
2. Menik membeli 3 penjepit rambut yang harga setiap
buahnya  Rp725,00. Setelah itu, ia membeli  2  helai
pita rambut dengan harga  Rp1.250,00  setiap helai
dan sebuah sisir seharga  Rp975,00. Berapakah
kurang lebih uang yang dibelikan Menik?
3. Marbun membeli  5  buah jeruk dan 4 buah apel. Jika
harga setiap buah jeruk dan apel masing-masing
adalah  Rp725,00  dan  Rp1.250,00,  berapakah kira-
kira Marbun harus membayar?
4. Harga sepasang burung merpati  Rp8.425,00  dan
harga sepasang burung jalak adalah Rp9.775,00.
Abid ingin membeli seekor merpati dan seekor jalak.
Berapa kira-kira harganya?
5. Abid membeli baju seharga  Rp20.500,00  dan celana
Rp15.250,00. Jika Abid membawa uang
Rp50.000,00, berapa kira-kira kembaliannya?

Postingan populer dari blog ini

KUMPULAN SOAL LATIHAN UN MATEMATIKA SMA PER-BAB

KUMPULAN SOAL LATIHAN UN (UJIAN )NASIONAL) SMA IPA PER-BAB: soal-soal latihan un ini disusun berdasarkan indikator soal ujian nasional, semoga dengan latihan-latihan soal un matematika ini dapat membantu anda dalam menghadapi ujian nasional nantinya. Berikut daftar download soal-soal latihan un matematika: 1. Soal-soal latihan un matematika BAB Pangkat, Akar, dan Logaritma ( Download ) 2. Soal-soal latihan un matematika BAB Fungsi Kuadrat ( Download ) 3. Soal-soal latihan un matematika BAB Sistem Persamaan Linier ( Download ) 4. Soal-soal latihan un matematika BAB Trigonometri 1( Download ) 5. Soal-soal latihan un matematika BAB Trigonometri 2 ( Download ) 6. Soal-soal latihan un matematika BAB Logika Matematika ( Download ) 7. Soal-soal latihan un matematika BAB Dimensi Tiga ( Download ) 8. Soal-soal latihan un matematika BAB Statistika ( Download ) 9. Soal-soal latihan un matematika BAB Peluang ( Download ) 10. Soal-soal latihan un matematika BAB Lingkaran ( Download ) 1

Tabel dan Cara Belajar Perkalian 1 sampai 10

Perkalian 1 sampai 10 waktu jaman saya sekolah dulu diajarkan pada saat masih duduk dibangku Sekolah Dasar ( SD ) menurut asumsi admin perkalian 1 sampai 10 memang harus dikusai anak-anak sd agar kedepannya anak-anak bisa mencerna dengan mudah materi matematika yang akan diajarkan selanjutnya. Pada saat menginjak kelas 4 anak harus menguasai perkalian 6 - 10 diluar kepala, maksudnya ketika anak di tanya perkalian antara 6 kali 7 tidak harus berfikir lama untuk menjawabnya, seingat admin waktu itu diajar oleh guru dengan perkalian jarimatika dan itu sangat membantu sekali dalam pemahaman dan kecepatan menjawab soal-soal perkalian. Tabel perkalian 1 sampai 10 Sebelum admin berbagi cara belajar perkalian 1 sampai 10 ada baikknya admin membagi tabel perkalian 1 sampai 10 guna penalaran singkat dan juga bisa di gunakan pencocokan hasil perkalian yang di hitung oleh anak-anak, akan tetapi diusahakan anak-anak tidak ketergantungan untuk selalu menggunakan tabel perkalian berikut untuk

Tangga KM, km → hm → dam → m → dm → cm → mm

Belajar tangga KM satuan panjang, yup kali ini kita akan belajar mengenai satuan panjang bagaimana cara mengubah satuan panjang kilometer ke meter atau sebaliknya bagaimana cara mengubah satuan meter ke kilo meter. Artikel sebelumnya ' Tangga Konversi Satuan  ' sudah admin jelaskan secara singkat mengenai tangga konversi dari satuan panjang, massa, luas dan volum tapi untuk kali ini kita akan bahas mengenai satuan panjang saja disertai dengan contoh soal biar kalian bisa lebih memahami. Tangga KM Konversi Satuan Panjang Konversi satuan ? konversi satuan bisa kita artikan sebagai 'mengubah nilai suatu sistem ke nilai satuan lain' misalnya jika jarak A ke B di ketahui 1 KM kemudian kita akan mengubahnya kesatuan meter ( m ) maka jarak A ke B tidak akan berubah nilainya baik bertambah maupun berkurang. Kenapa kita harus mengubah satuan panjang ? biasanya proses mengubah satuan panjang ke satuan panjang lainnya di perlukan untuk memudahkan kita dalam penghitung