Ternyata Tumbuhan Jago Matematika

Tumbuhan, ternyata juga jago matematika karena menerapkan aritmatika yang sangat sulit untuk memastikan mereka dapat mempunyai cukup makanan untuk di malam hari. Inilah temuan dari penelitian yang telah dipublikasikan oleh Jurnal eLife Shows, layaknya dikutip Reuters.
Ternyata Tumbuhan Jago Matematika

Peneliti yang berasal dari Britain\'s John Innes Centre menyatakan, tumbuhan harus bisa menyesuaikan rasio untuk konsumsi sari pati agar terhindar kelaparan pada malam hari, di mana mereka tidak akan penah mampu berfotosintesis karena seperti kita tau bahwa malam hari tidak ada sinar matahari.

"Ini merupakan contoh konkret pertama dalam proses biologis yang sangat fundamental dari kalkulasi aritmatik yang juga sangat-sangat canggih," kata pakar matematika John Innes Center (JIC), Martin Howard.

Pada saat malam hari, ia memberikan penjelasan bahwa mekanisme didalam daun mampu mengukur banyaknya cadangan jumlah zat tepung dan memperhitungkan jangka waktu sampai subuh.

Tumbuhan dapat mengetahui informasi waktu dari jam internal, dapat dibilang mirip sebuah jam biologis tubuh pada diri manusia.

"Kapasitas menghitung secara aritmatis vital bagi pertumbuhan dan produktivitas tanaman," kata ahli metabolis biologi Alison Smith.

Pemahaman terhadap bagaimana tumbuhan melakukan itu semua, oleh para pakar dinilai, bisa tetap tumbuh meskipun dalam kegelapan dan dapat membantu jalannya memperoleh banyak hasil panen.
Poskan Komentar
 

Tanya Kami

Pelajari Juga

Matematika Archives