Pengertian Matematika dan Sejarahnya - Lengkap

Dari mulai pertama blog ini dibuat malah kelupaan untuk posting tentang pengertian matematika dan sejarahnya, yang dipikaran cuman posting soal, materi rumus matematika padahal mengetahui penertian dan sejarah matematika juga perlu.

Pengertian Matematika

Pengertian Matematika dan Sejarahnya
Sebuah quipu, yang dipakai oleh Inca
untuk mencatatkan bilangan.
"Matematika" berasal dari bahasa kuno yunani yaitu μάθημα (máthēma), yang berarti pembelajaran, pengkajian,  ilmu yang ruang lingkupnya menyempit, dan secara teknis artinya menjadi "pengkajian matematika", bahkan demikian juga di zaman kuno. Kata sifatnya adalah μαθηματικός (mathēmatikós), berkaitan dengan tekun belajar, atau pengkajian, yang lebih jauhnya berarti matematis. Secara khusus, μαθηματικὴ τέχνη (mathēmatikḗ tékhnē), dalam bahasa Latin ars mathematica, berarti seni matematika.

dalam bahasa Inggris/prancis, sering memakai bentuk jamak seperti les mathématiques (jarang menggunakan bentuk tunggalnya "la mathématique" ), merujuk pada bentuk jamak di dalam bahasa Latin yang cenderung netral mathematica (Cicero).

τα μαθηματικά (ta mathēmatiká) bentuk jamak dalam bahasa yunani kuno , yang sering dipakai Aristoteles, yang diartikan secara kasar yaitu "segala hal yang matematis". Tapi, dalam bahasa Inggris, kata benda mathematics mengambil bentuk tunggal jika dipakai sebagai kata kerja. Di dalam berbagai percakapan, matematika kerap kali disingkat sebagai math di Amerika Utara dan maths di tempat lain.

Itulah sedikit pengertian matematika menurut bahasa yang digunakan yang saya kutip dari wikipedia.

Sejarah Matematika

Pengertian Matematika dan Sejarahnya - Lengkap
Sistem bilangan Maya
Evolusi matematika dipandang sebagai sederetan abstraksi yang bertambah banyak, atau perkataan lainnya perluasan pokok masalah. Abstraksi mula-mula, yang juga berlaku pada banyak binatang, adalah tentang bilangan: sebagai contoh "pernyataan bahwa dua apel dan dua jeruk" memiliki jumlah yang sama.
Selain mencacah objek-objek fisika, manusia prasejarah juga mengerti bagaimana mencacah besaran abstrak, seperti waktu — hari, musim, tahun. Aritmetika dasar (pengurangan, penjumlahan, pembagian, dan perkalian) mengikuti secara alami.

penulisan atau sistem lain untuk mencatatkan bilangan semisal menggunakan tali atau dawai bersimpul disebut sebagai quipu dipakai oleh bangsa Inca untuk menyimpan data numerik. Sistem bilangan ada bermacam-macam, bilangan tertulis yang pertama diketahui di dalam naskah warisan Mesir Kuno di Kerajaan Tengah Mesir, Lembaran Matematika Rhind.

Penggunaan terkuno matematika terdapat dalam lingkup perdagangan, pelukisan, pengukuran tanah, dan pola-pola penenunan dan pencatatan waktu dan tidak pernah berkembang luas sampai tahun 3000 SM ke permukaan ketika orang Babilonia dan Mesir Kuno sudah mulai menggunakan aljabar, aritmetika, dan geometri untuk penghitungan pajak/ urusan keuangan lainnya, bangunan, konstruksi, dan astronomi.

Matematika sejak saat itu langsung berkembang luas, dan terdapat interaksi yang bermanfaat antara matematika dan sains, saling menguntungkan. ( dirangkum dari wikipedia )


Poskan Komentar
 

Tanya Kami

Pelajari Juga

Matematika Archives