Langsung ke konten utama

Pengertian Matematika dan Sejarahnya - Lengkap

Dari mulai pertama blog ini dibuat malah kelupaan untuk posting tentang pengertian matematika dan sejarahnya, yang dipikaran cuman posting soal, materi rumus matematika padahal mengetahui penertian dan sejarah matematika juga perlu.

Pengertian Matematika

Pengertian Matematika dan Sejarahnya
Sebuah quipu, yang dipakai oleh Inca
untuk mencatatkan bilangan.
"Matematika" berasal dari bahasa kuno yunani yaitu μάθημα (máthēma), yang berarti pembelajaran, pengkajian,  ilmu yang ruang lingkupnya menyempit, dan secara teknis artinya menjadi "pengkajian matematika", bahkan demikian juga di zaman kuno. Kata sifatnya adalah μαθηματικός (mathēmatikós), berkaitan dengan tekun belajar, atau pengkajian, yang lebih jauhnya berarti matematis. Secara khusus, μαθηματικὴ τέχνη (mathēmatikḗ tékhnē), dalam bahasa Latin ars mathematica, berarti seni matematika.

dalam bahasa Inggris/prancis, sering memakai bentuk jamak seperti les mathématiques (jarang menggunakan bentuk tunggalnya "la mathématique" ), merujuk pada bentuk jamak di dalam bahasa Latin yang cenderung netral mathematica (Cicero).

τα μαθηματικά (ta mathēmatiká) bentuk jamak dalam bahasa yunani kuno , yang sering dipakai Aristoteles, yang diartikan secara kasar yaitu "segala hal yang matematis". Tapi, dalam bahasa Inggris, kata benda mathematics mengambil bentuk tunggal jika dipakai sebagai kata kerja. Di dalam berbagai percakapan, matematika kerap kali disingkat sebagai math di Amerika Utara dan maths di tempat lain.

Itulah sedikit pengertian matematika menurut bahasa yang digunakan yang saya kutip dari wikipedia.

Sejarah Matematika

Pengertian Matematika dan Sejarahnya - Lengkap
Sistem bilangan Maya
Evolusi matematika dipandang sebagai sederetan abstraksi yang bertambah banyak, atau perkataan lainnya perluasan pokok masalah. Abstraksi mula-mula, yang juga berlaku pada banyak binatang, adalah tentang bilangan: sebagai contoh "pernyataan bahwa dua apel dan dua jeruk" memiliki jumlah yang sama.
Selain mencacah objek-objek fisika, manusia prasejarah juga mengerti bagaimana mencacah besaran abstrak, seperti waktu — hari, musim, tahun. Aritmetika dasar (pengurangan, penjumlahan, pembagian, dan perkalian) mengikuti secara alami.

penulisan atau sistem lain untuk mencatatkan bilangan semisal menggunakan tali atau dawai bersimpul disebut sebagai quipu dipakai oleh bangsa Inca untuk menyimpan data numerik. Sistem bilangan ada bermacam-macam, bilangan tertulis yang pertama diketahui di dalam naskah warisan Mesir Kuno di Kerajaan Tengah Mesir, Lembaran Matematika Rhind.

Penggunaan terkuno matematika terdapat dalam lingkup perdagangan, pelukisan, pengukuran tanah, dan pola-pola penenunan dan pencatatan waktu dan tidak pernah berkembang luas sampai tahun 3000 SM ke permukaan ketika orang Babilonia dan Mesir Kuno sudah mulai menggunakan aljabar, aritmetika, dan geometri untuk penghitungan pajak/ urusan keuangan lainnya, bangunan, konstruksi, dan astronomi.

Matematika sejak saat itu langsung berkembang luas, dan terdapat interaksi yang bermanfaat antara matematika dan sains, saling menguntungkan. ( dirangkum dari wikipedia )


Postingan populer dari blog ini

KUMPULAN SOAL LATIHAN UN MATEMATIKA SMA PER-BAB

KUMPULAN SOAL LATIHAN UN (UJIAN )NASIONAL) SMA IPA PER-BAB: soal-soal latihan un ini disusun berdasarkan indikator soal ujian nasional, semoga dengan latihan-latihan soal un matematika ini dapat membantu anda dalam menghadapi ujian nasional nantinya. Berikut daftar download soal-soal latihan un matematika: 1. Soal-soal latihan un matematika BAB Pangkat, Akar, dan Logaritma ( Download ) 2. Soal-soal latihan un matematika BAB Fungsi Kuadrat ( Download ) 3. Soal-soal latihan un matematika BAB Sistem Persamaan Linier ( Download ) 4. Soal-soal latihan un matematika BAB Trigonometri 1( Download ) 5. Soal-soal latihan un matematika BAB Trigonometri 2 ( Download ) 6. Soal-soal latihan un matematika BAB Logika Matematika ( Download ) 7. Soal-soal latihan un matematika BAB Dimensi Tiga ( Download ) 8. Soal-soal latihan un matematika BAB Statistika ( Download ) 9. Soal-soal latihan un matematika BAB Peluang ( Download ) 10. Soal-soal latihan un matematika BAB Lingkaran ( Download ) 1

Tabel dan Cara Belajar Perkalian 1 sampai 10

Perkalian 1 sampai 10 waktu jaman saya sekolah dulu diajarkan pada saat masih duduk dibangku Sekolah Dasar ( SD ) menurut asumsi admin perkalian 1 sampai 10 memang harus dikusai anak-anak sd agar kedepannya anak-anak bisa mencerna dengan mudah materi matematika yang akan diajarkan selanjutnya. Pada saat menginjak kelas 4 anak harus menguasai perkalian 6 - 10 diluar kepala, maksudnya ketika anak di tanya perkalian antara 6 kali 7 tidak harus berfikir lama untuk menjawabnya, seingat admin waktu itu diajar oleh guru dengan perkalian jarimatika dan itu sangat membantu sekali dalam pemahaman dan kecepatan menjawab soal-soal perkalian. Tabel perkalian 1 sampai 10 Sebelum admin berbagi cara belajar perkalian 1 sampai 10 ada baikknya admin membagi tabel perkalian 1 sampai 10 guna penalaran singkat dan juga bisa di gunakan pencocokan hasil perkalian yang di hitung oleh anak-anak, akan tetapi diusahakan anak-anak tidak ketergantungan untuk selalu menggunakan tabel perkalian berikut untuk

Tangga KM, km → hm → dam → m → dm → cm → mm

Belajar tangga KM satuan panjang, yup kali ini kita akan belajar mengenai satuan panjang bagaimana cara mengubah satuan panjang kilometer ke meter atau sebaliknya bagaimana cara mengubah satuan meter ke kilo meter. Artikel sebelumnya ' Tangga Konversi Satuan  ' sudah admin jelaskan secara singkat mengenai tangga konversi dari satuan panjang, massa, luas dan volum tapi untuk kali ini kita akan bahas mengenai satuan panjang saja disertai dengan contoh soal biar kalian bisa lebih memahami. Tangga KM Konversi Satuan Panjang Konversi satuan ? konversi satuan bisa kita artikan sebagai 'mengubah nilai suatu sistem ke nilai satuan lain' misalnya jika jarak A ke B di ketahui 1 KM kemudian kita akan mengubahnya kesatuan meter ( m ) maka jarak A ke B tidak akan berubah nilainya baik bertambah maupun berkurang. Kenapa kita harus mengubah satuan panjang ? biasanya proses mengubah satuan panjang ke satuan panjang lainnya di perlukan untuk memudahkan kita dalam penghitung